6 Cara Membuat Kolak Pisang yang Enak dan Sehat untuk Berbuka Puasa

Kategori
Tinggal menghitung hari untuk menyambut bulan suci ramadan. Bila kita ingat, memang momen yang selalu ditunggu saat bulan ramadan adalah momen berbuka puasa. Bayangkan saja setelah satu hari berpuasa, momen berbuka menjadi penantian terbaik untuk melegakan dahaga. Momen berbuka puasa ini tidak terlepas dari menu andalan yaitu Kolak. Kolak memang masih menjadi makanan favorit orang Indonesia, sehingga tak jarang bila banyak masjid yang menyediakan kolak sebagai hidangan takjil. Alasannya sederhana karena kolak memiliki cita rasa yang manis dan segar sehingga cocok untuk dijadikan menu untuk berbuka puasa. Tapi meski namanya sama-sama kolak pisang, ternyata banyak sekali varian kolak pisang dari jenis bahannya. Yuk, simak 6 cara membuat kolak pisang yang wajib kamu ketahui!

Ini cara membuat kolak pisang untuk berbuka puasa

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/instagram-ayudiahrespatih-595x441.jpg
Cara Membuat Kolak Pisang yang Enak dan Sehat untuk Berbuka Puasa. (Foto: Instagram / ayudiahrespatih)

1. Kolak Pisang

Sebelum hendak mencoba varian kolak pisang yang beragam, coba dulu resep sederhana kolak pisang. Bahan yang perlu kamu siapkan antara lain santan, pisang kepok, air, balok gula merah, gula pasir, garam, dan daun pandan. Cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan :
·
Merebus air santan dan daun pandan hingga beraroma harum dan mendidih.
·
Masukkan gula merah, garam secukupnya, dan gula pasir sesuai selera
·
Aduk hingga rata dan sembari memasukkan potongan pisang kepok
·
Tunggu hingga matang dan siap disajikan

2. Kolak Pisang Singkong

Setelah memahami cara memasak kolak pisang yang standar, kamu baru boleh melihat resep membuat kolak pisang lainnya. Yang pertama adalah dengan mengkombinasikan dengan singkong dan bahan lainnya kurang lebih sama seperti resep sebelumnya. Cara membuatnya antara lain:
·
Potong singkong dan pisang dengan ukuran yang sama dan sesuai selera.
·
Rebuslah gula merah dan saring airnya.
·
Rebus santan, air gula merah, gula pasir, daun pandan, dengan api kecil. Setelah itu aduk hingga mendidih.
·
Setelah itu masukkan singkong. Aduklah hingga singkong setengah matang
·
Baru setelah itu masukkan pisang kepok dan diamkan sampai matang
·
Usahakan jangan terlalu banyak diaduk ya karena tekstur singkong mudah hancur.

3. Kolak Pisang Bermutiara

Bila kamu ingin menambahkan mutiara untuk menghiasi menu kolak pisangmu. Kamu cukup menyiapkan sagu mutiara yang sudah direbus dengan air mendidih dan 1 butir telur. Langkah membuatnya adalah sebagai berikut :
·
Rebuslah santan dengan garam dan daun pandan dengan api sedang. Tunggu hingga mendidih dan usahakan santan yang direbus tidak pecah.
·
Masukkan potongan pisang dan air gula merah, tambahkan gula pasir sesuai selera sembari diaduk hingga merata.
·
Masukkan sagu mutiara
·
Masukkan telur yang dikocok dengan air, aduk hingga berserat dan mengental.
Ingin mencoba cara membuat kolak pisang ini untuk berbuka puasa? Yuk, beli pisang dan bahan-bahan lain yang kamu perlukan untuk membuat kolak di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

4. Kolak Pisang dan Labu Kuning

Bila kamu penggemar labu kuning, ada kabar gembira karena kolak pisang dan labu kuning bisa dikombinasikan menjadi cita rasa yang luar biasa. Caranya pun sama dengan cara membuat kolak pisang pada umumnya tetapi dengan mengganti bahan pisang menjadi pisang raja. Ayo coba resepnya dengan mengikuti langkah di bawah ini:
·
Merebus air, daun pandan, dan gula pasir hingga mendidih
·
Masukkan potongan labu kuning hingga empuk dan matang
·
Masukkan potongan pisang dan tambahkan santan
·
Usahakan santan tidak pecah dan tunggu hingga matang

5. Kolak Pisang Ubi Ungu

Ingin kolak pisang yang berbeda dari biasanya? Yuk, buat kolak pisang dengan ubi ungu karena dengan bahan ubi ungu bisa membuat kolak pisangmu menjadi warna ungu. Selain itu, rasa manis dari ubi ungu menambah cita rasa kolak menjadi lebih lezat. Untuk langkah membuatnya, kamu cukup lakukan sama dengan langkah membuat kolak pisang dengan labu kuning, tetapi labu kuningnya diganti dengan ubi ungu. 

6. Kolak Setup Pisang

Pernah melihat kolak tanpa sentuhan santan? Ya, mungkin yang dimaksud adalah kolak setup santan. Bahan yang dibutuhkan adalah pisang, kayu manis, cengkeh, daun pandan, gula pasir, garam secukupnya, dan gula merah. Cara membuat kolak setup pisang adalah sebagai berikut :
·
Rebuslah air dengan kayu manis, cengkeh, gula merah, gula putih, daun pandan, dan sedikit garam
·
Masukkan potongan pisang 
·
Tunggu hingga matang dan pisang sudah cukup empuk
·
Kolak siap disajikan
Itulah tadi 6 cara membuat kolak pisang yang enak dan sehat. Meski beragam cara telah disediakan, kunci utama dari pembuatan kolak pisang adalah menjaga santan agar tidak pecah. Hal kedua yang patut diperhatikan adalah aroma santan dan pisang harus merasuk dengan kombinasi bahan yang ada. Terakhir, kamu bisa menambahkan vanili untuk menambah aroma manis semakin kental.
Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba cara membuat kolak pisang ini untuk berbuka puasa? Yuk, beli pisang dan bahan-bahan lain yang kamu perlukan untuk membuat kolak di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg