Lezatnya Bikin Nagih, Intip Resep Ayam Sisit Sambal Matah

Kategori
Siapa di antara Sayurfriends yang suka banget dengan sambal matah khas Bali? Wanginya yang khas, terutama wangi serainya, dijamin bakal membuat satu porsi saja tak terasa cukup. Kali ini, Sayurfriends akan diajak untuk membuat perpaduan ayam sisit atau suwir dengan sambal matah ini. Penasaran bagaimana resep ayam sisit sambal matah ini? Check this out!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/06/ayam-sisit-sambal-matah-595x335.jpg

Bahan-Bahan:

·
Daging ayam bagian dada
·
15 siung bawang merah
·
20 buah cabai rawit merah
·
15 lembar daun jeruk
·
6 batang serai
·
1 sendok teh terasi
·
1 sendok teh garam
·
1 sendok teh penyedap rasa
·
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

1.
Siapkan wajan penggorengan dan panaskan minyak, lalu goreng daging ayam. Goreng dengan api sedang saja agar matangnya merata.
2.
Sembari menunggu ayam matang, iris tipis bawang merah, cabai rawit merah, daun jeruk, dan serai.
3.
Masukkan irisan bawang putih, cabai rawit merah, daun jeruk, dan serai ke dalam satu wadah, lalu tambahkan dengan terasi, garam, dan penyedap rasa. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
4.
Setelah semua bahan tercampur rata, tuang minyak goreng panas ke dalamnya. Sisihkan sementara.
5.
Setelah daging ayam matang, angkat dan tiriskan.
6.
Geprek ayam goreng, kemudian masukkan ke dalam adonan sambal matah. Aduk rata sambil menyuwir daging agar sambalnya bisa meresap ke dalam daging ayam.
7.
Ayam sisit sambal matah pun siap untuk disantap. Paling nikmat disantap dengan nasi putih hangat.

Tips Jitu Membuat Sambal Matah

Kunci kelezatan dari menu ayam sisit yang dipadu dengan sambal matah ini adalah pada sambal matahnya. Pengolahan sambal matah yang tepat akan bisa menghasilkan cita rasa yang sempurna, namun jika tidak, akan membuat sambal matah mengeluarkan aroma atau bau langu. Nah, agar sambal matah memiliki cita rasa yang ciamik, simak tips jitu membuatnya berikut ini.

1. Cuci Irisan Bawang Merah dengan Air Es

Agar sambal matah yang Sayurfriends buat tak langu, Sayurfriends bisa coba untuk mencuci terlebih dahulu bawang merah yang telah diiris dengan air es sebelum diolah. Mencuci bawang merah dengan air es akan bisa menghilangkan kandungan gas belerang dalam bawang merah, di mana gas belerang inilah yang menjadi penyebab menguatnya aroma langu tersebut.

2. Remas Bahan Sampai Layu

Bagaimana selama ini Sayurfriends membuat sambal matah? Jika selama ini hanya asal dicampur begitu saja, ganti kebiasaan tersebut dengan meremas bahan pembuatannya. Menyampur sembari meremas bahan sambal matah akan membuat aromanya lebih menguar, begitu pun dengan rasanya. Remas sampai layu, kemudian baru guyur dengan minyak panas.

3. Gunakan Minyak Kelapa

Agar aroma sambal matah jadi lebih wangi dan cita rasanya lebih gurih, gunakanlah minyak kelapa alih-alih minyak goreng yang terbuat dari kelapa sawit. Panaskan minyak kelapa hingga panas sekali, lalu kemudian baru siramkan ke bahan sambal matah yang telah dicampur. Tunggu beberapa menit hingga minyak kelapa meresap, kemudian campurkan dengan suwiran ayam.
Ayam sisit sambal matah merupakan perpaduan ayam goreng suwir yang dipadukan dengan sambal matah khas Bali. Sambal matah yang meresap ke dalam suwiran daging ayam, membuatnya terasa begitu nikmat saat disantap dengan nasi hangat.  Sayurfriends jangan lupa untuk sediakan banyak stok nasi sebelum menyantap menu lezat satu ini, karena dijamin pasti nambah.