Resep Cireng Nasi, Camilan yang Simple dan Super Hemat

Kategori
Siapa saja bisa menikmati camilan enak tanpa harus keluar modal banyak. Salah satu ide camilan enak, simple, dan murah yang bisa dicoba di rumah adalah cireng nasi. Dari namanya saja sudah cukup menarik, ya? Camilan simple ini ternyata sangat mudah untuk dibuat dan bahan-bahannya juga tak sulit untuk didapatkan. Yuk, cari tahu seperti apa resep cireng nasi agar bisa jadi camilan enak dan renyah di rumah!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/05/resep-cireng-nasi-595x335.jpg

Resep Membuat Cireng Nasi

Cireng adalah kependekan dari aci goreng. Sebenarnya ini menu jajanan yang sangat familiar di Indonesia. Cireng jadi salah satu camilan favorit karena enak dan bikin ketagihan. Nah, ternyata cireng bisa juga dibuat dari nasi. Jika Sayurfriends punya nasi sisa yang tidak dimakan di rumah, langsung saja berkreasi dengan resep cireng nasi yang satu ini!

Bahan Utama:

·
200 g nasi putih
·
1 batang daun bawang dipotong kecil-kecil
·
100 ml air mendidih
·
1/2 sdt garam
·
1/2 sdt penyedap rasa
·
6 sdm tepung sagu
·
1 sdt kaldu ayam bubuk

Bahan Bumbu Halus:

·
2 siung bawang putih
·
1 sdt ketumbar
·
5 buah cabai rawit

Cara Membuat:

·
Siapkan cobek dan gunakan untuk menghaluskan nasi putih.
·
Tambahkan bumbu halus, tepung sagu, daun bawang, penyedap rasa, kaldu ayam bubuk, dan garam.
·
Setelah diaduk sampai merata, tuangkan air panas ke dalam adonan.
·
Siapkan wajan dan panaskan minyak.
·
Bentuk adonan sesuai selera kemudian masukkan ke dalam minyak panas.
·
Goreng sampai kecokelatan lalu angkat dan tiriskan.
Tak butuh waktu lama untuk membuat menu camilan yang satu ini. Langkah-langkahnya mudah diikuti, bahannya mudah didapat, dan proses memasaknya cukup cepat. Sayurfriends tak perlu bersusah payah lagi untuk mendapat camilan yang enak sekaligus renyah.
Menu simple ini cocok sekali disajikan saat cuaca sedang dingin. Bisa jadi teman ngobrol, minum kopi, atau sajian camilan saat nonton film. Jangan lupa tambahkan juga saus sambal untuk membuatnya terasa semakin lezat.

Rahasia Membuat Tekstur Renyah

Salah satu tantangan dalam membuat cireng adalah bagaimana cara mendapatkan tekstur renyah dan kriuk. Rasa cireng tentu akan semakin enak jika ada tekstur renyahnya, bukan? Nah, Sayurfriends bisa menerapkan beberapa cara ini supaya bisa mendapatkan tekstur cireng yang benar-benar renyah:

1. Perhatikan Perbandingan Tepung dan Air

Tekstur renyah dari cireng bisa didapatkan jika perbandingan tepung dan airnya benar. Jika Sayurfriends memakai tepung sagu seperti resep di atas maka perbandingan tepung dan airnya adalah 1:2. Ingat, airnya harus air mendidih supaya adonan lebih mudah untuk dicampur rata.

2. Goreng dengan Teknik yang Benar

Usahakan untuk menggoreng cireng dengan teknik yang benar. Lebih disarankan untuk memasukkan adonan cireng saat minyak benar-benar dalam kondisi panas. Jangan membiarkan cireng terlalu lama di dalam minyak, langsung angkat saja setelah kecokelatan.

3. Langsung Sajikan

Demi menjaga teksturnya tetap renyah, lebih baik cireng langsung disajikan setelah selesai digoreng. Cireng yang baru saja digoreng pasti punya tekstur yang lebih renyah. Jangan dibiarkan di udara terbuka terlalu lama karena pasti akan memengaruhi teksturnya.
Langsung saja ikuti resep cireng nasi yang dibagikan di sini. Resep ini sangat mudah untuk diikuti bahkan jika Sayurfriends tak punya bakat memasak sekalipun. Dijamin camilan ini bikin betah di rumah dan membantu Sayurfriends lebih hemat uang jajan karena tak harus membeli di luar.