Kaya Nutrisi, Ini 9 Manfaat Susu Beruang yang Wajib Kamu Tahu

Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan susu beruang. Susu yang satu ini merupakan minuman yang biasa diminum ketika kamu sedang sakit. Mengapa demikian? Sebab, manfaat susu beruang dikenal dapat membantu mempercepat proses pemulihan tubuh ketika kamu sakit.
Meskipun dinamakan susu beruang, minuman yang satu ini ternyata berasal dari susu sapi. Proses sterilisasinya yang baik, membuat minuman ini memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang lebih sehat dari susu biasa. Akibat proses sterilisasi tersebut pula susu ini mampu menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh saat sedang masa pemulihan.
Mungkin beberapa di antara kamu masih ragu untuk mengonsumsi susu beruang. Padahal, tidak perlu khawatir, sebab susu beruang memiliki kandungan nutrisi yang sangat bergizi. Susu beruang kaya akan kandungan protein, lemak, mineral, serta vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan D. Kandungan-kandungan gizi itulah yang membuat susu beruang sangat baik untuk kesehatan tubuh.
Selain yang disebutkan di atas, ternyata masih banyak manfaat susu beruang yang jarang diketahui orang,
lho
. Kaya akan nutrisi, inilah sembilan manfaat susu beruang yang wajib kamu tahu.

Ini manfaat susu beruang

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/pexels-burst-373897-595x362.jpg
Manfaat Susu Beruang yang Wajib Kamu Tahu. (Foto: Pexels)

1. Menangkal radikal bebas

Manfaat susu beruang yang pertama yaitu dapat menangkal radikal bebas. Mengapa bisa demikian? Sebab, susu ini mengandung tiga jenis antioksidan alami sekaligus, seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Kombinasi ketiganya dapat membantu menangkal paparan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, ketiga antioksidan tersebut juga dapat menurunkan risiko berbagai jenis penyakit seperti radang sendi, penyakit pernapasan, hingga kanker.

2. Membantu meringankan gejala penyakit tifus

Susu beruang terbuat dari susu sapi yang sudah disterilisasi dan dipasteurisasi. Proses pasteurisasi tersebut dilakukan untuk mengurangi jumlah patogen yang dapat memicu berbagai penyakit dalam tubuh.
Nah,
pasteurisasi sendiri merupakan cara terbaik untuk menghilangkan bakteri
Salmonella typhi
dan
Salmonella paratyphi
, yakni bakteri penyebab penyakit tifus. Itu artinya, susu beruang aman dikonsumsi oleh penderita penyakit tifus, serta dapat membantu untuk meringankan gejalanya.
Tifus sendiri merupakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Biasanya, hal ini terjadi karena kita mengonsumsi makanan yang tidak higienis ketika daya tahan tubuh sedang tidak optimal. Nah, ketika sedang dalam masa pemulihan, mengonsumsi susu beruang secara teratur dapat membantu proses pembersihan usus akibat makanan yang tidak higienis tersebut.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sudah bukan rahasia lagi jika manfaat susu beruang selanjutnya yaitu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kalau kamu mudah jatuh sakit, cobalah minum susu beruang. Pasalnya, manfaat susu beruang yaitu dapat membantu meningkatkan sistem imun agar tubuh tetap terasa fit sepanjang hari.
Susu beruang mengandung kombinasi vitamin, mineral, dan lemak yang bekerja sama untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Jika daya tahan tubuh kuat, maka tentu kamu tidak akan mudah jatuh sakit.

4. Menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis

Sama seperti jenis susu lainnya, susu beruang juga dapat menjaga kesehatan tulang. Hal ini berkat kandungan kalsium pada susu beruang yang berperan penting untuk menguatkan tulang dan juga menurunkan risiko arthritis (radang sendi), serta mencegah masalah tulang lainnya seperti osteoporosis. Oleh karena itu, rutin minum susu beruang sangat baik untuk mencegah dan mengatasi osteoporosis sejak dini.

5. Menjaga kesehatan kulit

Selain menjaga kesehatan tulang, manfaat susu beruang lainnya yaitu untuk menjaga kesehatan kulit. Kombinasi vitamin A, C, dan E pada susu beruang dapat membantu meningkatkan proses regenerasi sel dan mencegah kerusakan sel kulit sejak dini.
Bila dijabarkan satu per satu, vitamin C berfungsi untuk merangsang produksi kolagen dan minyak alami pada kulit sehingga kulit selalu terasa lembap dan elastis. Sedangkan vitamin E bertugas untuk menangkal radikal bebas. Alhasil, sel-sel kulit tidak mudah rusak dan tetap sehat serta bercahaya.
Ingin mencoba manfaat susu beruang? Kamu bisa membeli susu beruang di
,
lho! Yuk,
cek produknya sekarang!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/Banner-Blog-595x335-595x335.jpg

6. Membersihkan aliran darah dan organ tubuh

Manfaat susu beruang selanjutnya yaitu dapat membersihkan aliran darah dalam organ tubuh. Kandungan antioksidan pada susu beruang berkhasiat untuk membersihkan aliran darah dalam tubuh.
Selain itu, susu beruang juga bermanfaat untuk membersihkan beberapa bagian organ tubuh lainnya, seperti perut, hati, rongga dada, dan organ-organ internal lain di dalam tubuh. Aliran darah dan organ-organ yang bersih tentunya akan meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Menjaga kadar kolesterol

Susu beruang juga bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan lemak dan protein yang dimilikinya dapat menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh agar tetap terkontrol dengan baik.
Makanan yang tidak sehat akan berpotensi membuat kolesterol dalam tubuh menjadi tinggi. Nah, untuk mencegahnya, kamu bisa mengonsumsi susu beruang secara teratur. Lemak jenuh dalam susu ini akan bersintesis dengan protein dan mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh.

8. Menetralkan racun

Banyak orang yang menyarankan minum susu beruang saat keracunan makanan. Selain dapat menjaga organ dalam tubuh untuk tetap baik saat ada racun yang masuk, susu beruang juga bisa membersihkan serta menetralisirkan racun tersebut. Nantinya, racun-racun dalam pencernaan tersebut akan keluar bersama kotoran-kotoran dalam tubuh.

9. Baik untuk perokok

Manfaat susu beruang yang terakhir yaitu baik untuk perokok. Minum susu ini secara teratur dapat membantu mengatasi bakteri dan bau mulut, mencegah gigi kuning, meredakan sesak dan batuk, serta menetralisir racun rokok dari paru-paru.
Nah,
itulah sembilan manfaat susu beruang yang wajib kamu tahu. Setelah mengetahui manfaat-manfaat yang dimiliki oleh susu beruang, kini kamu tidak ragu lagi untuk mengonsumsinya, bukan? Kamu bisa menemukan susu beruang yang satu ini di Sayurbox.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/Banner-Blog-595x335-595x335.jpg
(Siti Kamilla)
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox