Camilan Sehat dan Enak, Ini 5 Cara Membuat Granola Bar Sendiri di Rumah

Kategori
Ingin mulai mengurangi konsumsi gula untuk mengontrol berat badan? Supaya usaha kamu lebih maksimal, sebaiknya kamu juga mulai mengganti camilan instan yang biasanya penuh dengan kandungan gula dan MSG dengan camilan sehat. Salah satu camilan yang bisa kamu coba adalah granola bar. Camilan dari bahan dasar granola dan kacang-kacangan ini cenderung lebih kaya nutrisi dan menyehatkan. Tak hanya itu, granola bar juga ampuh untuk membantu menahan lapar sehingga kamu bisa lebih mengontrol pola makan dan berat badan. Tak perlu khawatir harganya mahal karena camilan ini bisa kamu buat sendiri di rumah, sehingga lebih hemat. Untuk kamu yang ingin mulai mengonsumsi camilan sehat dan enak, ini 5 cara membuat granola bar sendiri di rumah yang bisa kamu coba.

Ini cara membuat granola bar sendiri di rumah

1. Siapkan granola dan bahan tambahan lainnya

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/granola-683916_1920-595x406.jpg
Siapkan granola dan bahan tambaha. (Foto: Pixabay)
Cara membuat granola bar pertama tentu adalah mempersiapkan semua bahan-bahan yang kamu butuhkan. Selain granola sebagai bahan utama, ada beberapa topping tambahan lainnya yang kamu perlukan agar camilan sehat ini semakin nikmat. Pada resep ini topping yang digunakan berupa kacang-kacangan, namun saat kamu membuatnya di rumah, kamu juga bisa menambahkan topping lain seperti buah kering atau bahkan sereal. Berikut ini adalah bahan-bahan untuk membuat granola bar yang perlu kamu persiapkan:
·
200 gr granola
·
2 genggam kacang tanah
·
1 genggam kacang almond
·
3 genggam chocochips
·
3 sdm brown sugar
·
3 sdm madu
·
100 gr unsalted butter
·
Sejumput garam

2. Cincang kacang-kacangan, lalu sangrai sampai agak kering

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/oats-3785750_1920-595x397.jpg
Cincang kacang-kacangan, lalu sangrai sampai agak kering. (Foto: Pixabay)
Setelah semua bahan telah tersedia, selanjutnya cincang kacang tanah dan kacang almond. Sesuaikan ukurannya dengan selera kamu, karena bentuk kacang-kacangan ini nantinya tidak akan terlalu berpengaru pada hasil akhir granola bar, sehingga kamu bisa lebih maksimal untuk berkreasi.
Setelah semua kacang dicincang, selanjutnya campur dengan granola. Lalu masukkan kacang dan granola ke dalam teflon atau penggorengan. Kemudian sangrai semua bahan tersebut hingga agak kering dan garing. Selanjutnya, tiriskan dan masukkan ke dalam wadah.

3. Campur semua bahan dan aduk hingga merata

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/granola-2086774_1920-595x446.jpg
Campur semua bahan granola dan aduk hingga merata. (Foto: Pixabay)
Cara membuat granola bar selanjutnya adalah mencampurkan dua genggam chocochips ke dalam wadah granola dan kacang yang telah disangrai. Lalu sisihkan. Kemudian, di panci yang berbeda, lelehkan unsalted butter, madu, brown sugar, dan garam. Aduk semua bahan tadi hingga leleh dan merata.
Setelah itu, tuan lelehan bahan-bahan tadi ke dalam wadah berisi granola, kacang, dan chocochips. Kemudian, aduk semua bahan hingga tercampur rata. Pada proses ini, chocochips pasti akan meleleh, tapi kamu tidak perlu khawatir karena lelehan chocochips ini nantinya akan bertindak sebagai lem yang merekatkan semua adonan.

4. Siapkan loyang dan masukkan semua adonan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/turmeric-4340226_1920-595x595.jpg
Siapkan loyang dan masukkan semua adonan. (Foto: Pixabay)
Jika semua bahan sudah tercampur rata, selanjutnya siapkan loyang ukuran sedang dan lapisi dengan kertas roti. Cara membuat granola selanjutnya adalah memasukkan semua adonan ke dalam loyang. Lalu taburkan kembali satu genggam chocochips di atas adonan. Kemudian padatkan adonan hingga merata.

5. Masukan ke dalam kulkas hingga adona mengeras

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/food-2202344_1920-595x326.jpg
Masukan Granola Bar dalam kulkas hingga adona mengeras. (Foto: Pixabay)
Cara membuat granola bar terakhir yaitu masukkan loyang adonan ke dalam kulkas. Biarkan selama satu sampai dua jam hingga adonan mengeras. Setelah itu, keluarkan adonan, tunggu sebentar hingga tidak terlalu beku, lalu potong-potong adonan dengan ukuran sesuai selera. Granola bar buatan kamu pun siap dihidangkan!
Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba cara membuat granola bar ini? Yuk, beli granola berkualitas di Sayurbox dan gunakan voucher di bawah ini.