11 Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan Tubuh, Bantu Capai Berat Badan Ideal

Buah apel merupakan salah satu buah yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas. Kombinasi rasa manis dan sedikit asam, serta kandungan air yang cukup banyak, membuat buah apel disukai karena kesegarannya. Dibalik rasanya yang enak, buah apel juga ternyata punya banyak manfaat bagi kesehatan. Simak berikut ini manfaat buah apel bagi kesehatan tubuh.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/manfaat-buah-apel-595x335.jpg

1. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Harian Tubuh

Tubuh membutuhkan asupan nutrisi dalam jumlah tertentu agar bisa berfungsi dengan optimal. Mengingat apel merupakan buah yang kaya akan nutrisi, maka akan bisa membantu dalam memenuhi asupan nutrisi harian tubuh. Selain kandungan berupa serat dan vitamin C yang cukup banyak, apel juga punya kandungan lain seperti vitamin E dan polifenol yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

2. Membantu Mengurangi Berat Badan

Gak mudah memang untuk menurunkan berat badan atau mencapai berat badan ideal. Sayurfriends perlu menjaga pola hidup dan pola makan, agar bisa menurunkan berat badan tanpa mengurangi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Agar upaya untuk menurunkan berat badan itu bisa berhasil, salah satu makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah apel.

Apel merupakan buah yang kaya akan serat dan air, sehingga akan bisa memberi efek kenyang lebih cepat setelah dikonsumsi. Dengan begini, Sayurfriends gak perlu makan dalam porsi yang lebih banyak agar bisa merasa kenyang. Selain kandungannya tersebut, apel juga memiliki kandungan berupa polifenol yang ternyata memiliki efek anti-obesitas.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Buah apel juga dikenal sebagai buah yang baik untuk jantung. Pengonsumsian buah apel secara rutin di antaranya bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Adapun khasiatnya dalam menurunkan risiko penyakit jantung ini dikarenakan 2 kandungan utama yang dimiliki oleh buah apel, yakni serat dan polifenol.

Serat yang terkandung dalam buah apel merupakan serat larut. Nah, serat larut ini bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Sebagaimana yang Sayurfriends ketahui, tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah akan memicu penumpukan lemak di dinding pembuluh darah, yang kemudian berujung pada penyakit jantung koroner.

Jika serat bekerja untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol, polifenol yang tergolong sebagai flavonoid bisa bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah. Selain menurunkan tekanan darah, polifenol juga mengurangi oksidasi kolesterol jahat dan mengurangi aterosklerosis.

4. Menurunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Tahukah Sayurfriends kalau dengan mengonsumsi apel juga bisa membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2? Berdasarkan penelitian, disebutkan bahwa pengonsumsian apel dan pir berhubungan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 sebanyak 18 persen. Bahkan, pengonsumsiannya sekali per minggu bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebanyak 3 persen.

Manfaat buah apel untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2 ini disebabkan karena kandungan antioksidan berupa kuersetin dan phloridzin yang dimilikinya. Kuersetin memberikan efek anti-peradangan yang akan mengurangi resistensi insulin, sedangkan phloridzin mengurangi penyerapan gula di usus, sehingga mengurangi kandungan gula di dalam darah.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Hidup sehat salah satunya ditandai dengan sehatnya sistem pencernaan. Jika Sayurfriends kerap mengalami konstipasi atau susah buang air besar, maknanya sistem pencernaan Sayurfriends sedang gak baik-baik saja. Agar sistem pencernaan bisa bekerja dengan sebagaimana mestinya, Sayurfriends bisa rutinkan pengonsumsian buah apel agar proses pencernaan jadi lancar.

Manfaat buah apel dalam menjaga kesehatan pencernaan ini disebabkan karena adanya kandungan pektin, serat yang berperan sebagai prebiotik, yang dimilikinya. Nah, pektin ini akan memberi makan mikrobiota, yang merupakan bakteri baik dalam usus. Bakteri baik dalam usus inilah yang kemudian membantu proses pencernaan jadi lancar dan sistem pencernaan jadi sehat.

6. Membantu Mencegah Kanker

Cegahlah kanker sebelum penyakit mematikan ini menyerang tubuh. Sayurfriends bisa bantu usaha untuk mencegah kanker ini dengan cara rutin mengonsumsi buah apel. Buah apel memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, salah satunya seperti vitamin C, yang bisa mencegah tipe kanker tertentu, seperti kanker payudara, paru-paru, dan kanker yang menyerang sistem pencernaan.

Selain kandungan antioksidannya, serat larut yang terkandung dalam apel juga berkontribusi dalam pencegahan kanker. Sebuah penelitian menunjukkan hasil kalau pektin yang merupakan serat larut dalam apel bisa menghambat pertumbuhan sel kanker dan bahkan bisa memicu matinya sel kanker tersebut.

7. Membantu Mengatasi Penyakit Asma

Buah apel diketahui juga bisa membantu mengatasi penyakit asma. Kandungan antioksidan dalam apel yang tinggi, membuatnya bisa membantu melindungi paru-paru dari kerusakan oksidatif yang dipicu oleh radikal bebas. Kerusakan oksidatif ini sendiri bisa memicu peradangan dan respons alergi seperti asma di dalam tubuh.

Antioksidan dalam apel yang sangat berperan dalam membantu menangani asma ini adalah kuersetin. Kuersetin akan membantu mengatur sistem imun tubuh dan meredakan peradangan. Efek yang ditimbulkan oleh antioksidan kuersetin ini akan efektif dalam menghadapi fase akhir dari respons asma bronkial.

8. Membantu Melindungi Otak

Sebagai salah satu oksidan yang melimpah di dalam buah apel, kuersetin diketahui juga memiliki manfaat dalam melindungi atau menjaga otak dari kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif. Selain itu, kuersetin juga bisa mencegah kerusakan saraf yang berkaitan dengan stres, yang diakibatkan oleh stres oksidatif dan peradangan.

9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Yuk jaga kesehatan tubuh biar gak gampang sakit dengan mengonsumsi buah apel. Buah apel diketahui bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh disebabkan karena kandungan vitamin C-nya yang melimpah. Vitamin C ini nantinya bekerja memperkuat epithelial, sebuah tipe jaringan tubuh, yang merupakan penghalang patogen dan pelindung atas stres oksidatif lingkungan.

10. Mencegah Penyakit Alzheimer

Buah apel juga disebut memiliki manfaat untuk mencegah penyakit Alzheimer. Seperti yang disebutkan sebelumnya, buah apel memiliki kandungan kuersetin yang tinggi, di mana kuersetin ini bisa melindungi neuron otak dari kerusakan oksidatif. Selain itu, kuersetin juga memiliki sifat anti-alzheimer lainnya.

11. Menjaga Kesehatan Tulang

Sayurfriends bisa memanfaatkan buah apel untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Pengonsumsian buah apel secara rutin akan berkontribusi pada makin tingginya kepadatan mineral tulang. Jika tulang terjaga kepadatannya, maka bisa membantu mencegah osteoporosis, kondisi di mana struktur tulang mengalami deteriorasi yang berujung pada hancurnya tulang.

Adapun kandungan dalam buah apel yang berkontribusi dalam menjaga kesehatan tulang ini adalah vitamin dan mineral, seperti vitamin C dan potasium. Kandungannya ini akan membantu mengurangi jumlah kalsium yang hilang karena ekskresi. Maka dari itu, jika ingin punya tulang yang sehat, yuk biasakan konsumsi buah apel dari sekarang.

Itulah tadi 11 manfaat buah apel yang bisa Sayurfriends peroleh dengan mengonsumsinya secara rutin. Kandungan nutrisi dalam buah apel yang melimpah bakal bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sayurfriends bisa konsumsi buah apel secara langsung maupun diolah menjadi jus atau jenis minuman lainnya agar makin terasa nikmat saat dikonsumsi.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox