Pas Buat Anak-anak, Ini 3 Cara Buat Nugget Ayam Sendiri di Rumah

Kategori
Ketika si kecil memasuki usia emas, tentunya setiap orang tua ingin kebutuhan dan asupan si kecil terpenuhi sepenuhnya. Hal ini tidak lain karena di usia tersebut, perkembangan otak dan fisik mereka sedang dalam masa pertumbuhan. Masalahnya, di usia emas ini juga banyak orang tua yang mengeluhkan jika si kecil sulit untuk mengonsumsi sayur-sayuran dan cenderung menjadi pemilih terhadap makan tersebut. Nah, untuk mengatasi hal itu, kamu bisa berkreasi dengan mengombinasikan antara sayuran dan sumber protein penting lainnya ke dalam olahan nugget ayam, sehingga bentuk dan rasa pada sayuran akan tersamarkan. Nah, tidak perlu bingung, berikut ini adalah tiga cara buat nugget ayam sendiri di rumah yang pas untuk anak-anak.

Cara buat nugget ayam sendiri di rumah

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/06/chicken-nuggets-1351329_1920-595x344.jpg
Cara buat nugget ayam sendiri di rumah. (Foto: Pixabay)

1. Nugget Tahu Ayam

Tahu merupakan salah satu sumber protein nabati dengan kandungan serat, rendah lemak jenuh, dan memiliki kandungan asam omega-3 yang baik. Walaupun tahu termasuk produk makanan olahan, namun ada juga lho beberapa anak yang kurang menyukainya. Nah, tidak ada salahnya nih jika kamu memasukkan tahu dalam olahan nugget ayam yang akan kamu buat kali ini. Langsung saja, berikut ini cara buat nugget ayam tahu:
Bahan-bahan:
·
10 buah tahu berukuran kecil
·
200 gram daging ayam yang telah dicincang dan dihaluskan
·
2 sdm tepung terigu
·
1 butir telur ayam
·
Garam, kaldu bubuk, dan lada bubuk (secukupnya)
Bahan untuk celupan:
·
1 butir telur yang sudah dikocok
·
Tepung panir (secukupnya)
Cara membuat nugget tahu ayam:
·
Pertama, campur semua bahan untuk membuat nugget tadi ke dalam wadah untuk dikukus nanti. Agar semua baja dapat tercampur halus dan merata, kamu bisa menggunakan blender atau chopper.
·
Jika semua bahan telah tercampur menjadi adonan, kukus kurang lebih selama 20 menit dengan wadah tahan panas.
·
Setelah itu, potong adonan nugget yang telah masak tadi menjadi beberapa bagian.
·
Celupkan pada telur yang sebelumnya sudah dikocok, kemudian gulingkan ke tepung panir.
·
Jika sudah, goreng nugget hingga keemasan dan siap untuk disajikan.

2. Nugget Ayam Wortel

Sayuran dengan warna oranye pekat ini dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata. Sayangnya, banyak anak-anak yang kurang menyukai sayuran ini karena berbagai alasan. Entah aroma, rasa, ataupun karena memang si anak tidak menyukai sayuran. Agar si kecil mau mengonsumsi jenis sayuran yang satu ini, kamu bisa memasukkannya ke dalam olahan nugget ayam yang akan kamu buat nanti. Apa saja yang harus kamu persiapkan?
Bahan-bahan:
·
300 gram ayam yang sudah digiling dan dihaluskan (pilih daging tanpa lemak)
·
1 buah wortel yang sudah diparut dan direbus sebelumnya
·
100 gram tepung terigu
·
100 gram tepung roti
·
3 buah telur ayam
·
50 ml air matang
·
Garam, pala, merica, gula pasir, dan kaldu bubuk (secukupnya)
·
Bahan untuk celupan:
·
1 buah telur yang sudah dikocok
·
100 gram tepung roti
Cara membuat nugget ayam wortel:
·
Pertama, kamu bisa mencampurkan tepung terigu, dua buah telur ayam, dan air matang yang sudah kamu persiapkan sebelumnya ke dalam wadah tahan panas. Setelah itu, aduk semua bahan hingga merata.
·
Jika semua bahan telah tercampur, masukkan daging ayam giling beserta bumbu-bumbunya.
·
Setelah itu, masukkan juga wortel yang sudah direbus sebelumnya. Sebelum mengukusnya, cek rasanya kembali apakah rasa sudah pas atau perlu ditambahkan bumbu kembali.
·
Pindahkan adonan nugget ayam, tadi ke dalam loyang cetakan dan kukus kurang lebih selama 20 menit. Tunggu adonan hingga dingin.
·
Jika sudah, potong adonan menjadi beberapa bagian dan celupkan ke kocokan telur tadi dan baluri dengan tepung roti hingga semua adonan habis. Sebelum digoreng, dinginkan terlebih dahulu di freezer untuk beberapa saat.
·
Setelah itu, nugget ayam wortel pun siap untuk digoreng dan disajikan selagi hangat.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

3. Nugget Ayam Sayur

Jika sebelumnya kamu hanya menggunakan sayuran wortel saja, maka kamu bisa menambah bahan dan sayuran lainnya sebagai tambahannya. Nah, bahan-bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat nugget ayam sayur kali ini adalah sebagai berikut.
Bahan-bahan:
·
– 50 gram wortel dan brokoli yang sudah diparut
·
– 50 gram keju Cheddar yang juga sudah diparut
·
– 150 gram daging ayam yang sudah dihaluskan
·
– 1 butir telur
·
– 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
·
– Garam dan penyedap (secukupnya)
Cara membuat nugget ayam sayur:
·
Tidak jauh berbeda dengan resep sebelumnya, kamu bisa mencampurkan daging, sayur, keju, telur, garam, bawang, dan penyedap ke dalam satu wadah. Setelah itu, aduk-aduk bahan-bahan tersebut hingga tercampur rata.
·
Jika sudah, pindahkan adonan ke dalam wadah khusus tahan panas untuk kemudian dikukus. Namun, sebelumnya olesi terlebih dahulu wadah dengan mentega atau minyak goreng.
·
Kukus adonan selama 45 menit. Jangan lupa, tutup kukusan sebaiknya di-cover dengan kain. Dinginkan terlebih dahulu setelah matang. Jika adonan sudah dingin, baru kamu dapat memotongnya menjadi beberapa bagian.
·
Sebelum digoreng, simpan terlebih dahulu ke dalam freezer. Setelah itu, kamu bisa menggorengnya dan sajikan selagi hangat.
Itulah tiga cara buat nugget ayam sendiri di rumah yang pas untuk anak-anak. Tidak hanya enak, pastinya juga sehat untuk si kecil. Kamu bisa membeli bahan-bahan untuk membuat nugget ayam tersebut di Sayurbox. Cek produknya sekarang juga, yuk!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg
(Siti Kamilla)