Agar Tahan Lama, Ini 5 Cara Menyimpan Ayam di Kulkas yang Benar

Daging ayam merupakan lauk pauk yang populer dan kerap dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dengan kandungan protein, vitamin, serta mineral yang tinggi, membuat salah satu jenis daging putih ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya untuk membantu menurunkan berat badan, mengontrol level kolesterol, dan menurunkan risiko kanker.

Bagi Sayurfriends yang kerap menyetok daging ayam ini di rumah, pastikan untuk menyimpan daging ayam ini di kulkas dengan cara yang tepat. Cara menyimpan ayam di kulkas yang tepat akan membuat kesegaran daging ayam tersebut tetap bisa terjaga. Jika Sayurfriends masih bingung bagaimana cara untuk melakukannya, bisa sontek 5 cara jitu penyimpanannya berikut ini.   

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/cara-menyimpan-ayam-di-kulkas-595x335.jpg

·
Perhatikan Suhu Kulkas

Saat menyimpan daging ayam mentah di dalam kulkas, pastikan Sayurfriends mengatur suhu kulkas pada angka 0 hingga 5 derajat Celcius. Pengaturan suhu kulkas ini dimaksudkan untuk memperlambat perkembangan bakteri, serta mencegah terjadinya kerusakan pada daging ayam yang disimpan tersebut, yang membuatnya tak lagi dalam kondisi segar.   

·
Ingat Waktu Penyimpanan

Sayurfriends yang berniat untuk segera mengolah daging ayam mentah tersebut, bisa menyimpannya di rak bagian bawah kulkas tersebut. Menyimpan daging ayam mentah di bagian kulkas tersebut akan bisa mempertahankan kesegaran daging ayam mentah tersebut selama sekitar 2 hari. 

Namun, jika Sayurfriends belum berencana untuk memasak daging ayam mentah tersebut dalam waktu 2 hari ke depan, pastikan untuk menyimpannya di bagian freezer kulkas. Lantas, apakah cara menyimpan ayam di kulkas dicuci dulu atau tidak? Jawabannya adalah tidak. Mencuci daging ayam mentah sebelum disimpan atau dimasak akan meningkatkan risiko penyebaran bakteri. 

Baca juga : Mengulik Ayam Coca Cola dan Cara Membuatnya

·
Kemasan untuk Menyimpan Daging Ayam

Cara menyimpan ayam di kulkas yang tepat selanjutnya adalah dengan menyimpannya dalam kemasan. Jika memungkinkan, Sayurfriends bisa menyimpan daging ayam mentah tersebut dalam kemasan aslinya. Jika kemasannya sudah rusak, Sayurfriends bisa memasukkan daging ayam tersebut ke dalam kantong ziplock ataupun wadah yang dilengkapi dengan penutup. 

Menyimpan daging ayam mentah di kulkas dalam kondisi tertutup bukannya tanpa alasan. Dengan disimpannya daging ayam mentah dalam kemasan, maka akan mencegah daging ayam tersebut mengering di dalam kulkas. Selain itu, cara ini juga akan mencegah penyerapan bau lain dari dalam kulkas oleh daging ayam dan mencegah kontaminasi silang dari makanan lain.  

·
Simpan di Freezer Kulkas

Seperti yang telah disebutkan tadi, jika Sayurfriends berencana untuk menyimpan daging ayam mentah lebih dari 2 hari di dalam kulkas, pastikan untuk menyimpannya di bagian freezer. Lantas, berapa lama ayam tahan di freezer kulkas? Jika Sayurfriends menyimpan daging ayam mentah di freezer, maka daging ayam tersebut akan bisa bertahan hingga sekitar 9 bulan lamanya.

·
Simpan Daging Ayam yang Sudah Dimasak

Tak hanya daging ayam mentah saja yang bisa Sayurfriends simpan di dalam kulkas, melainkan juga daging ayam yang sudah dimasak atau diungkep. Lalu, ayam ungkep tahan berapa lama di kulkas? Ketahanan daging ayam yang sudah matang saat disimpan di dalam freezer adalah sekitar 2 hingga 6 bulan. Jika nantinya ingin makan daging ayam, hanya perlu memanaskannya saja. 

Itulah tadi 5 cara menyimpan ayam di kulkas yang bisa Sayurfriends praktikkan di rumah. Menyimpan daging ayam dengan cara yang tepat akan bisa menjaga kesegaran dari daging ayam tersebut. Dengan begini, maka daging ayam tersebut tetap akan terjaga cita rasanya meskipun tak langsung dimasak setelah membelinya. 

Jadi, apakah kamu sudah menerapkan cara menyimpan ayam di kulkas ini? Yuk, beli ayam dan kebutuhan dapur lainnya di Sayurbox!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox