Resep Dimsum Ayam, Camilan Spesial Imlek

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2023/01/dim-sum-g9e720140a_1920-595x397.jpg

Image by Nicky Girly from Pixabay

Dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek 2023, Sayurbox ingin membagikan resep dimsum ayam untuk Sayurfriends agar perayaan Imlek kalian semakin spesial! Dimsum adalah hidangan tradisional dari Tiongkok yang muncul di era Dinasti Han dan melambangkan keberuntungan. Konon katanya nih, kalau kita makan dimsum saat Imlek, rezeki kita akan bertambah selama setahun ke depan. Wah, siapa sih yang nggak pengen cuan dan hoki di Tahun Kelinci ini?

Resep dimsum ayam yang Sayurbox bagikan ini cukup mudah dilakukan. Bahan-bahannya pun pasti mudah Sayurfriends temukan di supermarket atau pasar tradisional. Kalau mau lebih praktis, pesan saja di Sayurbox, kami siap antar!

Resep Dimsum Ayam untuk 4 Porsi

Bahan adonan dimsum:

400 gr daging ayam giling

150 gr udang kupas yang sudah dicincang

3 siung bawang putih, haluskan

1 sdm bawang merah, goreng dan haluskan

1 batang daun bawang yang sudah diiris tipis

1 sdm tepung terigu

3 sdm tepung sagu

2 butir telur

1 sachet Royco Kaldu Ayam

1/2 sdt lada putih bubuk

1/2 sdt gula pasir

1/2 sdt garam

3 sdm minyak wijen

Bahan tambahan:

20 lembar kulit pangsit atau kulit gyoza

70 gr wortel parut

Cara membuat:

1.
Aduk rata semua bahan adonan dimsum. Sisihkan.
2.
Ambil selembar kulit pangsit, isi dengan 1 sdt adonan dimsum. Bungkus dan lipat tepi kulit pangsit. Berikan topping wortel parut secukupnya. Ulangi langkah ini sampai adonan dimsum habis. Sisihkan.
3.
Oles kukusan dengan sedikit minyak agar tidak lengket, lalu panaskan. Setelah cukup panas, kukus dimsum ayam selama 30 menit atau sampai matang.
4.
Sajikan bersama saus cocolan sesuai selera.

Selama bahan-bahannya sesuai dan cara pembuatannya tepat, resep dimsum ayam ini dijamin tidak akan gagal. Selain itu, ada beberapa tips tambahan yang bisa Sayurfriends simak.

·
Supaya dimsum ayam terasa lebih gurih dan kenyal, pastikan Sayurfriends menggunakan daging giling yang berasal dari ayam bagian paha, ya! Sayurfriends juga bisa menambahkan kulit ayam supaya dimsum lebih berlemak.
·
Jangan mengukus dimsum terlalu lama. Proses pengukusan yang terlalu lama akan membuat daging ayam terasa kering.
·
Gunakan kulit dimsum yang tidak terlalu tebal. Sayurfriends juga bisa menggunakan kulit pangsit yang dikhususkan untuk membuat pangsit rebus.

Bagaimana? Resep dimsum ayam yang satu ini lumayan gampang, kan? Yuk, beli bahan-bahannya sekarang di Sayurbox. Selamat berkreasi dan selamat Tahun Kelinci!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox