Blueberry Smoothies dengan Kurma dan Chia Seed, Menu Sarapan Simpel nan Sehat

Kategori
Sebelum memulai aktivitas, sempatkanlah menyantap hidangan sarapan agar kamu memiliki energi untuk menjalankan aktivitas sehari – hari. Nah, menu kali ini bisa jadi rekomendasi menu sarapan yang praktis, enak, dan sehat pastinya.
Bahan utamanya tentu saja Blueberry. Jenis berry ini kaya akan nutrisi dan gizi seperti vitamin, antioksidan, karbohidrat, serat dan mineral. Tidak salah jika blueberry termasuk dalam kategori Superfruit karena nutrisinya yang tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan tubuh. 
Selain buah bluberi, menu ini juga menggunakan buah pisang dan kurma untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat selama berpuasa. Karbohidrat diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi. Jadi, walaupun sedang berpuasa tubuh kita tidak akan lemas karena ada simpanan glukosa di dalam tubuh dari mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. 
Karbohidrat juga terkandung dalam susu, misalnya saja susu kedelai. Dalam segelas susu kedelai tanpa gula mengandung 8 gram karbohidrat. Kandungan gizi lainnya adalah protein, antioksidan, lemak dan mineral. Dibandingkan dengan susu sapi, susu kedelai memiliki kelosterol yang lebih rendah dan sedikit lemak jenuh. Susu kedelai juga bisa menjadi alternatif bagi orang yang memiliki alergi protein susu sapi ataupun intoleran laktosa.
Satu lagi bahan makanan yang tidak kalah menyehatkan di menu ini adalah chia seed. Bahan ini menjadi tren makanan sehat yang diklaim mampu mengontrol kadar gula darah. Maka dari itu, penambahan chia seed di menu ini diharapkan bisa menyeimbangkan asupan gula yang diperoleh dari pisang, kurma dan bahan lain yang menghasilkan gula alami. 
Yuk, cobain resepnya sekarang!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/05/smoothis-595x446.jpeg
Resep Blueberry Smoothies dengan Kurma dan Chia Seed
Bahan-Bahan:
·
230 gr blueberry yang sudah dibekukan
·
115 gr atau 1 buah pisang cavendish ukuran sedang yang sudah dibekukan
·
230 gr susu kedelai yang sudah dibekukan
·
170 ml susu kedelai cair
·
2-3 buah kurma tanpa biji
·
1 sdt chia seed
Topping
·
30 gr blueberry
·
2 buah kurma
·
1 sdt chia seed
Cara membuat:
1.
Siapkan bahan beku (blueberry, susu kedelai, pisang)
2.
Masukkan bahan beku ke dalam blender
3.
Tambahkan kurma, chia seed dan susu kedelai cair
4.
Haluskan semua bahan 
5.
Tuang ke dalam mangkuk 
6.
Tambahkan dengan topping blueberry, kurma, dan chia seed
Persiapan bahan beku (blueberry, susu kedelai, pisang) bisa dilakukan di malam sebelumnya. Tidak ada teknik khusus, hanya tinggal menyimpan blueberry dan pisang ke dalam wadah tertutup lalu simpan dalam freezer. Untuk susu kedelai cair, tempatkan susu pada cetakan es dengan penutup agar tidak terkontaminasi dengan makanan lain.
Segera konsumsi smoothies ini setelah dibuat agar rasa nikmat dan nutrisinya tetap terjaga. Jika dirasa belum mengenyangkan, kamu bisa padukan dengan menu sarapan lainnya seperti sandwich roti gandum atau sereal. Sesuaikan dengan kebutuhan kalori dan aktivitas harian kamu ya. 
Mudah bukan membuatnya? Semua bahan di menu ini bisa kamu temukan di Sayurbox. Belanja jadi lebih praktis dan hemat waktu. Kamu juga bisa tonton resep ini di kanal youtube dengan mengakses link https://www.youtube.com/watch?v=.fh0v7clf6Q.
Selamat mencoba.
Link Sayurfluencer: https://sayurbox.onelink.me/VNHA/Kadek