Tidak Hanya Enak, Ternyata Ini 12 Manfaat Nanas Madu untuk Kesehatan

Nanas madu adalah salah satu buah yang hidup di negara tropis. Buah ini memiliki perpaduan rasa asam dan manis yang segar, sehingga tak heran jika buah yang satu ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Nanas madu juga memiliki banyak kandungan air serta kaya akan vitamin dan kandungan gizi yang tinggi. Ada banyak manfaat nanas madu, beberapa diantaranya nanas madu mengandung vitamin A dan C yang merupakan sumber antioksidan. Selain itu, nanas madu juga memiliki kandungan fosfor, zinc, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, serat, dan mangan.

Berbeda dengan buah nanas pada umumnya, nanas madu memiliki rasa yang lebih manis dan bentuk buah yang sedikit lebih kecil. Namun, kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya mirip dengan buah nanas biasa, yaitu rendah kalori dan kaya akan vitamin C. Penasaran apa saja manfaat dari nanas madu? Tidak hanya enak, ini 12 manfaat nanas madu untuk kesehatan.

Ini manfaat nanas madu untuk kesehatan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/brooke-lark-3A1etBW5cBk-unsplash-595x366.jpg

Manfaat Nanas Madu untuk Kesehatan. (Foto: Pexels)

1. Kaya akan antioksidan

Manfaat nanas madu yang pertama yaitu, kaya akan antioksidan sehat. Antioksidan sendiri merupakan molekul yang membantu tubuh melawan stres oksidatif. Stres oksidatif adalah keadaan di mana ada terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas berinteraksi dengan sel-sel di dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan kerusakan yang terkait dengan peradangan, sistem kekebalan tubuh yang melemah, serta penyakit berbahaya lainnya. Nah, nanas madu sangat kaya akan antioksidan berupa vitamin A dan C yang dapat efektif melawan radikal bebas tersebut.

2. Mampu mengontrol kesehatan pencernaan

Manfaat nanas madu yang cukup penting yaitu mampu mengontrol kesehatan pencernaan. Nanas madu mengandung enzim bromelain yaitu senyawa yang berfungsi sebagai protease untuk memecah molekul protein menjadi asam amino dan peptide.

Setelah molekul protein tersebut dipecah, maka akan lebih mudah diserap di usus kecil. Hal ini dapat sangat membantu bagi orang-orang yang kekurangan pankreas, suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat enzim pencernaan yang cukup baik.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang-orang dengan kekurangan pankreas memiliki pencernaan yang lebih baik setelah mengonsumsi suplemen enzim pencernaan yang mengandung enzim bromelain dibandingkan dengan mengonsumsi suplemen enzim pencernaan yang sama tanpa bromelain.

3. Dapat mencegah penyakit asma

Nanas madu juga mengandung beta-karoten yang dapat membantu menurunkan risiko peradangan pernapasan dan asma. Racun, gizi buruk, polusi, dan stres memainkan peran besar dalam perkembangan asma. faktor-faktor tersebut menyebabkan peradangan, tetapi untungnya salah satu manfaat nanas madu adalah dapat membantu mengurangi peradangan melalui kemampuan detoksifikasi yang dimilikinya.

4. Mencegah kanker payudara

Manfaat nanas madu selanjutnya adalah dapat mencegah kanker payudara pada wanita. Untuk mencegah datangnya gejala penyakit ini, kamu bisa mengonsumsi nanas madu secara rutin. Sebab, nanas madu mengandung senyawa antioksidan yang bisa mencegah jenis kanker yang menyerang wanita satu ini. Selain itu, nanas madu juga mengandung enzim bromelain yang dapat membunuh sel-sel kanker di dalam tubuh.

5. Menstabilkan kolesterol

Manfaat nanas madu selanjutnya adalah untuk menstabilkan kolesterol. Nanas madu mengandung vitamin C yang berfungsi untuk menstabilkan kadar kolesterol di dalam darah. Vitamin C juga mampu memberikan efek kekebalan tubuh dari penyakit maupun virus.

6. Menurunkan gula darah

Rutin mengonsumsi nanas madu juga sangat disarankan untuk penderita penyakit gula. Sebab, jenis nanas yang satu ini mengandung mangan yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah, sekaligus dapat mencegah diabetes. Mengonsumsi nanas madu juga bagus untuk mengatasi gangguan sistem metabolisme.

Ingin mencoba manfaat nanas madu? Kamu bisa membeli nanas madu segar dan berkualitas di Sayurbox. Y__uk, cek produknya sekarang!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/PROMO-NANAS-PISANG-5000_BLOG-595x292.jpg

7. Sumber vitamin dan mineral

Manfaat nanas madu selanjutnya adalah sebagai sumber vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada beberapa jenis vitamin dalam nanas madu, yaitu vitamin A dan C. Tubuh manusia membutuhkan vitamin serta mineral setiap harinya. Untuk itu, mengonsumsi nanas madu tentu sangat disarankan.

8. Mencegah osteoporosis

Nanas madu juga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis. Hal ini dikarenakan buah yang satu ini mengandung zat yang baik untuk kesehatan tubuh dan tulang, yaitu fosfor dan kalium. Selain itu, nanas madu juga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh para olahragawan agar kondisi tubuhnya selalu sehat dan kuat.

9. Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat nanas madu yang satu ini datang dari kandungan vitamin C dan antioksidan yang dimilikinya. Nanas madu dapat menyehatkan serta memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi. Selain itu, nanas madu juga dipercaya mampu membantu kulit dalam pembentukan kolagen. Kulit kamu pun akan terbebas keriput dan terhindar dari masalah kulit pada umumnya.

10. Meningkatkan kesehatan mata

Selain untuk kulit, nanas madu yang kaya yang akan vitamin A ini juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Seiring bertambahnya usia, sel-sel mata cenderung rusak. Nah, agar tetap sehat, meningkatkan asupan vitamin A bisa menjadi salah satu solusinya. Rajin mengonsumsi nanas madu dapat membantu meningkatkan kesehatan mata.

11. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Manfaat nanas madu selanjutnya yaitu meningkatkan kesehatan gigi dan gusi. Cukup mengonsumsi beberapa potong nanas madu, maka dapat membantu menjaga kesehatan rongga mulut. Kamu dapat mengonsumsi buahnya secara langsung, dijus, maupun dijadikan sebagai campuran puding dan es buah.

12. Membantu meredakan nyeri saat haid

Manfaat nanas madu yang terakhir yaitu dapat membantu meredakan nyeri saat haid. Saat datang bulan, beberapa wanita memang cenderung mengalami rasa sakit yang begitu menyiksa sehingga membuatnya tidak dapat bergerak dengan leluasa. Untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri ketika haid, kamu bisa mengonsumsi nanas madu. Jenis nanas yang satu ini mengandung antioksidan yang bagus dalam mengurangi rasa sakit ketika haid datang.

Itulah 12 manfaat nanas madu untuk kesehatan. Setelah mengetahui manfaat-manfaat yang dimilikinya, apakah kamu tertarik untuk mengonsuminya? Kamu bisa menemukan nanas madu yang segar dan berkualitas di Sayurbox. Cek produknya sekarang, yuk!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/PROMO-NANAS-PISANG-5000_BLOG-595x292.jpg

(Siti Kamilla)

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox