Jaga Kesehatan dengan Konsumsi 9 Makanan yang Baik untuk Asam Lambung

Naiknya asam lambung merupakan kondisi permasalahan pada lambung yang juga bisa menimbulkan nyeri pada ulu hati. Penyakit asam lambung sendiri terjadi karena naiknya asam lambung menuju esofagus atau kerongkongan. Kondisi seperti ini sering terjadi pada saluran pencernaan yang menghubungkan antara mulut dan lambung. Memilih makanan yang baik untuk asam lambung tentunya sangat penting agar gejalanya tidak semakin parah dan menimbulkan nyeri. Namun, terkadang memilih makanan yang baik untuk asam lambung memang cukup membingungkan. Pasalnya, jika salah memilih makanan, produksi asam lambung akan semakin meningkat dan memperparah keluhan akibat penyakit ini.

Contoh makanan yang dapat menjadi pemicu naiknya asam lambung antara lain, coklat, makanan pedas, makanan berlemak tinggi, buah-buahan yang asam, dan lain sebagainya. Nah, untuk mengetahui pilihan makanan yang baik untuk asam lambung, berikut ini adalah sembilan makanan yang cocok dikonsumsi penderita asam lambung, untuk mencegah dan mengatasi gejala akibat penyakit lambung yang satu ini.

Ini makanan yang baik untuk asam lambung

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/07/abdominal-pain-2821941_1920-595x397.jpg

Makanan yang Baik untuk Asam Lambung. (Foto: Pixabay)

1. Oatmeal

Oatmeal merupakan sumber serat yang sangat baik. Oatmeal baik dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung karena serat yang terkandung di dalam makanan dapat menyerap asam lambung, sehingga meredakan gejala refluks asam lambung. Selain itu, oatmeal juga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Selain oatmeal, pilihan serat lainnya yaitu roti gandum dan beras gandum. Nikmati oatmeal dengan susu rendah lemak atau almond karena keduanya rendah lemak dan bersifat basa.

2. Lemak sehat

Kamu boleh saja mengonsumsi lemak saat asam lambung, tapi disarankan yang mengandung lemak sehat. Makanan yang mengandung lemak sehat antara lain, alpukat, kenari, minyak zaitun, minyak wijen, dan minyak bunga matahari. Kurangi asupan lemak jenuh dan lemak trans, lalu gantilah dengan lemak tak jenuh yang lebih sehat ini.

3. Daging tanpa lemak dan makanan laut

Mengonsumsi daging saat sedang asam lambung boleh saja, asalkan daging tersebut tanpa lemak, seperti ayam, kalkun, ikan, dan makanan laut. Daging tanpa lemak atau rendah lemak dapat mengurangi gejala asam lambung.

Mengonsumsi makanan yang berminyak dan mengandung lemak tinggi tidak disarankan untuk penderita penyakit asam lambung. Jadi, kalau kamu sedang mengalami asam lambung tetapi ingin mengonsumsi daging, ikan, atau makanan laut lainnya, pilihlah yang tanpa lemak, tanpa kulit, kemudian olah dengan cara dipanggang, direbus, dikukus, atau dibakar.

4. Jahe

Makanan yang baik untuk asam lambung selanjutnya yaitu jahe. Jahe memiliki sifat antiradang dan antiinflamasi serta merupakan pengobatan alami untuk mengatasi masalah pencernaan, penyakit asam lambung, atau maag. Cara mengonsumsinya yaitu, kamu dapat menambahkan parutan atau irisan jahe ke dalam menu makanan sehari-hari atau meminum teh jahe secara langsung untuk mengurangi gejala asam lambung.

5. Lidah buaya

Lidah buaya juga dikenal sebagai bahan alami yang dapat mengobati penyakit asam lambung. Selain dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman, lidah buaya juga dapat digunakan sebagai pengental saat mengolah masakan.

Ingin mencoba makanan yang baik untuk asam lambung? Kamu bisa membeli berbagai makanan sehat dan berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

6. Sayuran hijau

Kalau kamu menyukai sayuran hijau dan mengalami asam lambung, kamu cukup beruntung. Sebab, sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, selada, timun, buncis, asparagus, dan kubis brussel memiliki sifat basa, yang artinya, mereka baik untuk perut dan sistem pencernaan kamu. Kandungan rendah lemak dan gula alami pada sayuran juga dapat membantu mengurangi asam lambung dan menyehatkan sistem pencernaan.

7. Pisang

Pisang juga baik untuk asam lambung karena dapat melapisi lapisan esofagus yang teriritasi. Dengan demikian, pisang dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan saat kamu sedang mengalami asam lambung. Karena kandungan seratnya yang tinggi, pisang juga dapat membantu memperkuat sistem pencernaan dan membantu mengatasi gangguan pencernaan.

Kandungan pH basa dalam pisang juga menjadikannya salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit asam lambung. Tidak hanya itu, buah lainnya seperti apel dan melon juga baik dikonsumsi saat kamu mengalami asam lambung.

8. Apel

Buah yang baik untuk asam lambung selanjutnya yaitu apel. Buah dengan segudang manfaat ini baik dikonsumsi saat kamu sedang mengalami asam lambung karena kandungan kalsium, magnesium, dan kalium yang dimilikinya dipercaya dapat meredakan gejala asam lambung yang muncul. Untuk merasakan manfaat dari apel, sebaiknya kamu memilih apel merah yang rasanya manis. Bagi penderita penyakit asam lambung, sebaiknya kamu mengonsumsi apel setelah makan atau sebelum tidur.

9. Melon

Selain pisang dan apel, melon juga merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi saat asam lambung. Seperti pisang, melon juga merupakan buah dengan kandungan pH yang basa. Selain itu, melon juga adalah sumber magnesium yang baik yang ditemukan dalam banyak obat untuk asam lambung.

Nah, itulah sembilan makanan yang baik untuk asam lambung. Makanan yang kamu konsumsi dapat memengaruhi jumlah asam yang dihasilkan oleh lambungmu. Oleh karena itu, mengonsumsi jenis makanan yang tepat adalah kunci untuk mengendalikan asam lambung. Untuk mendapatkan makanan-makanan yang baik untuk asam lambung tersebut, kamu bisa membelinya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang, ya!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

(Siti Kamilla)

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox