Resep Kimchi Jjigae, Paling Cocok jadi Teman Nonton Drakor

Kategori

Kuliner asal Korea Selatan memang selalu menarik untuk dicoba. Salah satunya adalah kimchi jjigae yang cocok dinikmati sambil bersantai dan nonton drakor. Ini merupakan sejenis sup yang direbus bersama kimchi dan menggunakan kuah pedas dari kimchi. Makanan ini cocok sekali dinikmati oleh para pecinta pedas. Yuk, simak seperti apa resep kimchi jjigae yang mudah dibuat di rumah dan rasanya bikin ketagihan!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/02/resep-kimchi-jjigae-960x540.jpg

Bahan yang Dibutuhkan

Pertama-tama siapkan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kimchi jjigae. Berikut ini adalah beberapa bahan yang perlu dipersiapkan:

·
Kimchi 350 gram.
·
Daun bawang 3 batang.
·
Tahu putih ukuran sedang 2 buah.
·
Daging sapi atau seafood 100 gram.
·
Gochujang 1 sdm.
·
Telur ayam 2 butir. 
·
Kaldu ayam secukupnya.
·
Kaldu jamur secukupnya.
·
Lada putih secukupnya.
·
Minyak wijen 2 sdm.

Sayurfriends bisa memilih daging sapi atau seafood untuk dijadikan campuran. Tinggal disesuaikan saja dengan selera. Jika memilih seafood, pilih jenis yang beragam misalnya udang, cumi, kerang, crab stick, dan lain sebagainya. Namun sebenarnya tanpa adanya daging maupun seafood juga makanan ini tetap bisa dinikmati. 

Bahan makanan yang bisa ditambahkan ke kimchi jjigae juga sangat beragam. Semua tergantung selera Sayurfriends. Pastikan untuk memilih bahan-bahan yang disukai agar menu ini terasa semakin lezat. Hindari bahan-bahan makanan yang memicu alergi dan pastikan semuanya dalam kondisi segar untuk menambah cita rasa kimchi jjigae

Cara Membuat

Proses membuat kimchi jjigae ini sangatlah mudah. Tak heran jika menu ini banyak direkomendasikan untuk para pecinta drakor yang ingin merasakan makanan khas Korea di rumah. Berikut adalah cara pembuatan kimchi jjigae yang bisa dicoba:

·
Potong kimchi menjadi ukuran kecil-kecil, untuk ukuran satu suapan. 
·
Masukkan potongan kimchi ke dalam panci lalu masukkan daging sapi atau seafood yang sebelumnya sudah dipotong-potong. 
·
Masukkan potongan daun bawang ke dalam panci.
·
Tambahkan bumbu mulai dari gochujang, minyak wijen, lada, serta kaldu penyedap. 
·
Masukkan air tawar secukupnya hingga semua bahan terendam. 
·
Nyalakan api sedang untuk memasak semua bahan di dalam panci. 
·
Siapkan tahu dan potong-potong kecil membentuk dadu. 
·
Masukkan 1 butir telur ke dalam sup kemudian aduk merata, tujuannya untuk membuat kuah jadi lebih kental. 
·
Telur satunya direbus di panci yang lain.
·
Setelah sup mendidih, letakkan potongan tahu di atas kimchi jjigae
·
Tambahkan telur yang sudah direbus sebagai topping
·
Setelah semua bahan matang, matikan api dan angkat panci. 
·
Sajikan kimchi jjigae selagi panas. 

Menu ini paling pas jika dinikmati sambil bersantai di tengah cuaca yang dingin. Rasanya yang pedas akan memberi kehangatan bagi tubuh. Orang Korea juga biasa menikmati sup ini langsung dari pancinya atau biasa disebut hot pot. Jika masih kurang pedas, bisa ditambahkan air cabai dari kimchi ke dalam kuah. 

Salah satu tips yang bisa diterapkan saat membuat kimchi jjigae ini adalah pilih jenis kimchi yang tepat. Pastikan kimchi sudah terfermentasi dengan sempurna. Selain itu, Sayurfriends bisa membuat kimchi sendiri agar bisa sesuai dengan selera pribadi. Namun jika tidak ada waktu untuk membuat sendiri, Sayurfriends bisa membeli kimchi yang dijual di pasaran. 

Kimchi jjigae akan jadi menu yang sangat cocok untuk dinikmati sambil nonton drakor. Rasanya yang pedas akan membangkitkan semangat Sayurfriends dalam mengikuti alur cerita drakor favorit. Tak ada salahnya untuk menambahkan topping berupa remahan rumput laut kering. Jangan lupa, sediakan minuman yang menyegarkan untuk meredakan rasa pedas dari makanan ini.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox