Tips dan Resep Membuat Sup Ayam Jamur yang Super Lezat

Kategori

Sup memang jadi salah satu menu favorit bagi masyarakat Indonesia. Selain mudah dibuat, sup juga sangat cocok untuk dinikmati dalam beragam suasana. Isian sup juga bisa dibuat beragam dan salah satunya adalah sup ayam jamur. Menu ini cocok dinikmati di saat cuaca dingin atau ketika tubuh sedang tidak sehat. Mari simak tips dan resep sup isian ayam jamur yang super lezat untuk keluarga di sini!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/02/sup-ayam-jamur-960x540.jpg

Tips Membuat Sup

Sebelum membahas resepnya, mari simak dulu beberapa tips agar sajian sup ini bisa terasa lebih lezat. Langkah pembuatan yang salah bisa saja menurunkan cita rasa sup tersebut. Berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan:

·

Gunakan Kaldu Asli

Salah satu kunci untuk membuat sup yang enak adalah kaldunya. Jika kaldu yang digunakan enak maka sup ini pasti terasa lezat. Gunakan kaldu asli untuk mendapatkan cita rasa yang jauh lebih mantap. Kaldu asli ini bisa didapatkan dari rebusan daging ayam kampung segar, bukan kaldu instan atau kaldu bubuk.

·

Pilih Ayam yang Segar

Daging ayam menjadi salah satu bahan utama untuk membuat menu sup ini. Pilihlah daging ayam pilihan yang masih segar. Akan jauh lebih baik jika menggunakan daging ayam kampung untuk mendapatkan rasa yang lebih lezat. Ayam kampung juga sangat cocok dibuat kaldu untuk sup karena rasanya jauh lebih gurih.

·

Gunakan Bahan Penyedap Alami

Jika ingin memakai bahan penyedap, utamakan untuk memakai bahan penyedap yang alami. Misalnya saja dengan menambahkan bawang bombai, tomat, rumput laut, dan lain sebagainya. Bahan-bahan alami bisa menghasilkan cita rasa yang jauh lebih kuat. Selain itu penyedap alami juga lebih bagus untuk kesehatan tubuh dibandingkan dengan bahan penyedap buatan.

·

Tambahkan Rempah-Rempah

Tips yang satu ini bisa diterapkan untuk membuat kaldu yang enak. Aneka jenis rempah-rempah bisa Sayurfriends tambahkan ke rebusan air kaldu. Nantinya rasa kaldu akan jadi lebih kaya dan mantap. Selain itu rempah-rempah juga mengandung banyak khasiat sehingga bagus untuk kesehatan.

Resep Sup

Tertarik untuk membuat sup ayam jamur sendiri di rumah? Masak sup sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Berikut adalah resep sup isian ayam dan jamur yang bisa Sayurfriends coba di rumah.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan:

·
Ayam kampung 1/2 ekor.
·
Tahu secukupnya, potong dadu.
·
Wortel 2 buah, iris bulat.
·
Jamur merang 100 gram, iris tipis.

Bahan Bumbu Halus:

·
Bawang putih 4 siung, memarkan.
·
Daun seledri 1 batang, iris tipis.
·
Daun bawang 1 batang, iris tipis.
·
Garam secukupnya.
·
Merica bubuk secukupnya.

Cara Membuat:

·
Rebus ayam untuk mendapatkan kaldu.
·
Angkat ayam lalu suwir-suwir dagingnya.
·
Siapkan panci lalu tuangkan sedikit minyak untuk menumis bumbu halus.
·
Masukkan kaldu ke dalam panci.
·
Masukkan sayuran, tahu, dan jamur ke dalam kaldu.
·
Tambahkan suwiran ayam.
·
Masak semua sampai matang dan koreksi rasa.
·
Sajikan dengan taburan bawang goreng.

Perlu diketahui bahwa isian sup bisa dimodifikasi sesuai selera. Gunakan bahan-bahan yang memang disukai agar sup tersebut lebih lezat untuk dinikmati. Jika ingin dikonsumsi bersama si kecil, maka jangan terlalu banyak menambahkan merica agar sup tidak terasa pedas.

Itulah tadi tips dan resep membuat sup ayam jamur yang super lezat. Makanan ini cocok jadi salah satu pilihan menu harian untuk keluarga di rumah. Cara membuatnya pun mudah dan cocok dinikmati oleh semua anggota keluarga. Jangan lupa sajikan juga dengan lauk seperti perkedel, tempe goreng, tahu goreng, dan lain sebagainya.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox