7 MANFAAT TERONG UNGU UNTUK KESEHATAN YANG PERLU KITA TAHU

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/eggplant-73906_1920-595x446.jpg

Terong ungu memiliki banyak manfaat dan kebaikan untuk kesehatan. (Foto: Pixabay)

Hai Sayurfriends, apakah kamu termasuk penggemar terong ungu? Kalau iya, kamu beruntung! Ternyata faktanya, terong memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Terong ungu memiliki manfaat untuk tubuh dan kesehatan kita karena mengandung antioksidan, vitamin, hingga mineral. Selain memiliki banyak manfaat, terong ungu juga bisa diolah menjadi berbagai menu masakan yang lezat juga, lho.

Sebelum mengolah terong ungu menjadi masakan yang kamu suka, yuk, kita simak pembahasan tentang 7 manfaat terong ungu berikut ini:

1. Bisa Menurunkan Berat Badan

Buat kamu yang sekarang lagi semangat-semangatnya menurunkan berat badan, rutin mengonsumsi terong ungu bisa membantumu untuk mengurangi lemak dalam tubuhmu juga, lho. Hal ini dapat terjadi karena terong ungu kaya akan serat, sehingga berdampak pada tubuh kita yang merasa kenyang lebih lama. Jadi, gak cepet laper, deh.

2. Bikin Pencernaan Lancar

Manfaat terong ungu selanjutnya adalah dapat membantu usus dan fungsi pencernaan kita karena terong cukup kaya serat dan antioksidan. Hal ini dapat dibuktikan karena orang yang rutin mengonsumsi terong ungu lebih mudah buang air besar dibanding mereka yang tidak mengonsumsi terong ungu.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Menurut penelitian, terong ungu diketahui juga mengandung vitamin K dan Kalsium, sehingga hal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang kita sekaligus menghindarkan dari berbagai penyakit yang berkaitan dengan tulang. Selain itu, terong ungu juga mengandung fosfor hingga vitamin A dan vitamin C.

4. Baik Untuk Jantung

Kamu pernah nyangka gak? Ternyata terong ungu memiliki manfaat yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Kok, bisa? Karena terong ungu kaya akan mineral, magnesium, serat, dan asam lemak omega 3 yang mempunyai kemampuan dalam menjaga kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh kita.

5. Bisa Mencegah Kanker

Terong ungu juga memiliki kandungan senyawa bioaktif yang mampu mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh beberapa penyakit yang berbahaya.

Menurut salah satu penelitian, penyakit seperti kanker payudara, kandung kemih, lambung, hingga prostat. Namun perlu diingat, sampai saat ini penelitian tentang manfaat terong ungu masih terus berlangsung hingga sekarang.

6. Menjaga Gula Darah Dalam Tubuh

Bagi para pengidap diabetes, dalam sebuah penelitian ditemukan fakta bahwa orang yang mengonsumsi terong ungu setiap hari selama satu bulan memperlihatkan penurunan resistensi insulin yang secara signifikan membuat kondisi orang yang menderita diabetes tipe 2 kondisinya membaik.

7. Melindungi Tubuh dari Bakteri

Sebenarnya terong ungu masih banyak memiliki manfaat lain untuk tubuh manusia, namun yang cukup penting untuk kita ketahui adalah hasil dari sebuah penelitian yang menyatakan bahwa antioksidan dalam terong ungu, misalnya nasunin dan asam klorogenat, memiliki efek antibakteri yang bisa melindungi tubuh dari infeksi bakteri.

Beberapa bakteri yang dimaksud diantaranya adalah Escherichia coli, Staphylococcus aureus, dan Pseudomonas aeruginosa. Meski begitu, studi tersebut masih terbatas di laboratorium sehingga penelitian lebih lanjut masih perlu dikembangkan untuk memastikan manfaat terong ungu.

Nah, itu tadi adalah 7 manfaat terong ungu yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Kira-kira, kamu sudah kepikiran untuk masak terong ungu dalam sajian apa, nih?

Jangan lupa untuk selalu menggunakan terong ungu yang masih segar, ya, biar manfaatnya lebih terasa.

Untuk mencari stok terong ungu yang fresh dan terjamin kualitasnya, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di Sayurbox, lho.

Jadi, kamu tidak perlu repot lagi membeli terong ungu di luar rumah. Tunggu apalagi? BELI TERONG UNGU DI SINI!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox