Gurih dan Sehat, Ini Cara Membuat Keripik Okra Sendiri di Rumah

Kategori
Okra adalah tanaman berbunga yang dikenal dengan biji polong yang dapat dimakan. Buah ini dibudidayakan di daerah beriklim hangat dan tropis, seperti yang ada di Afrika dan Asia Selatan. Namun, sayuran unik ini belum begitu terkenal di Indonesia. Terkadang okra disebut sebagai lady finger’s. Okra memiliki dua warna, merah dan hijau. Kedua varietas memiliki rasa yang sama dan varietas merah akan berubah menjadi hijau saat di masak. Biasanya orang mengolah okra menjadi pelengkap makanan atau menjadi keripik okra yang gurih.
Namun, okra dapat memiliki tekstur berlendir, yang bagi sebagian orang dianggap tidak menarik. Tetapi khasiatnya yang beragam membuat sayuran ini mulai diminati. Okra kaya akan banyak nutrisi dan khususnya tinggi vitamin C dan K. Okra bisa berubah menjadi berlendir saat dimasak. Untuk mencegahnya, ikuti metode memasak sederhana di sini. Yuk, simak gurih dan sehat, ini cara membuat keripik okra sendiri di rumah.

Ini cara membuat keripik okra sendiri di rumah

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/okra-4001742_1920-595x396.jpg
Cara Membuat Keripik Okra Sendiri di Rumah. (Foto: Pixabay)

Manfaat okra yang perlu kamu tahu

1.
Okra kaya akan banyak nutrisi dan khususnya tinggi vitamin C dan K. Buah ini unik, karena menyediakan protein, nutrisi yang tidak dimiliki buah dan sayuran lainnya.
2.
Okra kaya akan antioksidan yang dapat mengurangi risiko penyakit serius, mencegah peradangan, dan berkontribusi bagi kesehatan secara keseluruhan. Terutama, mengandung polifenol yang dapat berkontribusi untuk kesehatan jantung dan otak.
3.
Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa okra dapat mengikat kolesterol dalam usus dan menurunkan kadar kolesterol darah. Ini juga kaya akan polifenol, yang melawan peradangan berbahaya dan melindungi jantung.
4.
Okra mengandung protein yang disebut lektin, yang sedang dipelajari untuk perannya dalam pencegahan dan pengobatan kanker. Namun, dibutuhkan lebih banyak penelitian.
5.
Mengonsumsi okra telah dikaitkan dengan kontrol gula darah. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa itu dapat mengganggu obat diabetes yang umum.
6.
Makan okra dapat membantu wanita hamil memenuhi kebutuhan folat harian mereka. Folat penting untuk mencegah cacat pada tabung saraf.
Ingin mencoba cara membuat keripik okra ini di rumah? Yuk, beli okra dan sayuran segar lainnya di Sayurbox!

Ini cara membuat keripik okra:

·
Bilas okra dan iris setiap buah dengan memanjang.
·
Tempatkan okra yang diiris dalam mangkuk besar dengan air yang cukup untuk menutupi seluruhnya. Tambahkan cuka dan aduk rata. Diamkan selama 15 menit, aduk setiap 5 menit.
·
Kuras dan bilas okra yang diiris. Keringkan dengan tisu.
·
Taruh okra yang sudah disiapkan dalam mangkuk besar dan tuangkan minyak zaitun. Taburkan garam dan bubuk bawang putih. Aduk sampai semua polong dilapisi dengan minyak dan bumbu merata. Ingatlah bahwa bumbu apapun yang kamu gunakan akan sangat kuat selama proses memasak. Ada banyak penyusutan okra yang benar-benar memusatkan rasa tambahan apa pun.
·
Letakkan okra yang sudah dibumbui di atas loyang berlapis foil. Panggang selama 20 menit, putar Loyang saat 10 menit waktu memasak.
·
Setelah 20 menit waktu memasak okra akan terlihat masih empuk. Kamu sudah bisa berhenti di sini dan menyajikannya sebagai lauk jika kamu suka.
·
Angkat dari oven dan atur ulang suhunya menjadi 170 derajat. Saat oven sudah dingin hingga suhu 170, kembalikan Loyang ke oven.
·
Lanjutkan memanggang selama 2-3 jam atau hingga garing. Waktu memasak terakhir akan tergantung pada banyak faktor ukuran okra. Cobalah satu okra setelah dua jam dan lanjutkan memasak jika diperlukan.
·
Pastikan untuk membiarkan keripik dingin sepenuhnya sebelum menyimpannya. Kamu dapat menyimpannya dalam wadah tertutup selama 2-3 hari pada suhu kamar.
Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba cara membuat keripik okra ini di rumah? Yuk, beli okra dan sayuran segar lainnya di Sayurbox!