Resep Es Semangka India Viral, Cocok untuk Berbuka!

Kategori

Menu takjil yang manis dan segar memang selalu jadi incaran saat berpuasa. Beberapa waktu belakangan ini media sosial sempat dihebohkan dengan es semangka India. Banyak orang tertarik untuk mencoba, apalagi di bulan puasa seperti sekarang. Es semangka India yang sedang viral ini cocok sekali untuk dijadikan sebagai menu berbuka. Yuk, langsung coba resep es semangka India viral ini di rumah!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/04/resep-es-semangka-India-595x397.jpg

Resep Es Semangka India

Namanya mungkin terdengar biasa, es semangka. Namun perlu diketahui bahwa es semangka khas India ini dibuat dengan bahan-bahan khusus. Ada dua bahan yang menjadi kunci penting dalam pembuatan es semangka yaitu black rock salt atau garam hitam himalaya dan kewda. Garam hitam ini mengandung belerang yang memberikan rasa bau dan rasa lebih tajam. Sementara itu kewda adalah minyak aromatik yang dipakai sebagai penyedap makanan. 

Kewda dan garam hitam ini mungkin sulit dijumpai di Indonesia. Jika Sayurfriends ingin mencoba menu es semangka ini di rumah, maka ganti saja dua jenis bahan ini dengan bahan yang lain. Berikut adalah resep lengkap es semangka India yang bisa praktis untuk dicoba di rumah:

Bahan-Bahan:

·
200 g buah semangka
·
Garam secukupnya (sebagai pengganti garam hitam namun bisa juga tidak dipakai)
·
1/2 sdt essence atau perasa pandan (sebagai pengganti kewda dan bisa juga digunakan rebusan air daun pandan)
·
1 sdt daun mint kering
·
Sirup cocopandan atau sirup delima

Cara Membuat:

·
Ambil daging buah semangka dan buang bijinya lalu potong-potong menjadi bentuk dadu. 
·
Letakkan semua daging semangka yang sudah dipotong dadu ke dalam wadah. 
·
Masukkan garam, essence pandan, dan daun mint. 
·
Aduk sampai semua bahan tercampur rata.
·
Masukkan campuran bahan es semangka ke dalam freezer dan tunggu sampai setengah beku. 
·
Setelah setengah buku, keluarkan wadah lalu tuangkan es ke dalam gelas. 
·
Tambahkan sirup delima atau cocopandan
·
Aduk-aduk sampai rata dan sajikan. 

Segelas es semangka ini benar-benar bisa jadi takjil yang menyegarkan dahaga di bulan puasa. Sayurfriends juga bisa berkreasi sesuai selera. Misalnya dengan menambahkan bahan lain seperti biji selasih maupun nata de coco. Tinggal ditambahkan saja topping yang paling Sayufriends sukai. 

Manfaat Buah Semangka

Tidak hanya menyegarkan, buah semangka ternyata juga memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Jadi tak heran jika konsumsi buah semangka sebenarnya sangat disarankan, apalagi di bulan puasa ini. Berikut adalah beberapa manfaat buah semangka yang perlu Sayufriends pahami:

·

Mencegah Dehidrasi

Saat berpuasa, tubuh kita rentan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Konsumsi buah semangka sangat efektif membantu mencegah dehidrasi. Kandungan air dalam buah semangka begitu tinggi sehingga bisa menjadi sumber cairan yang baik bagi tubuh. 

·

Mencegah Radang

Radang juga menjadi salah satu gangguan kesehatan yang sering terjadi saat berpuasa. Konsumsi buah semangka bisa efektif mencegah terjadinya peradangan. Semangka mengandung likopen dan vitamin C yang akan mencegah peradangan.

·

Memperlancar Pencernaan

Orang berpuasa juga seringkali mengalami masalah pencernaan karena pola makan yang berantakan. Semangka bisa membantu memperlancar pencernaan selama berpuasa. Konsumsi semangka bisa mengurangi risiko sembelit dan konstipasi sehingga BAB jadi lebih lancar. 

Nah, Sayurfriends bisa langsung mencoba resep es semangka India viral ini di rumah saat berbuka puasa nanti. Selain segar dan rasanya enak, es semangka ini juga bisa memberi manfaat bagi tubuh. Pilihlah produk Semangka Merah Konvensional yang bisa Sayurfriends temui di Sayurbox. Kualitasnya bagus, warnanya merah segar, dan tentu saja rasanya manis sehingga cocok dijadikan es semangka untuk berbuka.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox