Resep Bawang Goreng yang Renyah dan Gurih Hanya dengan 9 Langkah Mudah

Kategori
Kehabisan stock bawang goreng di rumah? Saat makan pasti rasanya menjadi kurang nikmat tanpa tambahan bawang goreng di atas nasi. Tak perlu jauh-jauh membelinya, kamu juga bisa, lho, membuat bawang goreng di rumah. Selain hemat, bawang goreng buatan sendiri juga pasti terasa lebih nikmat karena rasanya bisa disesuaikan dengan seleramu. Yuk, simak ini resep bawang goreng yang renyah dan gurih hanya dengan 9 langkah mudah.

Ini resep bawang goreng yang renyah dan gurih

1. Pilih bawang merah yang ukurannya cukup besar

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/red-shallots-5773_1920-1-595x446.jpg
Pilih bawang merah yang ukurannya cukup besar. (Foto: Pixabay)
Jenis bawang merah dan ukuran yang kamu pilih untuk membuat bawang goreng sangat berpengaruh terhadap hasil akhitnya. Supaya lebih nikmat, pilih bawang merah yang berukuran cukup besar. Pastikan juga bawang yang kamu pilih masih segar dan memiliki kadar air yang rendah supaya nanti hasil bawang goreng buatanmu lebih renyah.

2. Kupas bawang merah lalu cuci di bawah air mengalir

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/bulb-1238341_1920-595x398.jpg
Kupas bawang merah lalu cuci di bawah air mengalir. (Foto: Pixabay)
Setelah memilih bawang yang sesuai ukuran, selanjutnya kupas bawang dari kulitnya. Pastikan semua bawang sudah terkupas dan kulitnya hingga bersih. Kemudian cuci bawang di air mengalir agar lebih bersih dari kuman yang bisa menyebabkan berbagai masalah pencernaan.

3. Siapkan bahan-bahan pelengkap bawang goreng

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/red-shallots-5775_1920-1-595x446.jpg
Siapkan bahan-bahan pelengkap bawang goreng. (Foto: Pixabay)
Resep bawang goreng selanjutnya, selain bahan utama berupa bawang merah, kamu juga membutuhkan beberapa bahan pelengkap lainnya. Diantaranya adalah air putih, 1 sdm garam, 1 sdm tepung maizena, dan minyak goreng secukupnya.

4. Iris bawang merah tipis-tipis

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/onion-276590_1920-595x397.jpg
Iris bawang merah tipis-tipis. (Foto: Pixabay)
Jika semua bahan telah disiapkan, kini saatnya memulai proses memasak bawang goreng. Langkah pertama yaitu mengiris bawang merah hingga ukurannya sesuai untuk bawang goreng. Saat pengiris bawang merah pastikan ukurannya tidak terlalu tebal tapi tidak juga terlalu tipis. Pasalnya, jika terlalu tebal nanti tekstur bawang goreng menjadi lembek dan tidak renyah. Supaya hasil irisannya sesuai dan sama rata, kamu bisa coba menggunakan slicer atau alat pengiris bawang agar lebih praktis.

5. Rendam bawang dengan air garam

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/burhan-rexhepi-gAIhUvHv0f0-unsplash-595x446.jpg
Rendam bawang dengan air garam. (Foto: Unsplash)
Semua bawang sudah diris dengan ukuran yang sama rata, selanjutnya rendam bawang merah dengan air garam sebelum digoreng. Siapkan wadah berisi satu liter air dna campurkan dengan 1 sdm garam. Lalu, rendam bawang merah kurang lebih 30 menit. Cara ini dapat membuat rasa bawang goreng menjadi lebih gurih dan teksturnya juga menjadi lebih renyah.
Ingin membuat bawang goreng sendiri di rumah? Yuk, beli bawang merahnya di Sayurbox! Masih ada empat langkah lagi untuk membuat bawang goreng yang renyah dan gurih.

6. Taburkan tepung bawang merah dan diamkan hingga meresap

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/red-shallots-5768_1920-1-595x446.jpg
Taburkan tepung bawang merah dan diamkan hingga meresap. (Foto: Pixabay)
Setelah direndam dengan air garam, kemudian tiriskan bawang. Kemudian, campurkan bawang merah dengan tepung maizena. Cukup taburkan 1 sdm tepung maizena untuk satu kilogram bawang merah. Lalu aduk hingga merata dan semua bagian bawang merah terlapisi tepung maizena. Selainjutnya, diamkan adonan ini selama beberapa menit.

7. Keringkan bawang merah selama 30 menit

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/onion-1430062_1920-595x446.jpg
Taburkan tepung dan diamkan hingga meresap. (Foto: Pixabay)
Jika seluruh permukaan bawang merah sudah terlapisi tepung maizena, selanjutnya adalah menjemur bawang sebelum digoreng. Letakkan bawang merah secara merata di atas wadah. Lalu diamkan selama satu hingga dua jam. Cara ini berguna untuk membuat kadar air di dalam bawang berkurang dan menjadi terasa lebih renyah ketika digoreng. Resep bawang goreng ini sangat cocok untuk kamu yang suka tekstur makanan yang garing.

8. Goreng bawang hingga berwarna cokelat keemasan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/dean-david-bidustXiliw-unsplash-595x420.jpg
Goreng bawang hingga berwarna cokelat keemasan. (Foto: Unsplash)
Langkah selanjutnya adalah menggoreng bawang. Gunakan minyak goreng secukupnya hingga bisa merendam semua permukaan bawang. Masukkan bawang merah saat minyak sudah setengah panas. Goreng bawang dengan api kecil agar tidak cepat gosong.
Saat menggoreng bawang merah jangan lupa juga untuk sambil diaduk agar matangnya merata. Angkat bawang saat sudah berwarna cokelat keemasan. Tiriskan segera setelah berwarna cokelat keemasan, pasalnya hawa panas yang tertinggal pada bawang dapat membuatnya terlalu matang jika didiamkan.

9. Tiriskan bawang lalu masukan ke toples

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/onion-3495043_1920-595x397.jpg
Tiriskan bawang lalu masukan ke toples. (Foto: Pixabay)
Setelah diangkat, jangan buru-buru memasukan bawang goreng ke toples. Sebaiknya, tiriskan bawang terlebih dahulu di atas peniris hingga kandungan minyaknya berkurang. Lalu, letakkan bawang goreng di atas kertas minyak hingga semua minyaknya terserap. Jika, minyak sudah terserap sempurna, lalu masukan ke dalam toples dan tutup rapat supaya tekstur renyahnya tetap terjaga.
Jadi, mudah bukan untuk membuat bawang goreng? Yuk, beli bawang merah segar di Sayurbox!