Resep Simpel dan Tips Memasak Udang Asam Manis, Dijamin Gak Cukup Sepiring

Siapa nih yang suka mesen menu udang asam manis kalau pergi ke resto? Kombinasi kuah asam manisnya memang begitu nendang, apalagi saat dipadukan dengan gurihnya daging udang. Sesekali, yuk cobain bikin sendiri menu lezat satu ini di rumah, apalagi resepnya cukup simpel kok. Sayurfriends bisa intip resep udang asam manis tersebut di bawah ini.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/udang-asam-manis-595x335.jpg

Resep Udang Asam Manis

Bahan-Bahan:

Bahan Saus Asam Manis:

Cara Membuat:

1.
Cuci bersih udang, buang kepalanya tanpa dikupas kulitnya. Sisihkan.
2.
Geprek bawang merah dan bawang putih, lalu cincang halus. Sisihkan.
3.
Iris kasar jahe. Sisihkan.
4.
Iris tipis bawang bombai. Sisihkan.
5.
Potong serong cabe merah besar dan cabe hijau besar. Sisihkan.
6.
Untuk adonan saus asam manis, campurkan saus sambal, saus tomat, saus tiram, cuka, garam, lada bubuk, dan gula. Aduk rata. Sisihkan.
7.
Panaskan wajan, lalu masukkan margarin. Tunggu hingga margarin meleleh, lalu masukkan bawang putih, bawang merah, dan jahe terlebih dahulu. Tumis hingga aromanya harum dan matang.
8.
Masukkan adonan saus asam manis ke dalam wajan, lalu aduk rata.
9.
Tambahkan irisan bawang bombai, aduk rata. Masak hingga bawang bombai layu.
10.
Tambahkan irisan cabai merah dan cabai hijau, aduk rata.
11.
Tuang air ke dalam wajan, lalu aduk rata. Koreksi rasa.
12.
Tuang larutan maizena ke dalam wajan, aduk rata. Masak hingga kuahnya mengental.
13.
Masukkan udang ke dalam wajan, lalu aduk rata. Masak hingga udang matang dan warnanya memerah. Matikan api.
14.
Tambahkan potongan daun bawang. Aduk rata.
15.
Pindahkan ke mangkuk dan udang asam manis pun siap untuk disantap. Jangan lupa sedia banyak nasi putih, ya!

Tips Jitu Memasak Udang Asam Manis

Agar cita rasa udang asam manis yang Sayurfriends bikin bisa seenak yang dibikin di resto-resto, ada beberapa tips yang bisa Sayurfriends ikuti saat memasaknya. Tips ini dijamin bakal membuat rasa asam manisnya meresap ke daging udang, sehingga gurihnya makin kerasa. Yuk simak tips memasaknya di bawah ini.

1. Gunakan Udang yang Segar

Saat memasak udang asam manis ini, pastikan udang yang Sayurfriends gunakan masih dalam keadaan segar. Udang yang masih segar jika diolah akan bisa terasa juicy tekstur dagingnya, serta aroma harumnya pun bakal kentara. Oleh sebab itu, cermatlah dalam memilih udang saat membelinya nanti.

Agar gak salah beli, Sayurfriends bisa cari tahu segar atau tidaknya udang tersebut dari ciri-cirinya. Udang yang masih segar tentunya aromanya pun akan segar dan gak berbau amis, apalagi busuk. Kesegaran udang juga bisa dilihat dari kulitnya yang masih melekat utuh pada tubuh udang dan tekstur dagingnya terasa padat, sedikit kenyal, dan tentu saja gak lembek.

2. Kulit Udang Gak Perlu Dikupas

Sebagian Sayurfriends mungkin terbiasa untuk mengupas kulit udang terlebih dahulu sebelum diolah. Namun, untuk resep kali ini, Sayurfriends gak perlu repot untuk mengupasnya. Sayurfriends cukup potong dan bersihkan kepala udang dan congkel kotoran yang ada di tubuhnya dengan menggunakan tusuk gigi. Dengan begini, kulit udang akan tetap utuh.

Ada beberapa manfaat yang bakal dirasakan jika gak mengupas kulit udang saat memasak menu ini. Pertama, cita rasa udang bakal jadi lebih authentic dan aromanya pun lebih menguar. Kedua, tekstur daging udang akan jadi lebih empuk dan lembut, karena masih ada kulit yang menghindarkan daging udang dari risiko overcooked.  Terakhir, udang pun bakal lebih crunchy saat dimakan.

3. Gunakan Margarin untuk Menumis

Alih-alih menggunakan minyak goreng biasa untuk menumis bawang-bawangan yang digunakan di resep ini, Sayurfriends lebih direkomendasikan untuk menggunakan margarin untuk menumisnya. Pemakaian margarin untuk menumis bakal membuat cita rasa udang asam manis yang Sayurfriends buat jadi lebih gurih, lebih nikmat, serta aromanya lebih nendang!

4. Matikan Api Saat Udang Sudah Memerah Agar Gak Overcooked

Agar daging udang gak overcooked saat dimasak, Sayurfriends disarankan untuk mematikan api saat udang berubah warna atau warnanya berubah menjadi merah. Saat udang udah mulai berubah warna, maknanya udang sudah 70 persen masak. Matikan api dan tutup wajan, biarkan beberapa menit agar uap panas yang terperangkap di dalam wajan memasak udang hingga matang.

5. Tambahkan Rawit Jika Suka Pedas

Jika suka pedas, Sayurfriends bisa sedikit modifikasi resep di atas dengan menambahkan irisan cabai rawit merah atau cabai rawit hijau. Masukkan irisan cabai rawit tersebut bersamaan dengan memasukkan irisan cabai merah dan hijau besar. Aduk hingga tercampur rata dan nantinya kombinasi rasa pedas, asam, manis olahan udang ini gak bakal bikin Sayurfriends kecewa.

Praktisnya Stok Bahan Udang Asam Manis via Sayurbox

Sebelum bikin udang asam manis di rumah, pastikan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya sudah tersedia dengan lengkap. Jika ada bahan yang kurang, Sayurfriends bisa pesan langsung di Sayurbox dengan cara mengeklik nama bahannya yang dibutuhkan pada resep di atas.

Gimana? Udah gak sabar untuk mencoba bikin udang asam manis ini di rumah? Saking enaknya, dijamin sepiring nasi gak bakal cukup bagi Sayurfriends untuk menyantapnya. Agar serasa lebih istimewa, Sayurfriends bisa undang keluarga, kerabat, sahabat, atau teman lainnya untuk mencicipi nikmatnya sajian udang yang dipadu dengan kuah asam manis buatan Sayurfriends.

Kategori
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox