Manis dan Berkhasiat, Ini 7 Manfaat Gula Aren yang Bisa Kamu Coba

Gula aren adalah pemanis tradisional yang terbuat dari nira pohon aren. Warnanya cenderung kecokelatan dan punya rasa yang paling manis dibandingkan dengan gula lain yang sejenis. Gula ini juga memiliki aroma yang khas dan cukup kuat. Tektur gula dan tidak terlalu keras dan mudah dihancurkan. Kamu sering mengonsumsi gula aren? Yuk, ketahui manfaat gula aren yang bisa kamu coba.

Ini manfaat gula aren yang bisa kamu coba

1.

Baik untuk penderita darah rendah atau anemia

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/74496945_553438875207094_3066055389761763386_n.jpg

Baik untuk penderita darah rendah atau anemia. (Foto: Pixabay)

Penderita darah rendah atau anemia sering kali merasa mudah lelah dan pusing. Untuk mengatasinya kamu bisa coba dengan mengonsumsi makanan atau minuman sehat yang mengandung zat besi. Salah satu campuran makanan dan minuman mengandung zat besi yang bisa kamu coba adalah gula aren.

Gula aren memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan ini bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel dara merah di dalam tubuh. Oleh karena itu, gula aren sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita anemia.

1.

Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kamu mudah lelah atau cepat terserah flu? Bisa jadi sistem kekebalan kamu lemah. Tetapi kamu tidak perlu khawatir, karena dengan rutin mengonsumsi gula aren kamu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Gula aren mempunyai kandungan antioksidan di dalamnya. Kandungan tersebut mampu bertindak sebagai pelindung untuk menangkal radikal bebas.

1.

Melancarkan sistem percernaan dan mencegah sembelit

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/77100014_245098573120683_3315943247394482942_n-595x744.jpg

Melancarkan sistem percernaan dan mencegah sembelit (Foto: instagram/bummi.id)

Sering susah buang air besar? Selain mengonsumsi sayur dan buah secara rutin, kamu juga bisa mengonsumsi gula aren untuk melancarkan sistem pencernaan. Pasalnya gula aren juga memiliki kandungan serat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Saat sedang sembelit, coba konsumsi teh hangat dengan campuran gula arena agar pencernaan lebih lancar.

1.

Menjaga kadar koleseterol di dalam tubuh agar tetap stabil

Kadar kolesterol yang stabil sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Gula aren memiliki kandungan niasin atau vitamin B yang berperan dalam mengatur kadar kolesterol di dalam darah. Kandungan ini membuat kandungan kolesterol tetap stabil. Oleh karena itu, jika kamu memiliki gejala kolesterol sebaiknya mulai ganti gula pasir biasa dengan gula aren untuk konsumsi sehari-hari.

Ingin mencoba rutin mengonsumsi gula aren? Beli gula aren dan langsung diantar ke rumah di Sayurbox! Simak juga tiga manfaat gula aren lainnya di bawah ini.

1.

Gula aren bermanfaat melancarkan sirkulasi darah

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/65889685_2072780202828697_606886402761910699_n-595x595.jpg

Gula aren bermanfaat melancarkan sirkulasi darah. (Foto: instagram/nannia.market)

Sirkulasi darah yang tersebut atau tidak lancar dapat memicu timbulnya berbagai penyakit fatal, seperti sakit jantung, hipertensi, hingga stroke. Untuk menjaga dan melancarkan sirkulasi darah mulailah mengonsumsi gula aren. Kandungan gula arena dapat menjadi solusi yang mudah dan murah untuk membantu melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

1.

Mencegah obesitas dan menjaga berat badan

Obesitas adalah salah satu masalah pada berat badan yang dapat memicu pada penyakit lainnya, mulai dari sakit jantung, kolesterol, dan lain sebagainya. Untuk menjaga berat badan tetap stabil dan mencegah obesitas baiknya kamu mulai mengganti gula pasir biasa dengan gula aren.

Pasalnya, gula aren memiliki kalori yang cenderung lebih rendah dibandingkan dengan gula pasir biasa. Mengonsumsi gula aren segara rutin dapat membantu menjaga berat badan dan mencegah obesitas.

1.

Menjaga dan membuat suhu tubuh tetap hangat

Jika diperhatikan, minuman tradisional yang menghangatkan seperti wedang jahe, bandrek, dan sekoteng pasti menggunakan gula aren sebagai salah satu bahan pembuatannya. Ternyata, manfaat gula arena salah satunya adalah untuk menjaga dan membuat suhu tubuh tetap hangat. Oleh karena itu, ketika suhu udara mulai turun, sebaiknya konsumsi minuman atau makanan yang mengandung gula aren agar kamu tidak menggigil kedinginan.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba manfaat gula aren ini? Yuk, beli gula aren sekarang di Sayurbox!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox