Resep Roti Pisang Kukus yang Pasti Enak dan Bikin Kenyang

Kategori

Masak camilan sendiri di rumah pasti akan jauh lebih menyenangkan dan hemat. Nah, kali ini ada satu resep camilan yang tak hanya enak tapi juga bikin kenyang. Roti pisang kukus bisa jadi pilihan camilan lezat untuk disajikan di rumah. Cocok untuk dijadikan teman ngobrol atau minum teh di sore hari. Yuk, simak apa saja bahan dan cara pembuatannya!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/06/roti-pisang-kukus-595x335.jpg

Resep Roti Pisang dengan Metode Kukus

Menu yang satu ini bisa jadi pilihan tepat karena cara pembuatannya mudah. Tak perlu alat yang aneh-aneh karena proses memasaknya dengan cara dikukus. Selain itu bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah ditemui di pasaran dan harganya terjangkau. Berikut adalah resep lengkap roti pisang kukus.

Bahan-Bahan:

·
500 g tepung terigu
·
3/4 sdm ragi
·
100 g gula pasir
·
1 butir telur
·
1 butir kuning telur
·
200 g pisang masak yang sudah dikupas
·
50-100 ml air atau susu (banyak air atau susu bisa disesuaikan dengan tingkat kematangan pisang)
·
1 sdm margarin atau mentega
·
1/2 sdt garam halus

Cara Membuat:

·
Haluskan pisang yang sudah dikupas tadi dengan menggunakan garpu.
·
Masukkan semua bahan ke dalam sebuah baskom, kecuali air atau susu.
·
Campur semua bahan sampai merata.
·
Tambahkan sedikit demi sedikit air atau susu kemudian campur sampai rata secara perlahan. Jika pisang masih belum terlalu matang maka jumlah air atau susu bisa dilebihkan.
·
Tutup adonan kemudian diamkan agar mengembang kurang lebih selama 60 menit.
·
Bagi adonan masing-masing sebanyak 40 g atau bisa disesuaikan selera masing-masing.
·
Diamkan adonan selama 20 menit dan pastikan untuk menutupnya secara rapat.
·
Masukkan isian selai pisang pada masing-masing bagian adonan.
·
Istirahatkan kembali selama 20 menit sambil ditutup.
·
Siapkan panci kukusan kemudian masukkan semua adonan roti ke dalam panci.
·
Kukus kurang lebih selama 17 sampai 20 menit sampai matang. Pastikan tutup panci dilapisi kain lap bersih agar air tidak menetes ke roti.
·
Matikan api dan pindahkan roti pisang ke wadah lalu dinginkan.

Manfaat Pisang bagi Tubuh

Kenapa memilih pisang? Selain mudah diolah, pisang juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Buah ini juga sangat mudah ditemukan di Indonesia dan harganya pun sangat terjangkau. Berikut adalah beberapa manfaat pisang yang bisa dirasakan oleh tubuh:

1. Sumber Energi

Pisang adalah jenis buah yang mengandung karbohidrat tinggi. Konsumsi pisang bisa memberikan energi yang memadai bagi tubuh saat beraktivitas. Apalagi jika diolah menjadi roti pisang, tentu jumlah energi yang diterima tubuh jadi jauh lebih besar.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Pisang juga mampu menjaga kesehatan organ pencernaan dalam tubuh. Di dalamnya terdapat prebiotik yang efektif memelihara kesehatan usus dan saluran pencernaan lainnya. Selain itu, pisang juga diketahui efektif meredakan tukak lambung.

3. Mencegah Kerusakan Jaringan Tubuh

Pisang mengandung antioksidan yang tinggi dan bisa mencegah kerusakan sel maupun jaringan dalam tubuh. Itulah mengapa konsumsi pisang akan menurunkan risiko kerusakan jaringan. Selain itu buah ini juga akan bekerja efektif mencegah munculnya beragam jenis penyakit.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium dalam pisang ternyata sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Kalium ini akan membantu pembuluh darah berfungsi secara optimal. Selain itu pisang juga akan menjaga stabilitas detak jantung dan mencegah hipertensi.

Resep roti pisang kukus yang sudah dibagikan ini bisa langsung dicoba di rumah! Cara membuatnya mudah, rasanya enak, dan ternyata ada banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh. Pastikan untuk memilih pisang yang berkualitas supaya memberi cita rasa yang lezat setelah diolah jadi roti pisang.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox