Resep Terong Crispy, Dijamin Mekar dan Gurih!

Suka makan terong goreng crispy? Menu yang satu ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sayurfriends juga pasti sudah sering menyantap menu makanan ini. Namun, seringkali terong goreng ini jadi lembek dan tidak kres lagi ketika dimakan. Nah, ternyata ada trik khusus yang bisa dicoba agar terong goreng ini terasa crispy dan bentuknya mekar sempurna. 

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/03/resep-terong-crispy-595x335.jpg

Resep Terong Crispy Mekar

Menu ini sebenarnya sangat sederhana dan modalnya juga tak besar karena bahan-bahannya terbilang murah sekaligus mudah didapat. Hanya saja seringkali teknik pembuatannya yang salah sehingga terong goreng tidak bisa mekar dan malah jadi lembek. Berikut akan dibagikan resep mudah untuk membuat terong crispy mekar yang bisa Sayurfriends coba:

Bahan-bahan:

·
Terong ungu
·
Tepung bumbu
·
Garam
·
Air
·
Minyak goreng

Cara membuat:

·
Siapkan terong ungu kemudian potong menjadi dua atau tiga bagian.
·
Belah terong menjadi bagian kecil-kecil namun tidak terputus di bagian pangkalnya sehingga membentuk seperti bunga. 
·
Rendam terong di dalam air dan tambahkan garam secukupnya, tunggu kurang lebih selama 5 menit. 
·
Siapkan dua mangkuk lalu masukkan tepung bumbu ke masing-masing mangkuk tersebut. 
·
Mangkuk satu digunakan sebagai adonan kering lalu mangkuk kedua ditambah sedikit air untuk adonan basah. 
·
Masukkan terong ke dalam adonan kering terlebih dahulu lalu masukkan ke adonan basah. 
·
Panaskan minyak di atas wajan (minyaknya harus cukup banyak). 
·
Goreng terong ke dalam minyak.
·
Angkat setelah berwarna kecokelatan.

Menu terong crispy ini bisa jadi andalan untuk disajikan kepada si kecil. Biasanya anak-anak suka menu sayur yang disajikan dalam bentuk gorengan crispy. Selain dijadikan sebagai pendamping nasi, terong crispy juga cocok dijadikan sebagai camilan sore. Pastikan untuk menyajikannya dengan saus sambal atau saus tomat agar rasanya semakin mantap.

Tips Jitu agar Terong Tetap Kriuk

Resep terong crispy ini sangat sederhana dan cocok dicoba jika Sayurfriends baru mulai belajar masak. Supaya tidak gagal dan hasil gorengannya tetap kriuk, coba terapkan tips-tips berikut ini:

1. Gunakan Minyak Panas

Tips pertama, pastikan Sayurfriends memanaskan minyak sampai benar-benar panas baru memasukkan terong yang sudah dibalur adonan tepung. Jika minyaknya belum panas maka terong akan lebih lama terendam di dalam minyak. Hal ini bisa menyebabkan terong jadi tidak crispy dan cepat lembek. 

2. Jangan Buru-Buru Mengangkat Terong

Saat menggoreng terong crispy, jangan terburu-buru mengangkat terong. Tunggulah sampai warnanya cokelat keemasan dan benar-benar kering di bagian luar. Jika Sayurfriends mengangkat terong terlalu cepat dari penggorengan maka teksturnya bisa jadi kurang crispy dan tidak kriuk

3. Masukkan Dua Kali ke Dalam Adonan

Jika Sayurfriends ingin bagian crispy terong lebih tebal, maka coba masukkan kembali terong ke dalam adonan. Setelah memasukkan terong ke adonan kering dan adonan basah, ulangi kembali agar adonannya lebih tebal. Ini akan memberikan tekstur yang lebih crispy dan enak. 

4. Pakai Tepung Bumbu yang Tepat

Pilihan tepung bumbu yang digunakan ternyata juga berpengaruh pada rasa terong crispy. Pakailah tepung bumbu yang berkualitas dan memang bisa memberi tekstur crispy yang awet. Tak ada salahnya mencoba beberapa jenis tepung bumbu sampai Sayurfriends bisa menemukan pilihan yang tepat. 

Yuk, langsung coba resep terong crispy mekar dan renyah ini di rumah. Cara membuatnya mudah dan bahan-bahannya juga tak sulit untuk didapatkan. Menu ini bisa jadi camilan atau lauk andalan untuk keluarga di rumah. Nikmati terong crispy ini selagi hangat supaya sensasi kriuk.nya semakin terasa.

Kategori
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox