http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/Grilled-Chicken-with-Strawberry-Salsa-595x893.jpg

Pinterest / Erin Clarke

Si buah merah menggoda alias Strawberry emang bisa bangkitin jiwa kreatif di dapur! Gak cuma dijus atau dinikmatin langsung, strawberry bisa banget diolah jadi berbagai makanan. Mulai dari makanan pembuka hingga penutup, dari yang gurih hingga manis, semua bisa! Bahkan olahan strawberry yang cocok buat diet kalori juga banyak lho! Nih, MinSay punya resep 5 olahan strawberry seru yang wajib kamu coba kreasiin di rumah, 3 diantaranya rendah kalori! Intip yuk!

1. Dada Ayam Panggang dengan Strawberry Avocado Salsa

Siapa bilang strawberry ga bisa dikombinasiin & dijadiin bahan hidangan utama yang gurih? Kamu harus coba rasain sendiri kombinasi sempurna gurih & seger dada ayam panggang disiram sasus strawberry & alpukat! Yuk coba bikin!

Bahan Ayam

·
1 kg dada atau paha ayam tanpa kulit & tanpa tulang, bersihkan dari lemak berlebih
·
1 sendok makan kulit jeruk nipis (lime zest) dari kurang lebih 2 buah jeruk nipis
·
Air jeruk nipis segar dari buah jeruk nipis yang sama
·
2 sendok makan minyak zaitun extra virgin & sedikit tambahan untuk meminyaki panggangan
·
2 siung bawang putih cincang
·
1,5 sendok teh madu
·
1/2 sendok teh garam
·
1/4 sendok teh lada hitam bubuk
·
1/4 cangkir daun ketumbar segar cincang (cilantro)

Bahan Topping Strawberry Avocado

·
3 siung bawang merah kecil, potong dadu (sekitar 1/4 cangkir)
·
1 cangkir strawberry potong dadu
·
1 buah medium jalapeno atau cabai lain sesuai selera, buang bijinya
·
2 sendok makan daun ketumbar potong (cilantro)
·
2 sendok makan air jeruk nipis
·
1/2 sendok teh madu
·
1/4 sendok teh garam atau sesuai selera
·
1 buah alpukat ukuran sedang, potong-potong

Cara Membuat

1.
Taruh dada ayam di atas talenan dan tutup masing-masing dengan selembar plastik besar
2.
Tumbuk daging dengan ringan menggunakan palu hingga ketebalan merata agar kematangannya juga merata
3.
Taruh dada ayam dalam wadah atau kantung ziptop
4.
Campurkan kulit jeruk nipis, air jeruk nipis, minyak zaitun, bawang putih, madu, garam, lada & daun ketumbar ke dalam mangkuk kecil dan aduk hingga tercampur rata
5.
Tuangkan campuran ke daging ayam, tutup kantungnya dan pijat-pijat hingga campuran melumuri semua bagian daging secara merata.
6.
Masukkan dalam kulkas selama satu jam hingga satu hari, sambil sesekali di bolak-balik
7.
Kalau sudah mau dipanggang, keluarkan dulu daging ayam dan diamkan di suhu ruang selama minimal 10 menit.
8.
Panaskan pemanggang outdoor atau panci pemanggang dengan suhu 200°C hingga 250°C
9.

Sambil menunggu pemanggang panas, kita buat _topping-_nya yuk! Masukkan bawang merah ke dalam mangkuk kecil dan siram dengan sedikit air panas.  Kamu bisa skip tahap ini jika suka bawang merah mentah saja.

10.
Ambil mangkuk lain, tambahkan strawberry, bawang merah tadi, jalapeno, cilantro, air jeruk nipis, madu, dan 1/4 sendok teh garam.
11.

Masukkan alpukat lalu icipi. Tambahkan garam atau madu sesuai selera.

12.
Olesi panggangan dengan minyak. Masak hingga matang atau sesuai selera. Kalau kamu punya termometer masak, masak hingga 70-75°C atau sekitar 8-12 menit sambil sesekali dibalik.
13.
Kalau sudah selesai, letakkan di atas piring dan diamkan selama 5 menit.
14.
Tambahkan topping strawberry ke atas potongan-potongan daging ayam

Ayam panggang gurih dengan topping salsa strawberry alpukat siap kamu nikmati!

2. Ayam Strawberry BBQ

Resep yang tadi terlalu rumit? Jangan khawatir, MinSay masih punya resep ayam panggang saus strawberry yang lebih mudah tapi gak kalah lezat! Intip resepnya di bawah ini!

Bahan-bahan

·
2 sendok makan minyak canola atau minyak nabati lainnya
·
4 bagian dada ayam tanpa kulit tanpa tulang (masing-masing 6 ons)
·
2 sendok makan butter
·
1/4 cangkir bawang merah cacah
·
1 cangkir saus BBQ
·
2 sendok makan gula palem
·
2 sendok makan cuka balsamik
·
2 sendok makan madu
·
1 cangkir strawberry segar, iris

Cara Membuat

1.
Panaskan oven hingga 180 derajat celcius.
2.
Siapkan pan oven, beri minyak dan panaskan.
3.
Panggang ayam dan matangkan kedua sisinya, singkirkan dari pan
4.
Di dalam wajan yang sama, panaskan mentega di atas api sedang-tinggi.
5.
Tambahkan bawang, masak dan aduk sampai empuk, sekitar 1 menit.
6.
Campurkan saus barbekyu, gula merah, cuka dan madu. Didihkan.
7.
Kecilkan api, masak tanpa tutup sampai mengental sekitar 4-6 menit.
8.
Masukkan kembali ayam ke wajan.
9.
Panggang hingga 75 derajat celcius, sekitar 12-15 menit.
10.
Masukkan stroberi dan aduk.

Jadi deh! Ayam panggang dengan saus barbekyu strawberry siap kamu nikmatin!

3. Strawberry Oatmeal Pudding

Sekarang, giliran MinSay bagi-bagi resep olahan strawberry yang rendah kalori. Pertama, ada strawberry oatmeal pudding nih! Oatmeal memang jadi salah satu bahan andalan buat pejuang diet rendah kalori ya, Sayurfriends. Strawberry & oatmeal bisa jadi pasangan yang sempurna buat dessert rendah kalori. Nih, bahan-bahan & langkah-langkah bikinnya:

Bahan-bahan

·
1 bungkus agar-agar bubuk tanpa rasa atau rasa strawberry (sesuai selera)
·
2 sendok makan gula pasir
·
2 sendok makan kental manis putih
·
4 sendok makan oatmeal
·
4 buah strawberry, blender halus 3 buah
·
800 ml air

Cara Membuat

1.
Campurkan agar-agar bubuk, gula pasir, dan susu kental manis ke dalam panci, lalu tambahkan air perlahan-lahan sambil diaduk.
2.
Masak dengan api kecil, teruskan mengaduk hingga tercampur rata.
3.
Masukkan 3 sendok makan oatmeal, aduk hingga mendidih dan mengental.
4.
Tambahkan strawberry yang telah dihaluskan, aduk hingga rata.
5.
Matikan api, lalu tuang adonan pudding ke dalam loyang atau cetakan pudding
6.
Diamkan hingga dingin dan mengeras.

Setelah mengeras, potong-potong pudding dulu sebelum disantap ya! Sayurfriends juga bisa menambahkan 1 sendok makan oatmeal atau sisa irisan buah strawberry. Yummy!

4. Strawberry Soy Smoothie

Kalau bosan dengan smoothies dengan susu sapi, Sayurfriends bisa mencoba resep ini! Susu soya atau kedelai juga relatif lebih rendah kalorinya dibandingkan susu sapi lho. Berikut banhan-bahan & cara membuatnya.

Bahan-bahan

·
1 buah pisang matang. potong-potong
·
5-10 buah strawberry, cuci & lepaskan daunnya
·
1 cangkir susu soya rendah lemak
·
2 sendok makan madu murni

Cara Membuat

1.
Cuci strawberry hingga bersih dan lepaskan daunnya
2.
Potong-potong pisang
3.
Campurkan semua bahan dan blender hingga halus

Jadi deh! Smoothies lembut dengan rasa ringan dan seger ini selain rendah kalori, juga menyehatkan tentunya.

5. Strawberry Frozen Yogurt

Resep terakhir dan paling mudah nih! Buat kamu yang gak bisa lepas dari produk olahan susu sapi, jangan khawatir. Kamu tetep bisa bikin olahan strawberry & olahan sapi yang rendah kalori tapi tetep nyegerin. Kamu bisa bikin strawberry frozen yogurt cuma dengan 2 bahan! Cukup haluskan dengan blender 125 gram buah Stroberi segar yang sudah dicuci bersih, lalu campurkan dengan greek yogurt sugar-free secukupnya. Setelah itu, letakkan dicetakan apa saja yang Sayurfriends punya, lalu bekukan di dalam freezer selama kurang lebih dua jam. Jadi deh! Mudah banget kan?

Mau coba bikin olahan strawberry apa?

Kalau udah siap mau berkreasi, jangan lupa belanja bahan-bahannya ya! Mulai dari yogurt, oeatmeal hingga susu soya, semua bisa kamu beli dari Sayurbox. Manfaatkan juga tebus murah strawberry hanya Rp 1000,- di tebus murah Sayurbox.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/SAYURBOX_STRAWBERRY-SWEETHEART-CAMPAIGN_DIGI-ADS_1200x628-595x311.jpg

Klik tebus murah untuk info lebih lanjut dan klik sayurbox untuk belanja!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox