7 Menu Diet Seminggu untuk Tahun Baru yang Lebih Sehat!

Tahun baru tiba, saatnya resolusi baru! Nah, menjalani gaya hidup sehat biasanya selalu masuk daftar resolusi tahun baru. Selain olahraga, salah satu cara merealisasikannya adalah dengan menjaga asupan makanan alias diet. Yuk, cek 7 menu diet seminggu berikut ini untuk jadi referensi Sayurfriends.

### 1. Caesar Salad
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/salad-2756467_1920-595x397.jpg

Salad termasuk menu andalan diet karena terdiri dari sayuran, buah-buahan, dan bahan makanan lainnya yang kaya serat, rendah kalori dan lemak juga.

Ada berbagai macam salad, salah satunya caesar salad. Selain selada, Sayurfriends bisa menambahkan sayur lainnya seperti kale atau kol merah sesuai selera.

### 2. Banana Overnight Oatmeal
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/muesli-3186256_1920-595x397.jpg

Seperti namanya, banana overnight oatmeal dibuat dengan mendiamkan oatmeal semalaman di kulkas. Setelah itu, tambahkan potongan pisang sebelum disantap keesokan harinya. Cocok banget buat Sayurfriends yang lagi diet, tapi bukan morning person!

Selain mengandung banyak serat, overnight oatmeal juga kaya akan vitamin dan antioksidan yang bagus untuk pencernaan.

### 3. Sandwich Telur
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/brown-bread-3173606_1920-595x397.jpg

Perpaduan antara roti gandum dan telur selalu jadi menu diet favorit. Kandungan nutrisinya lengkap, mulai dari serat, karbohidrat, vitamin, hingga protein. Roti gandum sendiri juga bisa mencegah anemia dan mengurangi kolestrol, lho!

Cara membuat sandwich telur pun praktis dan variatif. Roti gandumnya hanya perlu dipanggang. Untuk telur bisa diolah dengan direbus atau digoreng, pastinya dengan minyak untuk diet seperti olive oil.

4. Nasi Merah dengan Brokoli dan Dada Ayam

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2023/01/roast-chicken-vegetable-with-berry-rice-2-1-595x397.jpg

Nasi Merah dengan Brokoli dan Dada Ayam (Doc: @topntp26 – Freepik)

Kalau bosen makan roti gandum melulu, Sayurfriends bisa tetap makan nasi saat diet kok. Pilih beras merah sebagai pengganti beras putih ya. Menurut Healthshots, beras merah mengandung indeks glikemik rendah, memberi efek kenyang yang lebih lama, serta menurunkan kadar gula darah dan kolestrol.

Beras merah bisa diolah menjadi berbagai menu diet yang rasanya tetap enak. Salah satunya, nasi merah dengan tambahan brokoli rebus dan dada ayam panggang.

5. Nasi Basmati dengan Tofu

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2023/01/paneer-pulao-is-fragrant-delicious-mildly-spiced-paneer-rice-dish-made-with-freshly-ground-pulao-masala-basmati-rice-595x397.jpg

Nasi basmati terbuat dari beras yang tergolong beras bulir panjang dengan tekstur kurang lengket. Dilansir dari Healthline, beras basmati mengandung arsenik yang rendah sehingga bisa mencegah diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Sebagai menu diet, nasi basmati bisa disantap dengan tofu panggang untuk mendapatkan protein dengan kalori rendah.

### 6. Grilled Salmon
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/salmon-595x335.jpg

Salmon menjadi salah satu jenis ikan yang paling dicari karena mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Menurut Harvard School of Public Health, kandungan asam lemak omega-3 ini dapat mencegah penyakit jantung dan stroke.

Mau bagaimana pun cara mengolahnya, hidangan salmon selalu digemari, termasuk grilled salmon. Untuk teman santapan salmon panggang ini, buncis dan wortel rebus bisa menjadi pilihan.

7. Jus

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/herbs-3809512_1920-595x446.jpg

Variasi Jus (Doc: Pixabay)

Siapa yang gak kenal jus? Minuman segar satu ini pasti selalu ada di menu-menu restoran. Selain sebagai pelepas dahaga, jus juga cocok buat pecinta manis yang sedang diet. Jus buah ataupun sayur memiliki kandungan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang tinggi sehingga bagus untuk metabolisme tubuh. Beberapa diantaranya, jus wortel, jus semangka, jus jeruk, jus kiwi, dan masih banyak lagi.

Agar menjadi resolusi tahun baru yang terwujud, pastikan Sayurfriends melakukan diet dengan konsisten dan jangan pernah menyerah. Selain 7 menu diet seminggu di atas, masih banyak menu diet lainnya yang bisa dicoba.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/06/resep-salmon-steak-595x335.jpg
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox