http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/IMG_0040-595x305.jpg
Ilustrasi Cilung. Sumber: Instagram/Heytheresia
Siapa nih yang udah besar tapi masih hobi cari-cari Cilung di sekolahan? Tekstur cilung yang kenyal emang ngangenin, apalagi ditambah dengan taburan serundeng atau siraman saus  yang bikin ketagihan.
Nama cilung sendiri berasal dari singkatan aci digulung. Olahan ini berasal dari Jawa Barat dan terkadang disebut juga Papeda di sekolahan, walaupun berbeda dengan Papeda khas Papua. Kalau papeda terbuat dari tepung sagu, Cilung terbuat dari campuran tepung tapioka (aci) dan telur.
Udah muter ke sekolah satu ke sekolah lainnya, eh nggak ketemu penjual Cilung keliling? Sayurfriends gak perlu sedih! Bikin Cilung gampang banget lho. Nih, MinSay kasih resep Cilung Serundeng ala sekolahan yang bisa Sayurfriends coba di rumah!

Bahan-bahan Cilung

·
2 butir telur
·
60 gram tepung tapioka/aci
·
150ml air
·
Garlic powder secukupnya
·
Lada bubuk secukupnya
·
Garam secukupnya
·
Saus & serundeng untuk topping sesuai selera
·
Tusuk sate

Cara Membuat Cilung

1.
Kocok telur hingga tercampur putih dan kuningnya
2.
Di wadah lain, larutkan tepung dengan air
3.
Tambahkan semua bahan bumbu dalam larutan tepung, aduk rata
4.
Panaskan sedikit minyak di atas teflon
5.
Tuang sesendok sayur telur yang sudah dikocok tadi di bagian tengah teflon, kemudian tambahkan sesendok sayur larutan tapioka
6.
Gulung menggunakan tusuk sate, angkat dan letakkan di piring
7.
Ulangi hingga adonan habis, lalu tambahkan topping serundeng atau saus sesuai selera
Horeeee selesai! Siap dimakan deh cilung maknyus yang gak kalah sama bikinan abang-abang keliling di sekolahan. Gimana Sayurfriends, gampang banget kan? Daripada kesel ga ketemu abang Cilungnya, mending kita coba belanja bahannya di
dan bikin Cilung sendiri di rumah yuk!
(Baca juga: 
)
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox