5 Tips Bikin BBQ di Rumah ala Drama Korea

Kategori

Acara barbeque atau BBQ sambil kumpul bersama teman-teman merupakan sebuah tradisi makan yang sangat populer di Korea Selatan. Di drama Korea sekalipun sering diperlihatkan adegan kumpul-kumpul sambil bakar-bakar atau BBQ-an bersama. Nah, Sayurfriends juga bisa menikmati acara BBQ-an di rumah ala Drama Korea. Berikut ini 5 tips yang bisa dicoba untuk mewujudkan acara BBQ seru di rumah.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/03/BBQ-di-Rumah-595x335.jpg

1. Siapkan Beberapa Jenis Daging

Orang Korea biasanya akan menyiapkan beberapa jenis daging saat acara BBQ. Di Korea biasanya akan ada pilihan daging babi dan daging sapi. Jenis daging babi sedikit sulit untuk ditemui di Indonesia dan tidak semua orang bisa mengonsumsinya. Sebagai alternatif, Sayurfriends bisa menyediakan daging ayam dan daging sapi. 

Jenis daging sapi yang bisa digunakan juga sangat bervariasi. Tak ada salahnya untuk menyediakan beberapa tipe daging sapi saat BBQ. Jika bujetnya terbatas maka bisa diberikan variasi lain seperti sosis. Pilih jenis daging yang masih fresh dan kualitasnya bagus untuk mendapatkan cita rasa terbaik. Jangan lupa potong-potong daging dulu dan lakukan marinasi supaya daging langsung siap dibakar. 

2. Gunakan Saus Ssamjang

Sediakan saus ssamjang jika Sayurfriends ingin mendapatkan sensasi BBQ ala Korea yang lebih kuat. Saus ssamjang ini merupakan jenis saus yang sangat populer di Korea. Ssamjang terbuat dari pasta kedelai Korea (doenjang), cabai merah Korea (gochujang), bubuk cabai, minyak wijen, biji wijen, bawang merah, dan bawang putih. Jika tak mau ribet membuat sendiri, bisa juga langsung beli saus ssamjang siap makan.

3. Sediakan Selada Segar

Salah satu ciri khas BBQ di Korea Selatan adalah selada. Biasanya orang Korea akan menyediakan selada sebagai lalapan segar yang disantap bersama daging BBQ. Menariknya lagi, orang Korea biasa menggunakan selada ini sebagai pembungkus daging yang sudah selesai dibakar. Jadi mereka akan meletakkan daging, saus, maupun pelengkap lainnya di atas selada lalu dibungkus dan dimasukkan ke mulut. 

Selada cukup mudah untuk ditemui di Indonesia jadi sangat disarankan untuk menyediakannya agar sensasi BBQ ala Korea semakin terasa. Pakailah jenis selada yang masih segar dan berukuran lebar. Jangan lupa cuci bersih selada sebelum disajikan karena selada ini nantinya akan dimakan mentah. 

4. Lengkapi dengan Salad Daun Bawang Korea

Selain saus ssamjang ada lagi komponen yang juga wajib ada di acara BBQ Korea yaitu salad daun bawang Korea. Salad ini terbuat dari daun bawang yang kemudian dicampur dengan kecap asin, minyak wijen, gula, biji wijen, bubuk cabai, cuka putih, dan bawang putih yang sudah dicincang. Salad ini layaknya acar bagi orang Indonesia. Rasanya segar dan pedas, sangat cocok dipadukan dengan daging BBQ. 

5. Adakan BBQ di Ruang Terbuka

Tips lain yang bisa Sayurfriends ikuti adalah adakan acara BBQ ini di ruang terbuka. Orang Korea juga biasanya akan mengadakan BBQ di halaman atau ruang terbuka agar terasa lebih bebas. Menikmati BBQ yang lezat di ruang terbuka dengan udara yang sejuk memang merupakan perpaduan yang sangat pas. Jangan lupa ajak juga teman dan keluarga untuk menikmati acara BBQ-an ini. 

Sayurfriends bisa mengadakan acara BBQ ini kapan saja bersama orang-orang tercinta. Jangan lupa siapkan dulu semua bahan dan perlengkapannya agar acara BBQ-an berjalan lancar. Sediakan pula minuman yang menyegarkan untuk melengkapi menu BBQ yang disajikan. Dessert atau makanan penutup juga bisa jadi pilihan untuk menyegarkan mulut setelah selesai menyantap daging.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox