Konsumsi 12 Makanan untuk Menambah Berat Badan Janin pada Masa Kehamilan

Kategori
Mengandung seorang bayi tentunya merupakan anugerah besar dalam kehidupan kamu dan pasangan. Jika kamu sedang dalam masa kehamilan, tentunya sangat penting untuk mencari tahu informasi tentang kehamilan dan menjaga agar ibu dan janin tetap sehat. Sangatlah penting bagi para ibu untuk menjaga pertumbuhan berat janin dengan baik pada bulan-bulan kehamilan. Janin benar-benar bergantung pada ibu untuk semua kebutuhan nutrisi. Seorang ibu hamil perlu menjaga pola makannya untuk memastikan pasokan darah dan nutrisi yang cukup, kepada janin. Ada penelitian yang menunjukkan peran nutrisi yang baik selama kehamilan untuk membantu berat janin. Janin membutuhkan penambahan berat badan agar tidak terlahir prematur dan memiliki berat lahir rendah. Maka, untuk kamu ibu yang sedang mengandung, yuk konsumsi 12 makanan untuk menambah berat badan janin pada masa kehamilan berikut ini.

Ini makanan untuk menambah berat badan janin

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/breakfast-1804457_1920-595x397.jpg
Makanan untuk Menambah Berat Badan Janin pada Masa Kehamilan. (Foto: Pixabay)

1. Susu

Sebuah penelitian menunjukkan, asupan susu minimum 200-500 ml per hari, mungkin memiliki efek positif pada berat janin. Susu tidak hanya menyediakan protein berkualitas baik tetapi juga sumber kalsium yang baik (nutrisi yang sama pentingnya bagi janin kamu). Susu bisa dikonsumsi dalam bentuk biasa. Jika kamu tidak terlalu tertarik untuk mengonsumsi susu biasa, kamu dapat membuatnya menjadi milkshake atau menambahkannya ke sereal gandum kamu saat sarapan.

2. Yoghurt atau Dadih

Bentuk lain di mana susu dapat bermanfaat untuk menambah berat badan janin adalah dengan mengonsumsi yoghurt atau dadih. Menambahkan semangkuk yoghurt atau dadih ke dalam makanan kamu tidak hanya memastikan produk susu, yang kaya protein tetapi juga membantu menjaga kesehatan usus kamu karena merupakan sumber bakteri asam laktat dengan sifat probiotik. 

3. Kedelai

Makanan penting lainnya dalam menambah berat badan janin adalah kedelai. Jenis kacang ini dapat dimasukkan dalam berbagai bentuk dalam makanan kamu seperti nugget kedelai, tahu, tempe, susu kedelai atau bahkan tepung kedelai. Kedelai adalah salah satu sumber protein terkaya untuk vegetarian. Kedelai sendiri kaya akan zat besi dan jika dikonsumsi dalam bentuk tahu atau tempe, juga menjadi sumber kalsium yang baik. Ini karena susu kedelai dikoagulasi dengan garam kalsium. 

4. Kacang polong dan Kacang

Ini dapat diambil baik dalam bentuk kering atau segar. Mereka tidak hanya menyediakan protein tetapi vitamin B kompleks, asam folat dan mineral seperti besi, magnesium, fosfor, kalium, dan tembaga. Semua ini diperlukan oleh ibu hamil untuk mempertahankan pola makan seimbang yang sehat. Selain itu, mereka juga memiliki serat yang membantu dalam konstipasi, umum terjadi pada kehamilan. Ini dapat ditambahkan ke berbagai makanan seperti sup, pasta, salad, dll.

5. Ayam

Jika kamu bukanlah seorang vegetarian maka kamu dapat menyertakan daging ayam dalam menu sehat di masa kehamilan kamu. Protein yang ditemukan dalam makanan ini memiliki kualitas unggul. Ayam menyediakan protein yang membantu perkembangan sel dan otot pada janin. Selain protein, makanan ini juga menyediakan zat besi hemoglobin. Tubuh kita lebih mudah menyerap zat besi dalam bentuk hem yang pada gilirannya membantu dalam anemia yang disebabkan oleh kehamilan.
Ingin menambah berat badan janin pada masa kehamilan? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli bahan makanan berkualitas bagi kamu saat masa kehamilan di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

6. Ikan

Makanan ini juga termasuk memiliki keuntungan menyediakan lemak esensial dalam bentuk asam lemak Omega-3. Ikan diperlukan untuk otak dan perkembangan janin secara keseluruhan. Kamu dapat menggunakan daging tanpa lemak karena merupakan sumber protein berkualitas tinggi terbaik tanpa lemak

7. Telur

Telur merupakan sumber protein dan vitamin A, D, dan mineral berkualitas baik seperti besi, dll. Faktanya, telur memiliki profil protein (asam amino) terbaik dan karenanya protein yang ada di dalamnya diambil sebagai protein referensi. Itu berarti kualitas protein dari makanan lain cocok dengan protein telur. Telur adalah sumber vitamin & mineral yang baik, terutama asam folat, kolin, dan zat besi. Ini membantu menjaga selaput ketuban kuat dan membantu mencegah cacat lahir pada janin.

8. Bayam

Bayam merupakan sumber asam folat yang baik. Asam folat sangat penting untuk perkembangan otak janin. Ini juga melindungi bayi dari gangguan tabung saraf. Mengonsumsi sayuran berdaun hijau minimal tiga kali seminggu untuk mendapatkan banyak vitamin, mineral, dan antioksidan.

9. Wortel dan Kentang

Ini adalah satu set sayuran untuk dimasukkan dalam pola makan sehat bagi kamu ibu hamil. Sayuran ini sangat kaya akan beta-karoten; suatu bentuk vitamin A. Vitamin A penting untuk perkembangan mata, paru-paru, dan kulit bayi yang sehat. Tengtunya ini bermanfaat untuk menambah berat badan janin selama masa kehamilan kamu.

10. Buah Jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C dan asam folat (defisiensi asam folat dapat ta menyebabkan cacat tabung saraf) dan menambah berat badan janin. Jeruk juga merupakan sumber Thiamin dan Kalium yang baik, dan sumber serat makanan yang sangat baik, yang membantu menghindari sembelit yang biasa terjadi pada kehamilan. Peran penting lain vitamin C adalah membantu penyerapan zat besi terutama dari diet vegetarian. 

11. Alpukat

Selain jeruk, alpukat juga merupakan buah yang baik di konsumsi sebagai makanan untuk menambah berat badan janin. Pasalnya alpukat memiliki kadungan lemak baik yang berguna untuk mencukupi nutrisi pada ibu hamil. Selain itu, mengonsumsi alpukat saat hamil juga dapat mencegah resiko penyakit jantung serta membantu menghasilkan kolesterol baik pada tubuh.

12. Daging tanpa lemak

Ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi daging tanpa lemak. Salah satu makanan untuk menambah berat badan janin ini juga dapat menjadi sumber protein yang baik untuk ibu dan janin. Kandungan protein pada daging tanpa lemak berguna meningkatkan perkembangan otot dan jaringan pada janin. Tidak hanya itu, daging tanpa lemak juga memiliki kandungan vitamin B kompleks serta zat besi yang berperan penting terhadap perkembangan otak pada janin.
Kini kamu sudah mengetahui 12 makanan untuk menambah berat badan janin pada masa kehamilan. Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli bahan makanan berkualitas bagi kamu saat masa kehamilan di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!