Resep Brokoli Daging Siram Simpel, Makan di Rumah Serasa di Resto

Kategori
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/Resep-Brokoli-Daging-Siram-595x335.jpg
Menu olahan daging memang gak ada habisnya. Seperti kali ini, Sayurfriends bakal diajak untuk membuat brokoli daging siram di rumah. Paduan daging sapi dan brokoli yang disiram dengan kuah kental kaya rempah, dijamin bakal membuat nafsu makan jadi bertambah berkali-kali lipat. Bagi yang sudah gak sabar lagi, yuk cari tahu bagaimana cara membuat sajian nikmat tersebut di bawah ini.

Bahan-Bahan:

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/JKT_ELDP-Weekly-Meal-Plan_FF_Campaign_Agustus-2022_Section-1-1-595x298.jpg

Cara Membuat:

1.
Potong brokoli menjadi beberapa bagian. Bagian batang brokoli dikupas terlebih dahulu kulitnya, lalu diiris dengan ketebalan sesuai selera.
2.
Siapkan wadah berisi air secukupnya, lalu masukkan potongan brokoli ke dalamnya. Taburkan sejumput garam, aduk rata. Rendam brokoli selama beberapa menit.
3.
Panaskan air hingga mendidih, lalu rebus potongan brokoli selama 5 hingga 7 menit. Angkat dan tiriskan. Sisihkan.
4.
Iris tipis bawang bombai. Sisihkan.
5.
Geprek bawang putih, lalu cincang halus. Sisihkan.
6.
Dalam wadah berukuran kecil, campurkan bahan bumbu kuah berupa 30 mililiter air, saus tiram, kecap asin, dan minyak wijen. Aduk rata. Sisihkan.
7.
Panaskan sedikit minyak wijen di wajan, lalu tumis irisan bawang bombai hingga layu.
8.
Masukkan bawang putih cincang ke dalam tumisan, lalu tumis hingga aromanya harum.
9.
Masukkan potongan daging ke dalam tumisan, lalu aduk rata. Masak hingga daging berubah warna.
10.
Tuangkan bumbu kuah yang telah diracik sebelumnya ke dalam tumisan, lalu aduk rata. Masak hingga tekstur daging lembut.
11.
Masukkan lada hitam, aduk rata.
12.
Larutkan tepung maizena dengan 3 sendok makan air, lalu masukkan ke dalam wajan. Aduk rata hingga tekstur kuah mengental. Koreksi rasa. Jika sudah pas, angkat.
13.
Masukkan potongan brokoli ke dalam mangkok atau piring, lalu siram dengan kuah berisi potongan daging.
14.
Sebagai finishing, taburkan biji wijen sesuai selera.
15.
Brokoli daging siram pun siap untuk disantap. Makin nikmat jadi lauk pendamping nasi putih hangat.
Baca juga:

Cara Menyimpan Brokoli agar Tetap Segar

Saat membuat menu brokoli daging siram ini nanti, Sayurfriends direkomendasikan untuk menggunakan brokoli yang masih segar. Brokoli segar akan terasa gurih saat digigit, sehingga cita rasa keseluruhan dari menu ini pun akan jadi sempurna. Agar brokoli tetap bisa segar kondisinya sebelum dimasak, Sayurfriends bisa ikuti beberapa tips jitu berikut ini.

1. Pilih dan Beli Brokoli yang Masih Segar

Jika Sayurfriends ingin mempertahankan kesegaran brokoli, tentu saja Sayurfriends harus membeli brokoli yang segar terlebih dahulu. Brokoli yang segar bisa diketahui dari beberapa cirinya, seperti bagian kepala atau bonggolnya yang berwarna hijau tua, bentuk batang dan bonggolnya yang kokoh, serta kuncupnya yang tertutup rapat.
Jika Sayurfriends menemukan brokoli yang warnanya sudah menguning dan kuntumnya sudah layu, itu tandanya brokoli tersebut sudah gak segar lagi. Ciri brokoli yang seperti ini juga jadi tanda kalau brokoli tersebut sudah lama dipetik. Oleh sebab itu, perhatikan benar tanda brokoli yang segar sebelum membelinya atau langsung beli di Sayurbox saja. Terjamin kualitasnya!

2. Rendam Bagian Ujung Batang Brokoli

Agar bisa mempertahankan kesegaran brokoli, Sayurfriends bisa mencobakan cara layaknya menjaga kesegaran bunga dengan merendam tangkainya. Siapkan gelas berisikan air, lalu rendam bagian batang brokoli dalam air tersebut. Kemudian, letakkan gelas berisikan brokoli tersebut di dalam kulkas. Cara satu ini bisa menjaga kesegaran brokoli hingga sekitar 5 hari.

3. Simpan di Dalam Plastik dengan Sedikit Akses Udara

Brokoli juga bisa disimpan di dalam plastik untuk mempertahankan kesegarannya. Namun, pastikan untuk menyisakan sedikit lubang atau celah, sebagai tempat pertukaran udara. Adanya celah udara ini untuk mengeluarkan gas etilen, gas yang berfungsi untuk mempercepat proses pembusukan. Sebelum menyimpannya dalam plastik, Sayurfriends bisa potong brokoli terlebih dahulu.

4. Cuci Brokoli Sebelum Disimpan

Agar kesegarannya tetap bisa terjaga, baiknya Sayurfriends cuci dulu brokoli sebelum menyimpannya di dalam kulkas. Air yang digunakan untuk membersihkannya nanti adalah antara air garam atau air hangat. Rendam brokoli dalam air tersebut untuk menghilangkan ulat dan kotoran yang melekat pada brokoli. Setelah direndam, keringkan dan simpan brokoli di kulkas.
Baca juga:

5. Pisahkan Brokoli dari Sayuran Lainnya

Agar bisa tetap awet dan segar, Sayurfriends direkomendasikan untuk memisahkan brokoli dari sayuran lainnya saat disimpan di dalam kulkas nanti. Mengapa demikian? Alasannya adalah karena gas etilen yang diproduksi oleh sayuran lain, juga bisa memicu pembusukan pada brokoli. Sayurfriends bisa menyimpan brokoli di tempat tersendiri di dalam kulkas, misalnya saja di
freezer
.
Itulah tadi resep brokoli daging siram yang bisa dengan mudah Sayurfriends
recook
sendiri di rumah. Meskipun dibuat di rumah dengan bahan yang cukup sederhana, cita rasanya dijamin gak bakal kalah lezat dibandingkan dengan yang disajikan oleh banyak restoran di luar sana. Jangan lupa untuk stok nasi putih hangat saat masak menu ini, karena sepiring saja gak bakal cukup.
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox