Cari Tahu 8 Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan Berikut Ini

Sebagai salah satu sayuran yang cukup populer di Indonesia, pastinya tidak sulit menemukan keberadaan kacang panjang. Pasalnya, sayuran ini kerap hadir di beberapa menu masakan khas Indonesia, mulai dari dijadikan sayur, tumis, atau sebagai sayuran di gado-gado. Sama seperti sayuran lainnya, ada banyak manfaat kacang panjang yang bisa kamu rasakan bagi kesehatan. Dalam 100 gram kacang panjang saja mengandung 2,8 gram protein. Nilai tersebut sama saja dengan 5% dari kebutuhan protein harian.

Selain itu, sayuran ini juga mengandung vitamin C, vitamin A, folat, serta berbagai mineral penting seperti magnesium, mangan, fosfor, zat besi, kalsium, kalium, dan zinc.

Mungkin kamu sering mengonsumsi kacang panjang, tapi tahukah kamu manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan dari sayuran ini? Berikut ini adalah delapan manfaat kacang panjang untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan.

Ini manfaat kacang panjang yang bisa kamu dapatkan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/yardlong-beans-1098530_1920-595x363.jpg

Manfaat Kacang Panjang untuk Kesehatan yang Bisa Kamu Coba. (Foto: Pixabay)

1. Menurunkan gula darah

Penyakit gula darah atau diabetes memang bisa diakibatkan karena keturunan atau pola makan yang buruk. Namun, jika tidak ditangani, gula darah bisa berakibat buruk, bahkan banyak kasus yang berakhir dengan korban jiwa. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan kadar gula darah yaitu dengan mengonsumsi kacang panjang.

Memang, manfaat yang satu ini masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk mendukung hasil yang lebih valid. Namun, karena kacang panjang bukan termasuk salah satu makanan yang dilarang bagi penderita diabetes, maka tidak ada salahnya kamu juga memasukkan sayuran yang satu ini ke dalam menu makanan kamu nanti.

2. Meredakan rasa nyeri saat haid

Manfaat lain dari mengonsumsi kacang panjang yaitu bisa meredakan rasa nyeri, misalnya saja seperti nyeri haid. Dalam kacang panjang, terkandung mineral seperti mangan yang berfungsi untuk menurunkan gejala dismenore.

3. Menekan terjadinya risiko kanker

Siapa sangka, kacang panjang ternyata juga memiliki manfaat untuk menekan terjadinya risiko kanker. Beberapa jenis kanker yang bisa dicegah dari mengonsumsi sayuran ini antara lain seperti kanker payudara, kanker usus, kanker paru-paru, bahkan kanker otak dapat dicegahnya.

Hal ini tidak lain karena kacang panjang memiliki antioksidan dan asam folat yang cukup tinggi. Seperti yang kamu ketahui, kandungan tersebut berperan penting dalam menekan risiko penyakit berbahaya ini.

4. Menjaga kesehatan jantung

Gaya hidup dan kualitas udara yang buruk kerap menjadi salah satu penyebab radikal bebas dapat masuk ke dalam tubuh. Kacang panjang sendiri memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi menangkal masalah tersebut, sehingga organ penting pada tubuh seperti jantung dapat terlindungi dari kerusakan.

Selain itu, kacang panjang juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan tentu saja hal itu dapat membantu proses kerja jantung menjadi lebih baik.

5. Menambah darah

Penyakit anemia atau kurang darah tentunya dapat ditanggulangi dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan mineral lain yang bisa memicu perkembangan sel darah merah.

Nah, mineral-mineral tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi kacang panjang. Dengan meningkatnya pertumbuhan sel darah merah, maka secara alami masalah anemia ini bisa dihindari.

Ingin mencoba manfaat kacang panjang? Jika kamu tertarik untuk mengonsumsi kacang panjang, kamu bisa membelinya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang juga!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg

6. Meningkatkan stamina tubuh

Semakin tinggi dan padatnya aktivitas, tentunya tubuh membutuhkan stamina yang cukup untuk bisa mengimbangi aktivitas tersebut. Salah satu manfaat kacang panjang bagi kesehatan yaitu dapat meningkatkan stamina tubuh. Tentunya, hal ini sangat baik bagi kamu yang kerap beraktivitas berat atau sering melakukan olahraga.

Pada dasarnya, saat tubuh dipaksa melakukan pekerjaan yang berat, tubuh membutuhkan asupan oksigen lebih banyak dari keadaan normal. Oksigen sendiri dibawa dalam darah menuju otak.

Salah satu manfaat kacang panjang yaitu dapat melancarkan peredaran darah dan memicu pembentukan sel darah merah. Maka, jika kedua hal ini bekerja dengan baik, oksigen yang dibawa oleh darah akan lebih lancar dan tercukupi. Dengan begitu, stamina pun juga dapat terjaga.

7. Menjaga kecerahan kulit

Menyambung manfaat sebelumnya, apabila peredaran darah mengalir secara lancar, maka kulit juga akan terlihat lebih sehat. Selain itu, kandungan vitamin C miliknya juga sangat baik dalam menjaga kecerahan kulit. Vitamin C memang kerap dimanfaatkan di berbagai produk pencerah kulit.

8. Nutrisi untuk ibu hamil

Bagi wanita yang berada dalam masa kehamilan, pastinya dituntut untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya dengan baik. Salah satu manfaat kacang panjang yaitu menjaga nutrisi pada ibu hamil agar tetap tercukupi.

Kacang panjang memang dikenal karena memiliki kandungan asam folat yang penting bagi perkembangan sel dan DNA pada janin. Apabila asam folat tercukupi dengan baik, maka hal itu bisa membantu menurunkan risiko bayi terlahir cacat. Tak heran, kacang panjang kerap menjadi makanan pendamping dalam memenuhi asupan asam folat pada ibu hamil.

Itulah deretan manfaat kacang panjang yang bisa kamu dapatkan. Ternyata banyak sekali manfaat kacang panjang untuk kesehatan, ya! Jika kamu tertarik untuk mengonsumsi kacang panjang, kamu bisa membelinya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang juga!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox