Intip Makanan Khas Indonesia yang Jarang Diketahui!

Kategori

Sayurfriends, siapa nih yang hobinya nyobain makanan khas daerah-daerah di Indonesia? Pasti bakal susah buat merasa bosen dengan hobi itu ya, karena makanan khas Indonesia beragam banget! Sayurfriends pasti sering menemukan rasa-rasa baru yang unik & lezat.

Beberapa makanan khas Indonesia bahkan sampai mendunia karena kelezatan & keunikannya seperti sate, nasi goreng hingga rendang yang diklaim sebagai makanan terenak sedunia. Meski begitu, ternyata masih banyak lho makanan khas Indonesia yang unik & lezat tapi masih jarang diketahui. Apa aja ya? Yuk intip di bawah ini!

Botok Tawon, Kuliner Ekstrim Banyuwangi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/BLOG-SBOX-Template-9-595x335.jpg

Seperti namanya, Botok Tawon ini beneran terbuat dari tawon atau lebah, Sayurfriends!  Sarang tawon yang masih memiliki larva di dalamanya dipotong-potong menjadi lempengan kecil, kemudian dimasukkan ke dalam pincukan pisang seperti pepesan. Botok kemudian dicampurkan dengan tumisan bumbu halus lalu dikukus hingga mengeluarkan kuah. Botok Tawon memiliki rasa yang unik, campuran antara manis, pedas dan asam. Oh iya, makan botok dipercaya dapat menyembuhkan pegal-pegal dan menguatkan stamina tubuh lho, Sayurfriends.

Kethek Bacin, Makanan Fermentasi dari Kebumen

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/BLOG-SBOX-Template-7-595x335.jpg

Kethek dalam Bahasa Jawa berarti “monyet” dan bacin artinya “busuk”. Nama yang unik ya, Sayurfriends? Makanan ini merupakan hasil fermentasi ampas pembuatan minyak kelapa yang dicampur dengan aneka bumbu dan dikukus dalam daun pisang. Kethek yang memiliki rasa gurih, asin dan terkadang pedas, biasa disantap dengan nasi, tempe dan getuk.

Nasi Tiwul, Pengganti Nasi Beras di Jaman Jepang

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/BLOG-SBOX-Template-8-595x335.jpg

Siapa yang udah pernah nyobain nasi satu ini? Nasi Tiwul ini berasal dari Jawa dan terbuat dari singkong. Pada mulanya, nasi tiwul ini dibuat sebagai makanan pokok pengganti beras saat harganya tidak terjangkau pada era pendudukan Jepang. Sekarang, nasi tiwul banyak dikonsumsi sebagai makanan diet karena kalorinya lebih rendah dari nasi biasa lho, Sayurfriends. Rasa tiwul umumnya kenyal dan gurih. Tapi itu bisa tergantung dengan campurannya yang beragam ya, Sayurfriends. Ada yang mencampurkannya dengan gula merah, parutan kelapa, atau taburan gula.

Tutut, Keong Sawah yang Gurih

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/1-3-595x335.jpg

Naik kereta api tututut..” Eh, Tutut ini bukan Tutut kereta api ya, Sayurfriends. Tutut adalah jenis keong sawah yang bisa dikonsumsi masyarakat dari berbagai daerah. Karena itu, tutut juga punya banyak nama lain seperti keong Gondang atau Kreco. Tekstur tutut ini sedikit mirip dengan kerang, Sayurfriends. Rasanya juga bisa bergantung pada cara memasak dan bumbu yang digunakan. Umumnya sih Tutut dimasak dengan kuah berbumbu.

Kapurung khas Sulawesi, Segar!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/2-1-595x335.jpg

Kalau Sayurfriends suka Papeda, bakal suka Kapurung juga nih! Kapurung adalah makanan khas Sulawesi, khususnya daerah Palopo yang bahan utamanya adalah sagu. Lembut & kenyalnya sagu biasa dipadukan dengan sayuran & ikan di dalam kuah yang segar! Kalau makan Kapurung, lebih baik dalam keadaan hangat ya, Sayurfriends. Dijamin kamu bakal terpana sama rasa unik dan segarnya!

Burayot, Kue Manis “Bergelantungan”

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/BLOG-SBOX-Template-10-595x335.jpg

Kalo hobi banget nyobain jajanan tradisional, Sayurfriends harus coba Burayot! Namanya aneh ya? Burayot ini berasal dari kata sunda yang artinya “bergelantungan”. Jajanan ini dibuat dari gula merah, minyak kelapa, kacang tanah, dan tepung beras. Rasa manisnya cocok banget buat kamu yang doyan ngemil!

Itu dia beberapa makanan khas Indonesia yang masih jarang diketahui. Sayurfriends penasaran mau coba? Kalau di daerahmu belum ada, coba bikin sendiri aja! Beli bahan-bahannya di Sayurbox ya!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox