5 Cara Membuat Susu Almond yang Mudah dan Bisa Dicoba di Rumah

Kategori

Bagi kamu yang menekuni gaya hidup sehat pasti sudah tidak asing lagi dengan susu almond. Susu yang terbuat dari kacang almond murni ini sering dijadikan pengganti susu sapi, terutama bagi kamu yang memiliki alergi laktosa. Selain itu, susu almond juga baik dikonsumsi jika kamu yang sedang program mengurangi berat badan, karena kandungan kalorinya 50% lebih rendah dari susu sapi. Namun, susu almond biasanya dijual dengan harga yang cenderung lebih mahal. Supaya lebih hemat, yuk, coba 5 cara membuat susu almond yang mudah dan bisa dicoba di rumah berikut ini.

Ini cara membuat susu almond yang mudah dan bisa dicoba di rumah

1.

Siapkan bahan-bahan untuk membuat susu almond

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/almond-83766_1280-595x399.jpg

Siapkan bahan-bahan untuk membuat susu almond. (Foto: Pixabay)

Sebelum membuat susu almond di rumah hal pertama yang perlu kamu lakukan tentu adalah mempersiakan semua bahan-bahan yang diperlukan. Kamu tidak perlu khawatir ribet, karena bahan yang diperlukan tidak terlalu banyak, kok. Beberapa bahan yang harus kamu persiapkan antara lain:

– 112 gr kacang almond mentah

– 500 cc air matang

– 1 buah kurma (opsional)

– Sejumput garam himalaya / sea salt (opsional)

– Air secukupnya untuk merendam kacang almond

1.

Rendam almond agak tidak terlalu keras

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/almond-3849414_1920-595x397.jpg

Rendam almond agak tidak terlalu keras. (Foto: Pixabay)

Setelah semua bahan siap, kini waktunya mulai mengolah kacang almond menjadi susu. Langkah pertama adalah merendam kacang almond agar teksturnya tidak terlalu keras. Selain itu, merendam kacang almond juga membuat kacang almond menjadi lebih mudah dicerna.

Cara merendam kacang almond yaitu dengan memasukkannya ke dalam wadah kemudian tuangkan air secukupnya. Pastikan semua bagian almond terendam sempurnya. Kemudian diamkan semalaman atau maksimal 36 jam.

Sebelum membuat susu almond di rumah, yuk, beli dulu kacang almond di Sayurbox! Cari tahu juga cara membuat susu almond selanjutnya di bawah ini.

1.

Blender kacang almond hingga teksturnya halus

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/almonds-768699_1920-595x397.jpg

Blender kacang almond hingga teksturnya halus. (Foto: Pixabay)

Jika almond sudah direndam semalaman, selanjutnya adalah menghancurkan kacang almond dengan cara di-blender. Namun, sebelum di-blender halus, cuci dahulu almond yang sudah direndam tadi.

Kemudian, blender kancang almond berserta bahan lainnya, yaitu air, kurma dan sejumput garam. Biarkan hingga teksturnya halus dan semua bahan tercampur rata.

1.

Saring susu almond sebelum disajikan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/almonds-3636559_1920-595x397.jpg

Saring susu almond sebelum disajikan. (Foto: Pixabay)

Selanjutnya, saring hasil almond yang telah di-blender menggunakan saringan susu atau saringan tahu. Pastikan kamu mendapatkan tekstur lembut dan tidak mengandung ampas kacang almond. Setelah itu, sajikan langsung atau dinginkan terlebih dahulu di kulkas agar lebih nikmat.

1.

Sisa saringan almond jangan dibuang

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/almond-3523569_1920-595x397.jpg

Sisa saringan almond jangan dibuang. (Foto: Pixabay)

Setelah menyaring kacang almond, pasti kamu memiliki banyak ampas sisanya. Tetapi sebaiknya jangan langsung buang sisa saringan almond tersebut. Pasalnya bahan mentah itu bisa kamu olah kembali menjadi beberapa bentuk lain, mulai dari tepung almond, pancake, kue kering, atau selai almond.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba cara membuat susu almond ini? Sebelum buat langsung di rumah, yuk, beli kacang almondnya di Sayurbox!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox