Juicy, Gurih, dan Enak! Yuk Cobain Resep Salmon Teriyaki Ini

Kategori
Olahan ikan salmon yang terkenal dengan dagingnya yang juicy memang kerap jadi primadona kala dihidangkan. Baik itu dikonsumsi langsung dalam kondisi mentah atau pun sudah dimasak terlebih dahulu, ikan salmon selalu berhasil memikat hati orang yang menyantapnya. Nah, kali ini, Sayurfriends akan diajak untuk membuat resep salmon teriyaki. Yuk simak resepnya berikut ini.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/06/resep-salmon-teriyaki-595x335.jpg

Bahan-Bahan:

·
200 gram ikan salmon
·
½ buah lemon
·
½ buah bawang bombai, diiris tipis
·
2 siung bawang putih, dicincang kasar
·
½ sendok teh garam
·
½ sendok teh gula pasir
·
1/3 sendok teh lada bubuk
·
1 sendok makan saus tiram
·
3 sendok makan saus teriyaki
·
2 sendok makan minyak goreng
·
100 mililiter air
·
Garam secukupnya
·
Mixed vegetable secukupnya

Cara Membuat:

1.
Bersihkan ikan salmon, kemudian marinasi dengan garam dan air perasan lemon selama 10 menit.
2.
Setelah salmon dimarinasi, panaskan 1 sendok makan minyak goreng, kemudian masak salmon dengan teknik pan seared hingga matang. Angkat dan sisihkan.
3.
Panaskan kembali 1 sendok makan minyak goreng, kemudian tumis bawang bombai dan bawang putih.
4.
Setelah tumisan bawang mengeluarkan aroma harum, tambahkan garam, gula pasir, lada bubuk, saus tiram, dan saus teriyaki. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
5.
Tambahkan 100 mililiter air, lalu aduk rata kembali.
6.
Masukkan ikan salmon ke dalam adonan saus. Ratakan saus di seluruh permukaan salmon agar meresap, lalu angkat dan sisihkan.
7.
Rebus mixed vegetable sesuai selera, lalu angkat dan tiriskan.
8.
Siapkan piring, lalu tata ikan salmon, siram dengan saus teriyaki, dan tambahkan mixed vegetable. 
9.
Salmon teriyaki pun siap untuk dinikmati.

Memilih Ikan Salmon Segar dan Berkualitas

Saat akan mempraktikkan resep salmon teriyaki yang dibagikan di atas, pastikan ikan salmon yang Sayurfriends gunakan terjamin kesegarannya. Kesegaran ikan salmon tersebut akan menghasilkan cita rasa yang kualitasnya tinggi setelah selesai diolah. Bagi Sayurfriends yang kesulitan memilih ikan salmon segar dan kualitasnya baik, yuk simak ciri-cirinya berikut ini.

1. Warna Daging Ikan yang Merah Muda

Warna ikan merupakan salah satu ciri yang mencolok, serta bisa dijadikan sebagai patokan dalam menentukan segar atau tidaknya ikan salmon yang akan dibeli. Ikan salmon yang masih segar ditandai dengan warna dagingnya yang merah muda. Sedangkan untuk yang tak lagi segar, dagingnya pada umumnya berwarna pucat serta ada bintik-bintik cokelat di dagingnya tersebut.

2. Bau Ikan yang Normal

Selayaknya bau ikan, ikan salmon memiliki bau yang normal dan tentunya tidak menyengat. Beda lagi dengan ikan salmon yang sudah tak lagi segar, di mana ikan salmon tersebut bakal mengeluarkan bau amis yang menyengat. Umumnya, tanpa dicium dengan saksama pun, bau ikan salmon yang tak segar bakal tercium kentara.

3. Tekstur Daging Kenyal dan Lembut

Ikan salmon yang segar ditandai dengan teksturnya yang lembut, kenyal, dan keras saat ditekan. Jika sudah tak segar lagi, teksturnya ini akan berubah menjadi lembek, serta akan meninggalkan bekas saat ditekan. Tak jarang, ada lendir yang keluar dari daging ikan salmon yang sudah tak segar lagi tersebut.
Nah, itulah tadi resep salmon teriyaki yang bisa Sayurfriends coba buat sendiri di rumah. Bahan-bahannya mudah didapatkan, serta cara membuatnya pun terbilang gampang. Sajian salmon teriyaki ini bisa banget menjadi pilihan Sayurfriends untuk disantap dengan orang terkasih di hari spesial.