Hanya Ada di Ramadan, Intip Resep Sate Susu Sapi Khas Kampung Jawa, Denpasar

Kategori

Apa yang ada di benak Sayurfriends sangat mendengar sate susu sapi? Kebanyakan orang mengira sate susu sapi merupakan sate yang menggunakan daging di area puting susu sapi sebagai bahan untuk bumbunya. Penasaran dengan sajian yang merupakan takjil Ramadan khas Kampung Jawa, Denpasar ini? Sayurfriends bisa simak ulasan berikut dengan resepnya di bawah ini. 

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/03/resep-sate-susu-sapi-595x397.jpg

Sate Susu Sapi, Takjil Istimewa Khas Bali yang Hanya Ada Saat Ramadan Tiba

Jika bicara mengenai takjil khas di Bali, maka sate susu sapi sudah jelas menjadi primadonanya. Sate susu sapi merupakan takjil khas yang dijual pada bulan Ramadan di Bali, tepatnya di Kampung Jawa, Denpasar. Tak hanya warga yang beragam Muslim saja yang membelinya saat Ramadan, melainkan juga warga pemeluk agama lainnya. 

Awal mula kemunculan sate susu sapi ini adalah karena dulu pelopornya melihat banyak kantong susu sapi yang terbuang begitu saja. Dari sinilah kemudian ide untuk membuat sate susu sapi itu muncul. Tak dinyana, ternyata sate susu sapi ini ternyata berhasil memikat banyak orang, lalu akhirnya mampu bertahan dan menjadi takjil khas Ramadan di Kampung Jawa hingga sekarang. 

Bagi Sayurfriends yang ingin membeli sate susu sapi ini, bisa mendatangi area Masjid Baiturrahman di Kampung Jawa, Denpasar. Menjelang berbuka, ada banyak penjual sate susu sapi yang bisa ditemukan di sana. Harga sate susu sapi ini pun relatif terjangkau, yakni seharga Rp2.500 per tusuknya. 

Cita rasanya yang menggugah selera, membuat sate susu sapi selalu laris manis terjual kala Ramadan. Makanya, jika tak ingin kehabisan, pastikan untuk datang ke area pasar kaget yang menjual takjil ini sekitar jam empat sore, di saat pasar kaget dimulai. Jika Sayurfriends tinggal jauh dari tempat ini, tenang saja, Sayurfriends bisa intip resepnya nanti untuk dicobakan di rumah.  

Resep Sate Susu Sapi

Bahan-bahan:

·
½ kilogram daging puting susu sapi 
·
300 mililiter santan kelapa 
·
1 liter air 
·
3 lembar daun jeruk 
·
3 sendok makan minyak goreng 
·
Tusuk sate secukupnya 

Bahan bumbu halus:

·
7 siung bawang merah 
·
5 siung bawang putih 
·
5 buah cabai merah 
·
4 buah cabai rawit 
·
2 sentimeter kunyit 
·
2 sentimeter jahe 
·
1 sendok teh ketumbar 
·
1 sendok teh garam 
·
1 sendok makan gula pasir 

Cara membuat: 

1.
Rebus puting susu sapi terlebih dahulu dengan menggunakan 1 liter air. Tunggu hingga tekstur puting susu sapi empuk, kemudian angkat dan tiriskan 
2.
Blender semua bahan untuk bumbu halus 
3.
Panaskan minyak, kemudian tumis bumbu halus hingga menguarkan bau harum, lalu tambahkan daun jeruk. 
4.
Tunggu hingga tumisan bumbu halus matang, kemudian tambahkan santan. Tunggu hingga mendidih 
5.
Setelah santan mendidih, masukkan potongan puting susu sapi tadi ke dalamnya. Aduk terus hingga bumbu meresap merata ke dalam puting susu sapi. Tunggu hingga santan agak mengering, kemudian angkat dan dinginkan. 
6.
Setelah agak dingin, tusuk 4 hingga 5 potong puting susu sapi atau sesuai keinginan dengan menggunakan tusuk sate
7.
Panggang sate susu sapi hingga matang, lalu angkat 
8.
Sate susu sapi pun siap untuk disantap. Paling nikmat disajikan dengan sambal dan nasi hangat. 

Sate susu sapi merupakan takjil unik khas Kampung Jawa, Denpasar, yang hanya bisa ditemukan kala bulan Ramadan. Alih-alih menggunakan daging dengan tekstur lemak yang tebal, sate susu sapi ini malah menggunakan daging di area kantong susu sapi. Teskturnya yang legit dan bumbunya yang meresap, dijamin bakal membuat buka puasa terasa lebih nikmat.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox