Mengulik Ayam Coca Cola dan Cara Membuatnya

Kategori
Ada begitu banyak varian olahan daging ayam saat ini, salah satunya adalah ayam Coca Cola atau dikenal juga dengan istilah cola chicken. Olahan daging ayam yang bisa dibilang unik ini, disebut-sebut berasal dari Cina. Lantas, bagaimana awal mula lahirnya olahan daging ayam yang satu ini? Simak ulasannya berikut ini, berikut dengan resep untuk membuatnya.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/01/ayam-coca-cola-595x335.jpg

Sejarah di Balik Ayam Coca Cola

Jika Sayurfriends penasaran dengan bagaimana rasanya perpaduan Coca Cola dengan ayam, maka ayam Coca Cola atau cola chicken akan bisa menjawab rasa penasaran Sayurfriends tersebut. Cola chicken merupakan salah satu varian olahan daging ayam yang bisa dibilang begitu populer pada saat sekarang ini, terutama sekali di Cina.
Mengenai sejarah munculnya hidangan ini sendiri, ada 2 versi cerita yang berkembang di tengah masyarakat. Menurut versi pertama, hidangan ini dipercaya tercipta dari inisiatif seorang koki Cina di luar negeri, untuk mengganti salah satu bahan makanan yang sulit didapatkan dengan Coca Cola. Ia berharap bisa membuat makanan yang mendekati cita rasa aslinya dengan cara tersebut.
Berbeda dengan versi pertama yang menceritakan kalau hidangan ini berasal dari inisiatif si koki, versi keduanya malah menceritakan kalau hidangan ini berasal dari ketidaksengajaan. Menurut cerita di versi kedua ini, seorang tukang masak di provinsi Shandong, Cina, secara tak sengaja menuangkan sebotol Coca Cola  pada daging ayam yang akan diolahnya.
Apapun itu versi sejarah munculnya hidangan ini, yang pasti sekarang hidangan cola chicken ini telah memikat banyak lidah dengan cita rasanya yang unik. Sayurfriends yang tertarik untuk mencicipi olahan ayam satu ini, bisa coba untuk membuatnya sendiri di rumah, karena cara membuat ayam Coca Cola ini bisa dibilang cukup simpel.

Resep Ayam Coca Cola

Bahan-bahan:

·
10 potong sayap ayam
·
350 mililiter Coca Cola
·
4 siung bawang putih, cincang halus
·
1 sendok makan saus cabai atau bisa juga pakai saus tomat
·
1 ruas jahe
·
½ sendok teh merica
·
Garam secukupnya
·
Gula secukupnya
·
Kaldu jamur secukupnya

Cara membuat:

·
Cuci bersih sayap ayam terlebih dahulu, kemudian lumuri dengan jeruk nipis, lalu diamkan selama lebih kurang 5 menit. Setelah 5 menit, cuci bersih kembali.
·
Tumis bawang putih hingga mengeluarkan bau harum, kemudian masukkan sayap ayam. Aduk sesekali tumisan bawang putih dengan sayap ayam tersebut hingga tercampur rata dan warnanya berubah kekuningan.
·
Setelah sayap ayam berubah warna, tuangkan Coca Cola ke dalamnya. Pastikan setiap potong sayap ayam tersebut terendam dengan Coca Cola. Selanjutnya, biarkan hingga mendidih.
·
Setelah mendidih, saatnya Sayurfriends tambahkan jahe, saus cabai atau saus tomat, merica bubuk, gula, garam, dan kaldu jamur secukupnya. Aduk rata dan jangan lupa untuk cicipi rasanya, pastikan rasanya sudah pas di lidah.
·
Aduk sesekali hidangan hingga matangnya merata, sembari menunggu cairan Coca Cola-nya terserap oleh ayam dan teksturnya berubah menjadi mengental.
·
Jika tekstur kuahnya sudah mengental, angkat hidangan.
·
Tunggu hingga panasnya mereda, lalu sajikan dengan sepiring nasi hangat.
Itulah tadi ulasan mengenai sejarah ayam Coca Cola, berikut dengan resep simpel pembuatannya. Sayurfriends yang sudah merasa bosan dengan olahan daging ayam yang itu-itu saja, sangat direkomendasikan untuk mencoba membuat sendiri olahan daging ayam unik satu ini di rumah. Rasakan sensasi segar khas Coca Cola, saat menyantap hidangan cola chicken ini.