9 Makanan untuk Radang Tenggorokan yang Melegakan dan Mempercepat Penyembuhan

Radang tenggorokan memang menjadi masalah yang cukup menyebalkan. Dikenal dengan nama ilmiah faringitis, ini adalah sebuah kondisi dimana faring atau bagian belakang tenggorokan mengalami peradangan. Biasanya, sakit tenggorokan adalah gejala umum dari berbagai penyakit seperti misalnya flu ataupun demam monunukleosis. Apabila kasusnya ringan, radang tenggorokan biasanya akan pulih setelah satu hingga dua minggu. Ini tentu bukan waktu yang sebentar mengingat enggorokan yang radang menimbulkan rasa sakit ataupun kurang nyaman ketika penderitanya makan atau minum. Rasa sakit yang muncul ketika menelan kerap membuat penderita radang tenggorokan menjadi enggan makan dan minum. Padahal, tanpa asupan nutrisi yang cukup, tubuh justru akan semakin sulit untuk sembuh dari penyakit ini. Oleh sebab itu, kamu yang sedang mengalami radang tenggorokan alias faringitis harus tetap makan bernutrisi, dan cobalah mengonsumsi makanan untuk radang tenggorokan yang dapat membantu proses penyembuhan berikut ini. 

Ini rekomendasi makanan untuk radang tenggorokan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/tea-599227_1920-595x397.jpg
Makanan untuk Radang Tenggorokan yang Melegakan. (Foto: Pixabay)

1. Sup ayam

Sup ayam dapat membantu untuk mengurangi terjadinya peradangan dan juga mengurangi gejala sakit tenggorokan. Kuah sup ayam akan membantu menghidrasi tubuh, sementara rasa gurih asinnya akan membantu untuk memenuhi kebutuhan elektrolit pada tubuh. Agar nutrisinya lebih optimal, tambahkan sayuran seperti wortel ataupun kentang dalam sup ayam buatanmu. 

2. Bawang putih

Bawang putih mengandung antibakteri, fungisida serta sifat antivirus lain yang sangat baik untuk mengobati gejala radang tenggorokan atau faringitis yang kamu alami. Untuk mendapatkan khasiat bawang putih ini, kamu hanya perlu mengunyah atau menghisap aroma bawang putih selama 15 menit. Apabila terasa terlalu pahit di mulut, kamu bisa mencampur bawang putih dengan minyak zaitun ataupun madu. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkannya dalam jus sayuran. Namun, memakan bawang putih mentah atau sesegera mungkin setelah dihancurkan tentu lebih efektif efeknya dibanding cara lain. 

3. Jahe

Jahe memiliki sifat anti inflamasi, yang sangat membantu untuk penderita radang tenggorokan karena dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit yang terjadi. Kamu dapat merasakan khasiat jahe dalam mengatasi radang tenggorokan melalui berbagai bentuk, baik jahe utuh, teh jahe, hingga bubuk jahe. 

4. Akar manis

Licorice atau yang dikenal dengan akar manis dapat membantu untuk melindungi dinding tenggorokan sehingga tidak gampang terserang bakteri ataupun virus. Akar manis juga mampu meredakan sakit yang timbul akibat radang tenggorokan. Untuk mendapatkan manfaatnya, seduh akar manis dengan air hangat. Diamkan hingga air berubah warna, lalu gunakan air tersebut untuk berkumur. Pastikan air menyentuh tenggorokan ketika berkumur, ya. 

5. Kunyit

Layaknya jahe, tanaman herbal yang satu ini juga bersifat anti-radang dan anti-bakteri sehingga sangat sesuai untuk meredakan gejala radang tenggorokan. Kamu bisa merebus kunyit dan meminum air rebusannya, atau mengolah kunyit dalam berbagai olahan masakan yang lezat untuk merasakan manfaatnya. 
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

6. Pisang

Selain rasanya yang enak, tekstur pisang yang lembut membuatnya digemari oleh banyak orang. Ternyata, pisang mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh, lho. Pisang juga lebih mudah untuk dikonsumsi ketika radang berkat teksturnya yang lebih lembut dibanding buah-buahan lain. 

7. Madu

Madu memiliki kandungan antioksidan dalam kadar tinggi, bersifat anti-inflamasi dan anti-bakteri sehingga sangat efektif untuk melawan terjadinya infeksi dan juga membantu mempercepat sembuhnya luka. Ini menjadi alasan mengapa cairan kental yang berasal dari lebah ini sangat cocok untuk menjadi salah satu makanan yang mempercepat penyembuhan radang tenggorokan. 

8. Peppermint

Dibalik rasanya yang menyegarkan bagi pernafasan, ternyata kandungan mentol yang ada dalam peppermint juga dapat membantu untuk mengurangi gejala radang tenggorokan, lho. Peppermint juga bersifat anti-bakteri, anti-virus, dan anti-inflamasi sehingga cocok untuk membantu mempercepat proses penyembuhan radang tenggorokan. 

9. Delima

Pomegranate, atau yang lebih dikenal dengan sebutan delima, juga menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan untuk mempercepat masa penyembuhan dari radang tenggorokan. Delima mengandung banyak vitamin C, yang berperan penting dalam memulihkan luka termasuk peradangan, serta dapat mencegah terjadinya infeksi. Kamu dapat merasakan manfaat delima dengan mengonsumsinya secara langsung ataupun mengolahnya menjadi jus delima yang segar. 
Jadi, makanan untuk radang tenggorokan yang dapat membantu proses penyembuhan mana yang ingin kamu coba? Yuk, beli berbagai sayur dan buah segar untuk membantu proses penyembuhan saat radang tenggorokan di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg