Resep Tahu Kuah Kari, Pas Jadi Menu Keluarga di Rumah

Kategori
Tahu menjadi pilihan bahan makanan yang cocok untuk diolah menjadi menu harian keluarga. Selain mudah didapatkan, tahu juga sangat terjangkau sehingga cocok untuk semua kalangan. Bahan makanan yang satu ini juga bisa diolah menjadi berbagai jenis menu dan salah satunya adalah menu kari. Tahu dengan kuah kari akan jadi pilihan menu makan siang yang nikmat untuk keluarga di rumah. Tertarik mencoba? Simak resepnya di sini!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/03/resep-tahu-kuah-kari-595x397.jpg

Membuat Tahu Kuah Kari

Saat merasa bosan dengan daging ayam, ikan, maupun bahan makanan lainnya yang amis-amis, Sayurfriends bisa mengolah kreasi tahu. Selain enak, tahu juga bisa jadi sumber protein nabati yang baik bagi tubuh. Agar tak terkesan biasa, mari coba resep tahu kuah kari yang super lezat berikut ini!
Bahan-bahan:
·
5 buah tahu putih
·
4 sdm tepung terigu
·
Margarin
·
1/2 bawang bombai
·
1 buah wortel
·
1 buah kentang
·
Garam
·
Penyedap rasa
·
Bubuk kari
·
Air secukupnya
·
150 ml susu cair
·
1 sdm tepung maizena
Cara membuat:
·
Haluskan tahu putih secara manual menggunakan garpu. 
·
Tambahkan terigu, garam, penyedap rasa, dan air secukupnya lalu aduk-aduk sampai adonan cukup kalis. 
·
Bentuk adonan tahu menjadi bulat-bulat kecil. 
·
Siapkan wajan dan panaskan minyak lalu goreng tahu sampai kecokelatan dan garing. 
·
Panaskan margarin secukupnya lalu tumis bawang bombai dan masukkan wortel serta kentang yang sudah dipotong kecil-kecil. 
·
Tambahkan garam, bubuk kari, dan penyedap rasa secukupnya. 
·
Masukkan sedikit air lalu aduk-aduk sampai matang. 
·
Masukkan susu dan tambahkan tepung maizena. 
·
Aduk-aduk kembali sampai kuah kari mengental. 
·
Tuangkan kuah kari ke atas tahu yang sudah digoreng garing
·
Sajikan dengan nasi putih hangat. 
Isian sayur berupa wortel dan kentang ini bisa diganti sesuai selera. Jika Sayurfriends tidak suka wortel dan kentang maka bisa diganti dengan labu dan bahan makanan lain. Makanan ini paling lezat jika disajikan hangat. Proses memasaknya juga tidak butuh waktu lama jadi Sayurfriends bisa mulai memasak saat mendekati waktu makan bersama keluarga.

Tips Pengolahan

Resep kari kuah tahu ini sebenarnya cukup
simple
dan bisa dipraktikkan dengan mudah. Sayurfriends bisa menjadikan menu ini sebagai sajian makan siang bersama keluarga. Apalagi bagi Sayurfriends yang saat ini menerapkan pola makan
vegetarian
. Perpaduan kuah kari dan tahu goreng yang gurih akan memanjakan lidah. Berikut ini adalah beberapa tips pengolahan tahu kuah kari agar rasanya semakin mantap:
·
Pilih bumbu kari kemasan yang bentuknya serbuk atau bubuk agar jauh lebih mudah untuk menyatu dengan kuah dan rasanya semakin sedap. 
·
Gunakan tahu putih yang kualitasnya bagus dan teksturnya lembut karena ini merupakan bahan utama yang berpengaruh besar pada rasa.
·
Susu bisa diganti dengan santan segar yang terbuat dari parutan kelapa asli (keduanya sama-sama bisa memberikan rasa gurih dan lezat). 
·
Gunakan api kecil sambil kuah kari terus diaduk agar semua bumbu bisa meresap sempurna dan tidak ada aroma gosong.
·
Kadar maizena bisa dikurangi untuk menurunkan kekentalan kuah kari jika Sayurfriends tidak suka kuah yang terlalu kental. 
·
Tambahkan potongan daun bawang atau seledri di atas kari saat siap disajikan. 
Yuk, coba sajikan menu tahu kuah kari ini di rumah. Menu ini mungkin sederhana dan modalnya juga tak besar tapi cita rasa yang dihasilkan begitu nikmat. Cocok jadi sajian menu andalan saat tak punya banyak waktu untuk memasak. Jangan lupa, nikmati menu ini dengan kerupuk agar terasa semakin nikmat. Bagi Sayurfriends yang suka pedas, menu ini juga bisa disajikan dengan sambal atau potongan cabai.
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox