5 Cara Masak Bubur Kacang Hijau Sendiri yang Praktis di Rumah

Kategori
Bubur kacang hijau adalah salah satu makanan khas Indonesia yang banyak digemari. Biasanya bubur kacang hijau disajikan saat sarapan. Tetapi tak jarang juga orang yang menikmati bubur kacang hijau saat malam hari karena rasanya yang enak dan bisa sekaligus menghangatkan tubuh. Seperti namanya, bubur kacang hijau dibuat dari kacang hijau alami, gula aren, dan beberapa bahan lainnya. Bubur ini memiliki tektur yang lembut dan agak kental. Bubur kacang hijau memiliki rasa manis bercampur gurih dari santan. Jenis bubur ini adalah salah satu menu terbaik untuk disantap bersama keluarga. Bagi kamu yang ingin menyajikan menu khas Nusantara untuk keluarga, coba deh buat bubur kacang hijau di rumah. Tak perlu khawatir repot, karena membuat bubur kacang hijau ternyata cukup mudah. Yuk, simak ini 5 cara masak bubur kacang hijau sendiri yang praktis di rumah.

Ini cara masak bubur kacang hijau sendiri yang praktis di rumah

1. Siapkan bahan-bahan untuk membuat bubur kacang hijau

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/mung-beans-166996_1920-595x396.jpg
Cara Masak Bubur Kacang Hijau Sendiri yang Praktis di Rumah. (Foto: Pixabay)
Untuk membuat bubur kacang hijau, bahan utama yang kamu butuhkan tentu adalah kacang hijau. Selain itu, masih ada beberapa bahan tambahan lainnya yang harus kamu persiapkan untuk membuat bubur kacang hijau, diantaranya adalah gula aren, santan, daun pandan, dan lainnya. Agar bubur kacang hijau buatanmu memiliki rasa yang enak, sebaiknya perhatikan juga takaran bahan-bahan tersebut. Berikut ini adalah takaran bahan-bahan untuk membuat bubur kacang hijau:
Bahan untuk membuat bubur kacang hijau:
·
250 gram kacang hijau
·
1000 ml air untuk merebus
·
175 gram gula merah, sisir halus
·
50 gram gula pasir + 150 ml air
·
2 lembar daun pandan
·
5 cm jahe (kupas, lalu geprek)
Bahan untuk membuat kuah santan:
·
65 ml santan + 150 ml air
·
2 lembar daun pandan
·
1/4 sdt garam

2. Tidak perlu direndam, ikuti metode 5-30-7 saat merebus kacang hijau

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/mung-beans-390017_1920-595x396.jpg
Gunakan metode 5-30-7 saat merebus kacang hijau. (Foto: Pixabay)
Cara masak bubur kacang hijau biasanya dimulai dari merendam kacang hujau agar butirannya terasa lebih empuk dan enak saat dimakan. Namun, cara ini dirasa kurang praktis karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk merendam kacang hijau agar teksturnya empuk.
Oleh karena itu, kamu bisa coba cara masak bubur kacang hijau yang praktis dengan mengikuti metode 5-30-7 atau merebus 5 menit, diamkan 30 menit, dan rebus kembali 7 menit. Cara tepat untuk menggunakan metode ini ketika memasak bubur kacang hijau yaitu pertama rebus air hingga mendidih.
Selanjutnya masukkan kacang hijau yang sudah dibersihkan ke dalam rebusan air. Lalu rebur kacang hijau selama 5 menit. Setelah itu, matikan kompor, tutup panci, dan diamkan kacang hijau selama 30 menit. Kemudian, nyalakan kembali kompor dan rebus kembali kacang hijau selama 7 menit. Lalu matikan kompor, angkat, dan pindahkan kacang hijau ke dalam panci yang lebih besar.

3. Buat larutan gula aren untuk menambah rasa bubur kacang hijau

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/mung-beans-390724_1920-595x379.jpg
Buat larutan gula aren untuk menambah rasa bubur kacang hijau. (Foto: Pixabay)
Cara masak bubur kacang hijau selanjutnya yaitu membuat larutan gula aren untuk menambah rasa. Pertama, rebus gula aren, gula pasir dan daun pandan dengan air 150 ml. Rebus semua bahan hingga gula larut dan tercampur rata.
Setelah itu, angkat air campuran gula lalu saring dan tuang ke dalam panci berisi rebusan kacang hijau. Kemudian tambahkan jahe, lalu rebus kembali campuran tadi agar gula lebih meresap ke dalam kacang hijau.
Ingin mencoba cara masak bubur kacang hijau yang praktis ini? Yuk, beli kacang hijau dan bahan-bahan lainnya di Sayurbox!

4. Rebus santan agar bubur kacang hijau lebih gurih

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/moong-beans-2313102_1920-595x446.jpg
Rebus santan agar bubur kacang hijau lebih gurih. (Foto: Pixabay)
Jika campuran kacang hijau dan air gula telah mendidih, matikan kompor lalu angkat. Selanjutnya buat campuran santan agar bubur kacang hijau terasa lebih gurih dan nikmat. Caranya rebus santan, kemudian campur dengan garam dan daun pandan. Rebus campuran santan ini hingga mendidih sambil diaduk-aduk tapi jangan sampai santan pecah.

5. Sajikan bubur kacang hijau selagi hangat

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/pearl-barley-5678882_1920-595x418.jpg
Sajikan bubur kacang hijau selagi hangat. (Foto: Pixabay)
Setelah semua bahan telah matang, sajikan bubur kacang hijau selagi hangat. Tuangkan bubur kacang hijau ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan santan sesuai selera. Agar lebih nikmat kamu juga bisa menambahkan bubur ketan hitam sebagai pelengkap.
Selain itu, bubur kacang hijau juga enak dinikmati dengan sepotong roti. Untuk kamu yang suka rasa manis, tambahkan juga kental manis atau susu pada bubur kacang hijau agar rasanya lebih nikmat. Sajikan bersama keluarga untuk sarapan, dijamin rasanya lebih enak!
Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba cara masak bubur kacang hijau yang praktis ini? Yuk, beli kacang hijau dan bahan-bahan lainnya di Sayurbox!