Resep Sup Rumput Laut, Menu Ulang Tahun Khas Negeri Ginseng

Kategori
Bagi penggemar drakor, pasti sudah tak asing dengan menu sup rumput laut. Menu khas Negeri Ginseng satu ini menjadi menu wajib yang dihidangkan bagi orang yang berulang tahun, serta wanita yang baru saja melahirkan. Nah, daripada keseringan ngiler melihat menu ini disantap di drakor, yuk coba sendiri membuatnya di rumah. Sayurfriends bisa ikuti resepnya berikut ini.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/06/sup-rumput-laut-595x335.jpg

Bahan-Bahan:

·
150 gram rumput laut kering
·
100 gram daging sapi
·
2 sendok makan kecap ikan
·
2 siung bawang putih
·
3 sendok makan kecap asin
·
800 mililiter air
·
1 sendok makan minyak wijen
·
Garam secukupnya
·
Kaldu bubuk secukupnya
·
Biji wijen secukupnya

Cara Membuat:

1.
Rendam terlebih dahulu rumput laut kering dengan air selama sekitar 15 menit hingga 30 menit. Biarkan hingga rumput laut mengembang, lalu tiriskan.
2.
Cincang halus bawang putih.
3.
Potong-potong kecil daging sapi atau disesuaikan dengan selera.
4.
Panaskan sedikit minyak di wajan dengan api sedang, kemudian tumis potongan daging.
5.
Tambahkan bawang putih cincang ke dalamnya, aduk rata.
6.
Setelah daging setengah matang, tambahkan rumput laut ke dalam wajan. Aduk rata sebentar, lalu tambahkan air. Banyak air untuk kuahnya bisa disesuaikan dengan selera.
7.
Tambahkan minyak wijen, kecap asin, dan kecap ikan, lalu aduk rata.
8.
Tambahkan garam dan kaldu bubuk, aduk rata dan koreksi rasa. Jika sudah matang dan rasanya sudah pas, angkat.
9.
Sajikan sup rumput laut dengan taburan biji wijen. Nikmatilah selagi hangat.

Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan

Pernahkah terbesit di benak Sayurfriends mengapa banyak masyarakat Negeri Ginseng yang memiliki umur panjang dibandingkan masyarakat tanah air? Salah satu alasannya mungkin karena sering mengonsumsi rumput laut ini. Rumput laut memang diketahui punya banyak manfaat bagi kesehatan. Simak berikut ini beberapa manfaat rumput laut tersebut.

1. Lindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Sayurfriends tentu sudah tak asing lagi dengan istilah radikal bebas. Paparan radikal bebas bisa memicu beragam gangguan kesehatan, salah satu yang paling parah adalah kanker. Melindungi tubuh dari radikal bebas ini bisa dilakukan dengan mengonsumsi rumput laut yang kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidannya akan membuat radikal bebas dalam tubuh jadi kurang reaktif.

2. Bantu Cukupi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Tahukah Sayurfriends kalau rumput laut bisa membantu memenuhi  asupan vitamin, mineral dan nutrisi penting lainnya? Berdasarkan penelitian, rumput laut merupakan salah satu sumber protein, karbohidrat, serat, mineral, dan asam lemak tak jenuh ganda. Tak hanya itu saja, ada pula kandungan vitamin C, B, A, dan E, serta zat besi dan yodium pada beberapa jenis rumput laut.

3. Mendukung Kerja Sistem Pencernaan

Pencernaan yang sehat di antaranya bisa diwujudkan dengan mengonsumsi rumput laut. Rumput laut yang diketahui kaya akan serat, bisa membantu menyehatkan dan mendukung kerja bakteri baik di usus. Dengan begini, maka makanan yang dikonsumsi pun akan bisa dicerna dengan baik dan kesehatan sistem pencernaan pun jadi terjaga.
Itulah tadi resep sup rumput laut yang bisa Sayurfriends coba sendiri membuatnya di rumah. Dengan mengikuti resep di atas, Sayurfriends bisa menjawab rasa penasaran akan cita rasa hidangan tersebut yang seringkali muncul di drakor. Cita rasanya yang segar dan gurih, ternyata juga berbanding lurus dengan manfaat rumput laut bagi kesehatan, loh!