5 Resep Kue Kering Rendah Gula dan Sehat untuk Lebaran

Kategori
Lebaran memang menjadi momen yang ditunggu oleh banyak orang di Indonesia. Ini merupakan momen yang tidak terjadi setiap hari, dimana kita saling mengunjungi satu sama lain untuk menyambung tali silaturrahmi dan saling bermaafan. Kunjungan ini tentu tidak lengkap bila tidak ditemani dengan beragam sajian khas Hari Raya, mulai dari opor ayam hingga nastar. Masalahnya, kebanyakan sajian khas Lebaran di Indonesia merupakan jenis makanan yang mengandung banyak lemak dan gula. Ini tentu menjadi masalah tersendiri bagi rekan dan saudara yang tengah menjalani hidup sehat, sebab mereka jadi berpikir dua kali untuk menyantap sajian yang kamu hidangkan. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menyediakan sajian yang rendah gula dan tentu lebih sehat, seperti kue kering rendah gula berikut ini.  

Ini resep kue kering rendah gula untuk lebaran

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/biscuit-3203884_1920-595x394.jpg
Resep Kue Kering Rendah Gula dan Sehat untuk Lebaran. (Foto: Pixabay)

1. Nastar Rendah Gula

Kue kering yang satu ini memang cukup ikonik sebagai sajian Lebaran, sehingga hampir selalu ada di setiap rumah. Rasa nastar yang manis dan gurih membuat banyak orang merasa tidak cukup mengonsumsi hanya satu buah saja. Untuk membuat nastar yang rendah gula, siapkan wadah, lalu campur margarin, mentega, gula halus, serta kuning telur.
Kocok hingga semua bahan tercampur merata dengan menggunakan mixer ataupun whisk. Selanjutnya, secara perlahan masukkan tepung terigu, maizena, dan susu bubuk. Aduk dengan menggunakan spatula hingga bercampur rata. Ambil adonan, kemudian bentuk hingga bulat pipih. Isi dengan selai nanas dan bulatkan. Lakukan hingga adonan habis.
Kemudian, susun adonan yang telah berisi selai nanas di loyang yang telah lebih dulu diolesi margarin. Oles adonan dengan bahan olesan yang terbuat dari campuran kuning telur, susu tawar cair, dan gula stevia agar warnanya lebih cantik. Panggang adonan nastar dengan menggunakan oven bersuhu 160 derajat celcius selama kurang lebih 25 menit hingga matang. Angkat, biarkan hingga dingin lalu sajikan dalam toples. 

2. Almond & Oat Cookies

Sajian kukis yang satu ini biasanya kerap ditemu dalam bakery-bakery ternama di pusat perbelanjaan. Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah sebagai opsi kue kering rendah gula untuk Lebaran. Siapkan bahan berupa tepung terigu protein rendah, tepung maizena, gula halus, margarin, kuning telur, susu bubuk, kacang almond yang dicincang kasar, oat, soda kue, serta potongan buah ceri.
Dalam sebuah wadah, kocok margarin, kuning telur, dan gula halus sampai lembut. Tambahkan terigu, maizena, soda kue, susu bubuk, almond, dan oat. Aduk dengan menggunakan spatula sampai merata. Sisihkaan, lalu siapkan loyang. Olesi dengan margarin. Ambil sesendok adonan dan bentuk menjadi bulat pipih.
Tambahkan potongan ceri di tengahnya. Panggang adonan dengan menggunakan oven selama 30 menit dengan suhu 150 derajat sampai matang kecoklatan. Angkat dan dinginkan, almond & oat cookies pun siap untuk disajikan. 

3. Parmesan Chive Popcorn

Popcorn tidak hanya enak disantap saat menonton film di bioskop, melainkan juga dapat menemani momen berkumpul bersama saudara dan keluarga agar lebih seru dan menyenangkan. Caranya, siapkan biji popcorn organik, parmesan parut, minyak zaitun extra-virgin, air, serta bawang putih bubuk dan garam. Campurkan seluruh bahan kecuali biji popcorn. Aduk sampai merata, kemudian masukkan biji popcorn dan aduk kembali. Microwave hingga semua biji popcorn mengembang, lalu keluarkan dan simpan dalam toples. 
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

4. Kue Kacang Low Fat

Kue kacang juga kerap dijumpai ketika suasana lebaran. Nah, kue kacang yang satu ini dijamin lebih sehat karena menggunakan jenis kacang low fat. Untuk membuatnya, siapkan kacang low fat, stevia, kuning telur, dan tepung almond. Hancurkan kacang hingga menjadi serpihan kasar. Campur dengan stevia, kuning telur dan tepung almond. Bentuk adonan menjadi beberapa bagian bulat pipih, lalu panggang dengan microwave selama kurang lebih 2 menit. 

5. Kue Putri Salju

Siapa yang tak kenal dengan kue legendaris satu ini? Yups, kue putri salju memang cukup populer sejak dulu kala. Tampilannya yang cantik dengan warna putih gula halus tentu sangat menarik perhatian bila disajikan ketika Lebaran. Untuk membuatnya, siapkan wadah dan campurkan gula, margarin serta garam ke dalamnya. Kocok menggunakan mixer sampai setengah merata, tambahkan kuning telur lalu kocok kembali. Jika sudah cukup merata, tambahkan lagi maizena, tepung terigu, serta susu bubuk, kocok.
Terakhir, tambahkan adonan kacang tanah, lalu aduk sampai merata hingga membentuk adonan yang lembut dan halus. Bentuk atau cetak adonan sesuai selera, lalu panggang menggunakan oven dengan suhu di bawah 130 derajat celcius selama kurang lebih 30 menit diatas loyang yang telah dioles margarin. Setelah matang, gulingkan kue pada gula halus sampai tertutup rata. 
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg