Resep Enak Tapi Simple Sarden Telur Ceplok, Wajib Coba!

Kategori
Telur memang selalu jadi bahan makanan yang paling mudah dijangkau dan diolah. Tapi rasanya bosan ya jika harus menikmati telur dengan cara yang itu-itu saja? Nah, kali ini ada ide menu kreatif berbahan dasar telur yang dipadukan dengan sarden. Nama menunya adalah sarden telur ceplok yang dijamin bisa jadi menu andalan keluarga di rumah! Yuk, simak apa saja bahan yang dibutuhkan dan seperti apa cara mengolahnya!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/05/sarden-telur-ceplok-595x335.jpg

Resep Sarden dan Telur Ceplok

Sarden biasanya jadi pilihan menu praktis jika tak punya banyak waktu untuk memasak. Makanan ini memang sudah cukup lama beredar dan populer di kalangan keluarga Indonesia. Ternyata sarden juga bisa diolah menjadi menu lain yang lebih kreatif dan rasanya semakin enak. Langsung saja, berikut adalah resep mengolah sarden telur ceplok yang enak dan mudah dibuat!

Bahan-Bahan:

·
5 butir telur
·
1 kaleng sarden
·
3 butir bawang merah
·
3 siung bawang putih
·
1 buah bawang bombai
·
5 cm jahe
·
5 lembar daun jeruk
·
7 buah cabe rawit merah
·
10 buah cabai rawit hijau utuh
·
3 buah cabe merah keriting
·
1 buah tomat merah besar
·
4 buah tomat hijau kecil
·
Air secukupnya
·
Garam secukupnya
·
Gula pasir secukupnya

Cara Membuat:

·
Siapkan wajan dan panaskan minyak lalu goreng satu per satu telur ayam yang sudah disediakan, sisihkan.
·
Tumis bawang merah, bawang putih, bawang bombai, jahe, daun jeruk, cabai rawit merah, dan cabai merah keriting sampai semuanya layu.
·
Masukkan tomat merah besar dan tomat hijau kecil lalu aduk merata.
·
Tambahkan sarden ke dalam tumisan.
·
Berikan air secukupnya.
·
Aduk dan masak sampai mendidih.
·
Masukkan cabe rawit utuh, gula dan garam sesuai selera kemudian lanjutkan memasak.
·
Masukkan telur ceplok yang sudah disisihkan tadi.
·
Masak sampai air mulai menyusut.
·
Matikan api dan sajikan.
Mudah sekali ya ternyata membuat varian menu sarden ini? Sayurfriends pasti bisa langsung mempraktikkannya di rumah karena bahan-bahannya juga mudah didapat. Jenis sarden yang digunakan bebas dan varian rasanya juga bisa disesuaikan dengan selera. Soal tingkat kepedasan, tak perlu bingung karena bisa diatur sesuai selera makan masing-masing.

Tips Makan Sarden dan Telur Ceplok

Menu ini mungkin terlihat sangat sederhana tapi sebenarnya sangat enak dari segi rasa. Cocok sekali jadi menu andalan terutama bagi yang tidak suka masak ribet. Dalam waktu sekejap makanan ini bisa dihidangkan untuk keluarga dan dari segi harga juga tak perlu keluar modal besar. Agar rasanya tambah nikmat, Sayurfriends bisa menerapkan beberapa tips berikut ini:
·
Makanlah dengan nasi hangat.
·
Siapkan lalapan seperti timun dan selada sebagai pendamping.
·
Lengkapi juga dengan kerupuk untuk menambah tekstur dan melengkapi rasa.
·
Dampingi dengan minuman yang menyegarkan.
Bagaimana kalau menu ini ingin disajikan untuk anak-anak? Mudah saja, tak perlu gunakan cabai dalam resep. Hilangkan rasa pedas dengan tidak memakai cabai dan jangan memilih jenis sarden yang pedas. Menu ini bisa jadi makanan favorit anak-anak karena rasanya enak dan kaya protein dari ikan sarden serta telur yang ada di dalamnya.
Tak harus menunggu lebih lama lagi, menu sarden telur ceplok ini bisa langsung dicoba di rumah. Jangan lupa untuk mengecek tanggal kedaluwarsa sarden sebelum digunakan. Pastikan juga untuk berhati-hati saat mengaduk atau memasak menu ini agar ikan sarden yang diolah tidak pecah dan tetap utuh saat disajikan.