Bikin Tetap Juicy, Ini Resep Masak Steak Menggunakan Airfryer

Kategori

Belakangan ini, penggunaan airfryer makin populer di tengah masyarakat. Penggunaan airfryer dianggap lebih sehat dan hemat karena tak menggunakan minyak goreng. Usut punya usut, selain untuk menggoreng, ternyata airfryer juga bisa digunakan untuk memasak steak. Penasaran bagaimana resep masak steak pakai airfryer ini? Yuk simak aja bahan dan cara membuatnya berikut ini.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/06/resep-masak-steak-595x335.jpg

Bahan-Bahan:

·
Daging steak 200 gram, untuk resep ini pakai T-bone  
·
Garam Himalaya secukupnya
·
Bubuk paprika secukupnya
·
Lada hitam bubuk secukupnya
·
Bawang putih bubuk secukupnya
·
Minyak zaitun secukupnya
·
Finishing butter secukupnya

Cara Membuat:

1.
Siapkan daging steak, kemudian keringkan terlebih dahulu dengan menggunakan tisu.
2.
Kemudian, taburkan garam Himalaya, paprika bubuk, lada hitam bubuk, dan bawang putih bubuk secukupnya. Pastikan semua bahan dioleskan merata di semua sisi daging steak agar meresap dengan sempurna.
3.
Selanjutnya, semprotkan minyak zaitun atau olive oil ke permukaan daging steak untuk memberi efek caramelized pada steak.
4.
Siapkan dan panaskan dulu airfryer di suhu maksimal atau 200 derajat Celcius selama 8 menit.
5.
Setelah airfryer dipanaskan, masukkan daging steak dan masak dengan suhu maksimal atau 200 selama 3 menit.
6.
Setelah 3 menit pertama, balik daging steak ke sisi lainnya, lalu masak kembali selama 3 menit. Setelah kedua sisinya matang, angkat.
7.
Terakhir, tambahkan finishing butter di permukaan daging steak yang telah matang.
8.
Steak pun siap untuk disantap.

Tips Memilih Daging Steak

Kenikmatan steak yang dimasak akan sangat bergantung pada kualitas daging steak yang digunakan. Maka dari itu, pastikan Sayurfriends hanya menggunakan daging steak berkualitas saja untuk nantinya dimasak, baik itu dengan menggunakan airfryer seperti resep masak steak di atas atau pun memasaknya dengan cara biasa. Simak berikut ini beberapa tips memilihnya.

1. Pilih Daging dengan Marbling yang Banyak

Daging steak dengan marbling atau bintik putih yang banyak merupakan pilihan yang tepat untuk dimasak. Adanya marbling ini akan membuat daging steak yang dimasak jadi terasa lebih empuk dan segar. Saat dimasak, marbling akan meleleh sehingga cita rasanya pun bakal lebih meresap ke dalam daging.

2. Pilih Potongan Daging Steak yang Tepat

Tahukah Sayurfriends kalau tak semua potongan daging bisa dijadikan sebagai steak? Hanya daging di bagian tertentu saja yang bisa menghadirkan cita rasa lezat saat dijadikan steak, maka dari itu jangan sampai asal beli saja. Adapun potongan daging untuk steak yang bisa dipilih adalah tenderloin, sirloin, striploin, T-bone, dan ribeye. 

Ingin Beli Daging Steak Segar? Beli di Sayurbox Saja!

Setelah melihat resep di atas, Sayurfriends tentu ingin segera mempraktikkannya. Nah, pastikan daging steak yang nantinya dimasak dengan airfryer tersebut terjaga kualitasnya. Sayurfriends bisa beli daging segar dengan mudah dan praktis alias tak perlu ke luar rumah, dengan memesannya di Sayurbox.

Sayurbox menghadirkan aneka daging steak berkualitas seperti tenderloin, ribeye, dan lainnya dengan harga yang terjangkau. Pembelian bisa dilakukan secara online, yang nantinya daging steak akan langsung diantar ke alamat tujuan. Selain daging steak, Sayurfriends juga bisa beli aneka daging lainnya di Sayurbox.

Tak hanya untuk menggoreng bahan makanan biasa, namun ternyata airfryer juga bisa dipakai untuk memasak steak. Sayurfriends yang punya airfryer di rumah dan ingin mencobanya, bisa ikuti resep masak steak yang diberikan di atas. Percaya deh, steak yang dimasak tetap terasa juicy dan tentunya bahannya meresap dengan sempurna. Selamat mencoba, ya!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox