9 Manfaat Buah Anggur yang Sayang Dilewatkan, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Jika Sayurfriends lagi pengen makan buah yang rada manis tapi sedikit asam, serta banyak kandungan airnya, buah anggur bisa jadi pilihan. Selain karena memang bikin segar setelah mengonsumsinya, buah anggur juga punya segudang manfaat yang sayang banget untuk dilewatkan. Penasaran apa aja manfaat buah anggur tersebut? Yuk intip langsung ulasannya di bawah ini.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/manfaat-buah-anggur-595x335.jpg

1. Bantu Cukupi Kebutuhan Nutrisi Harian Tubuh

Mengonsumsi buah anggur bisa membantu Sayurfriends mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Bagaimana tidak, buah yang dikenal rendah kalori ini ternyata begitu kaya akan nutrisi. Serat, aneka vitamin, ragam mineral, dan antioksidan merupakan beberapa asupan yang melimpah kandungannya di dalam buah anggur. Yakin gak mau mendapatkan asupan nutrisi ini?

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Yuk tingkatkan daya tahan tubuh agar gak mudah sakit dengan makan buah anggur. Buah anggur merupakan buah yang kaya akan vitamin C, di mana dalam 1 buah anggur berukuran sedang, terkandung vitamin C yang bisa mencukupi 64 persen dietary reference intake atau asupan referensi diet. Vitamin C inilah yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh Sayurfriends.

Vitamin C memiliki sifat antioksidan yang akan melindungi sel tubuh dari bakteri dan virus yang berbahaya. Beberapa penelitian juga menunjukkan kalau vitamin C bermanfaat dalam membantu banyak orang untuk bisa sembuh lebih cepat dari demam. Selain vitamin C, vitamin A, vitamin B, zink, tembaga, dan zat besi pada buah anggur juga turut membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Obesitas atau berat badan berlebih bisa memicu banyak gangguan kesehatan, makanya sangat dianjurkan untuk menurunkan berat badan hingga mencapai berat badan ideal. Dalam rangka menurunkan berat badan tersebut, Sayurfriends bisa atur pola makan dengan sebaik mungkin, salah satunya dengan memasukkan buah anggur sebagai salah satu menu makanan untuk dikonsumsi.

Mengapa buah anggur bisa membantu menurunkan berat badan? Salah satu alasannya adalah karena kandungan seratnya yang tinggi. Asupan serat yang Sayurfriends peroleh dari buah anggur akan membuat Sayurfriends merasa kenyang lebih cepat, serta mengurangi asupan kalori. Kandungan serat dalam 1 buah anggur ukuran sedang sendiri adalah sebanyak 2 gram.

Selain serat, kandungan air yang banyak dalam buah anggur juga turut membantu proses menurunkan berat badan ini. Air yang diperoleh dari buah anggur juga akan membuat Sayurfriends merasa lebih cepat kenyang, sehingga potensi menambah asupan kalori dari makanan lain akan bisa dihindari. Dengan begini, proses menurunkan berat badan akan jadi lebih lancar.

4. Mencegah Resistansi Insulin dan Diabetes

Manfaat buah anggur selanjutnya adalah mencegah terjadinya resistansi insulin. Resistansi insulin merupakan kondisi yang terjadi saat sel-sel dalam tubuh berhenti merespons insulin. Padahal, insulin merupakan hormon yang berfungsi untuk mengontrol banyak proses di dalam tubuh, seperti mengontrol gula darah. Kondisi ini nantinya bisa berujung pada diabetes tipe 2.

Kandungan yang dimiliki oleh buah anggur diketahui bisa membantu mengontrol kadar insulin dalam tubuh, sehingga potensi munculnya resistansi insulin bisa berkurang. Penelitian juga menunjukkan kalau orang-orang yang mengonsumsi setengah buah anggur segar sebelum makan, mengalami penurunan kadar insulin dan resistansi insulin, dibanding orang yang gak mengonsumsinya.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ada banyak cara bagi Sayurfriends untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan mengonsumi buah anggur. Buah anggur membantu menjaga kesehatan jantung dengan cara mengurangi terjadinya faktor risiko atas penyakit jantung, yakni tekanan darah tinggi dan juga tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Setidaknya, ada 2 kandungan anggur yang berperan besar dalam menjaga kesehatan jantung, yakni potasium dan serat. Potasium merupakan mineral yang bertanggung jawab atas banyak aspek yang berkaitan dengan kesehatan jantung. Asupan potasium yang cukup berhubungan dengan berkurangnya risiko terjadinya tekanan darah tinggi.

Selanjutnya, ada serat yang juga berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan jantung. Asupan serat yang tinggi dengan mengonsumsi buah anggur, akan bisa menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat yang tinggi. Alhasil, kesehatan jantung pun akan bisa terpelihara dengan baik, karena faktor pemicu gangguan pada jantung bisa dikontrol secara optimal.

6. Melindungi Tubuh dari Paparan Radikal Bebas

Mulai dari penuaan dini hingga kanker, semuanya bisa dipicu oleh paparan radikal bebas. Paparan radikal bebas akan memicu kerusakan pada sel, yang makin lama makin memburuk kondisinya. Salah satu cara untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas ini adalah dengan mengonsumsi makanan kaya akan antioksidan seperti buah anggur.

Buah anggur diketahui memiliki berbagai jenis antioksidan yang bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, seperti mengurangi risiko atas berbagai penyakit. Adapun antioksidan pada buah anggur ini seperti vitamin C, beta-karoten, likopen, dan flavonoid. Deretan antioksidan inilah yang akan melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

7. Mengurangi Risiko Batu Ginjal

Buah anggur diketahui juga memiliki manfaat untuk mengurangi risiko terbentuknya batu ginjal. Batu ginjal berasal dari penumpukan bahan-bahan sisa di ginjal, yang dihasilkan dari proses metabolisme. Bahan-bahan sisa tersebut kemudian mengkristalisasi, sehingga menjadi batu. Jika ukurannya makin besar, maka akan menghambat sistem urinaria, yang akan terasa sangat sakit.

Bagaimana cara kerja buah anggur dalam mengurangi risiko batu ginjal ini? Buah anggur memiliki kandungan berupa asam sitrat, yang diketahui efektif dalam mencegah proses kristalisasi kalsium oksalat dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Asam sitrat ini juga bisa meningkatkan volume dan pH urin, sehingga kondisinya jadi gak bersahabat untuk membentuk batu ginjal.

8. Menghidrasi Tubuh

Manfaat buah anggur untuk menghidrasi tubuh mungkin sudah banyak diketahui oleh masyarakat luas. Pada buah anggur berukuran sedang, terkandung sebanyak 118 mililiter air, di mana jumlahnya itu mencapai 88 persen dari total beratnya. Selain mengonsumsi air yang cukup, Sayurfriends juga bisa pastikan tubuh terhidrasi dengan baik dengan mengonsumi buah anggur ini.

9. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Buah anggur juga bisa Sayurfriends manfaatkan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Seperti yang disebutkan sebelumnya, buang anggur memiliki kandungan vitamin C yang melimpah, di mana vitamin C ini bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, penuaan pada kulit, dan juga peradangan.

Vitamin C yang Sayurfriends peroleh dari buah anggur juga akan bisa membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak lagi kolagen. Nah, kolagen ini sendiri berperan dalam menjaga keelastisan kulit, sehingga kerutan bisa tersamarkan, serta turut menghidrasi kulit. Yakin gak mau kulitnya sehat dengan makan buah anggur?

Yuk rasakan berbagai manfaat buah anggur di atas dengan rutin mengonsumsinya setiap hari. Sayurfriends bisa jadikan buah anggur sebagai camilan pembuka untuk disantap sebelum makan besar atau dijadikan salad dengan tambahan aneka sayur dan buah lainnya. Yuk mulai rutinitasnya dari sekarang, agar manfaatnya makin cepat terasa.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox