9 Resep Selada Butterhead yang Mudah Dimasak di Rumah

Kategori
Selada butterhead merupakan salah satu jenis selada yang populer di Eropa, terutama di bagian utara. Jenis selada ini disukai banyak orang berkat aroma dan daunnya yang bertekstur lembut. Dibanding selada jenis lain, selada butterhead cenderung lebih kecil, sedikit gepeng dan bagian kepala yang tidak terlalu padat. Daunnya lebar, berlipat, lembut, dengan tekstur lunak. Disebut butterhead karena memiliki ciri khas bentuk yang bulat menyerupai kelopak. Butterhead lettuce umumnya digunakan untuk menambahkan rasa ringan yang manis pada hidangan,seperti misalnya sebagai dressing ataupun ditambahkan ke dalam sandwich. Selain itu, kamu juga bisa mengolahnya menjadi berbagai sajian lezat seperti misalnya 9 resep selada butterhead yang mudah dimasak di rumah berikut ini.

Ini resep selada butterhead yang mudah dimasak di rumah

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/butterhead-merah-500.jpg
Resep Selada Butterhead yang Mudah Dimasak di Rumah. (Foto: Pixabay)

1. Cah Selada Butterhead

Resep cah merupakan resep yang paling mudah, namun menghasilkan rasa sedap yang digemari banyak orang. Untuk membuat cah selada butterhead, tumis bawang putih terlebih dahulu hingga harum. Tambahkan air, kaldu bubuk, lada, dan garam secukupnya, lalu aduk merata. Masukkan selada butterhead, kemudian diamkan hingga sedikit layu.

2. Vegetable Salad

Salad sayur yang sehat dengan dressing yang gurih dan nikmat tentu sangat menggugah selera. Kamu bisa menambahkan selada butterhead sebagai bahan utama salad sayur. Padukan dengan sayur lain seperti tomat, wortel, hingga mentimun. Potong-potong sayuran hingga menjadi ukuran yang diinginkan, kemudian tata dalam mangkuk atau wadah. Untuk dressingnya, campurkan mayonnaise, jeruk nipis, saus, dan susu kental manis. Aduk sampai merata, lalu tuangkan diatas sayuran. 

3. Vietnamese Spring Roll

Spring roll alias lumpia ala Vietnam adalah salah satu hidangan yang cukup populer. Tak perlu jauh-jauh ke Vietnam untuk merasakannya, cukup dengan membuatnya di rumah dengan menggunakan selada butterhead.
Caranya, sediakan ricepaper sebagai bahan kulit. Untuk isiannya, gunakan timun jepang, wortel, selada butterhead, dan udang. Kamu juga bisa mengkreasikan bahan isian dengan bahan yang kamu suka. Rebus semua bahan isian, kemudian potong kecil-kecil. Tata bahan isian diatas ricepaper, kemudian gulung perlahan. Sajikan bersama sambal bangkok untuk citarasa yang lebih sedap.

4. Sandwich

Sajian roti isi ini sangat mudah untuk dibuat, rasanya pun lezat dan mengenyangkan. Sangat cocok untuk bekal anak sekolah ataupun untuk sarapan keluarga. Selada butterhead merupakan pilihan isian yang tepat agar sandwich buatanmu lebih sehat dan segar.
Cara membuatnya cukup siapkan roti dan bahan isian. Kamu bisa menggunakan apa saja yang kamu suka, seperti misalnya beef, kornet, sosis, ataupun beragam jenis sayuran salah satunya selada butterhead. Tambahkan keju atau mayonnaise untuk citarasa gurih.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg

5. Korean Fried Chicken

Hidangan ayam goreng khas Korea biasanya disajikan dengan sayuran sebagai wrapping atau pembungkus untuk pelengkap. Nah, selada butterhead dapat menjadi opsi yang tepat karena rasanya yang ringan dan segar. Siapkan ayam goreng yang telah dibumbui dengan saus khas Korea, kemudian goreng hingga matang merata. Celupkan kembali ke dalam saus dan taburi dengan wijen, lalu sajikan diatas lembaran selada butterhead.

6. Sop Selada Butterhead

Siapa yang tak kenal dengan sajian sop? Makanan berkuah ini sangat cocok disajikan sebagai pendamping nasi. Untuk membuat sop selada butterhead, tumis bawang putih, bawang bombay dan bawang merah hingga harum dan layu. Masukkan lauk seperti daging ataupun sosis, aduk hingga merata. Selanjutnya masukkan sayuran termasuk selada butterhead, kemudian tumis sebentar. Tuangkan air, masak hingga air mendidih. Tambahkan garam dan penyedap sesuai selera.

7. Kebab Turki

Hidangan Timur Tengah yang satu ini biasanya padat akan daging. Agar rasanya menjadi lebih ringan dan segar, kamu bisa berkreasi dengan menambahkan selada butterhead dalam isian kebab. Rasa selada butterhead akan menciptakan kesan yang berbeda dari kebab pada umumnya. 

8. Burger

Seperti halnya kebab, isian burger juga kerap mengandung lebih banyak protein seperti daging dan keju. Untuk sajian burger yang lebih sehat, selipkan selembar selada butterhead dalam isian burger. Dijamin, rasanya akan menjadi lebih lezat.

9. Chicken Wrap

Sajian chicken wrap populer di Eropa sebagai salah satu jenis hidangan untuk sarapan yang bergizi dan mengenyangkan. Bentuknya hampir mirip dengan kebab karena menggunakan tortilla sebagai kulitnya, namun berisi daging ayam. Biasanya daging ayam terlebih dahulu diolah menjadi nugget, baru kemudian dilettakan dalam tortilla bersama sayur. Untuk sayurnya, kamu bisa menggunakan selada butterhead yang segar.
Itu dia beberapa resep selada butterhead yang wajib kamu coba karena simpel dan tentunya memiliki rasa yang lezat. Kamu tertarik untuk mencoba tetapi tak punya waktu untuk berbelanja selada butterhead? Tak perlu khawatir, kini ada Sayurbox yang siap mempermudah proses belanja sayur dan buah. Cukup pesan melalui aplikasi, dan selada butterhead segar dengan kualitas tinggi akan segera diantar ke rumahmu.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg