Ini 10 Resep Olahan Tempe yang Murah, Enak, dan Praktis Dimasak

Kategori

Tempe rasanya sudah sangat populer di masyarakat Indonesia. Bukan hanya karena harganya yang murah, tetapi rasanya yang enak membuat banyak sekali orang yang menyukai tempe. Tempe adalah olahan fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapang Rhizopus. Secara umum, tempe berwarna putih karena pertumbuhan miselia kapang yang merekatkan biji-biji kedelai sehingga terbentuk tekstur yang memadat. Makanan tradisional ini mengandung asam lemak, vitamin A, B, D, E, K, mineral, dan juga antioksidan. Nilai tambah lainnya adalah tempe sangat praktis untuk dimasak. Yuk, simak ini 10 resep olahan tempe yang murah, enak, dan praktis dimasak di bawah ini.

Ini resep olahan tempe yang murah, enak, dan praktis

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/05/ella-olsson-Pb9aFVR9-Bk-unsplash-595x446.jpg

Resep Olahan Tempe yang Murah, Enak, dan Praktis Dimasak. (Foto: Pixabay)

1. Kering Tempe

Bahan-bahan:

2 papan tempe 4 siung bawang putih (iris) 6 siung bawang merah (iris) 2 buah cabai merah (iris) 10 buah cabai rawit merah (iris) 1 batang sereh (iris) 1 sdm gula merah secukupnya Kecap manis secukupnya Garam secukupnya Minyak goreng

Cara membuat:

– Potong-potong tempe memanjang atau sesuai selera. Kemudian goreng hingga kering. Sisihkan. – Panaskan minyak goreng secukupnya, tumis semua bahan iris hingga harum. Kemudian tambahkan gula merah. Aduk rata. – Masukkan tempe yang sudah digoreng kering. Beri kecap manis dan garam secukupnya. Aduk rata. Tes rasa. – Masak sebentar hingga semua bumbu tercampur dengan tempe. Matikan api. Angkat dan sajikan.

2. Tempe Mendoan

Bahan-bahan:

Bahan adonan:

1/2 papan tempe, potong tipis 10 sdm tepung terigu 3 siung bawang putih, haluskan 1 batang daun bawang/kucai, iris halus 2 biji kemiri, haluskan 1 sdt ketumbar Secukupnya garam dan merica bubuk Secukupnya air

Bahan sambal:

6 cabai rawit, iris kasar Secukupnya kecap manis

Cara membuat:

– Dalam wadah, campur semua bahan adonan, kecuali tempe. Kemudian aduk merata sampai menjadi adonan yang kental. – Iris tempenya tipis, masukkan tempe dalam adonan, bolak balik supaya merata. – Panaskan minyak dalam wajan, lalu goreng tempe sampai tepung sudah kelihatan matang. Tidak perlu menggorengnya sampai kering atau kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. – Sajikan tempe mendoan dalam piring saji. Hidangkan dengan ditemani sambal kecap.

3. Tempe Geprek

Bahan-bahan:

1 papan tempe Secukupnya tepung bumbu serbaguna Secukupnya air es Secukupnya kaldu bubuk 3 buah cabai rawit 2 buah cabai merah keriting 1 siung bawang putih

Cara membuat:

– Iris tempe. Siapkan tepung bumbu. Larutkan kaldu bubuk dengan air es. Celupkan tempe ke dalam larutan kaldu bubuk, lalu balut dengan tepung bumbu. Lakukan 2x agar lebih krispy. – Goreng dalam minyak panas sampai matang. Kemudian geprek tempe. – Haluskan cabai rawit, cabai merah dan bawang putih. Beri garam secukupnya. –  Lalu ambil 2sdm minyak sisa menggoreng tempe, tuang pada sambal lalu aduk rata. – Taruh sambal di atas tempe geprek. Sajikan.

4. Oseng Tempe Kacang Panjang Pedas

Bahan-bahan:

1/2 papan tempe (potong kotak-kotak) 6 buah kacang panjang (potong-potong panjang) 1/2 buah bawang bombay 2 siung bawang putih 3 siung bawang merah 8 buah cabai rawit merah 1 sdm saos tiram Secukupnya gula, garam, dan air

Cara membuat:

– Goreng terlebih dahulu tempe yang sudah dipotong. Tambahkan garam sedikit ketika akan dimasukkan ke dalam minyak. – Kemudian goreng hingga kecoklatan, tiriskan. – Siapkan trio bawang lalu iris tipis, iris juga cabai rawit. – Siapkan wajan dan sedikit saja minyak lalu masukan trio bawang. Masak hingga harum lalu masukkan cabai rawitnya – Kemudian masukkan kacang panjang yang sudah dipotong. Masak sampai agak layu lalu masukan tempe yang sudah digoreng sebelumnya. – Tambahlan saos tiram dan sedikit air lalu koreksi rasa. Angkat dan sajikan.

Ingin mencoba resep olahan tempe yang murah, enak, dan praktis dimasak ini? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli tempe berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

5. Tempe Bacem

Bahan-bahan:

Tempe 1/2 kotak (potong sesuai selera) 3 siung Bawang putih 5 siung Bawang merah 1 lbr Daun salam Laos 1 ruas,geprek 1 sdm Air asam 1 sdm Ketumbar 1 sdm Gula putih 2 sdm Gula merah 2 sdm Kecap manis 1/2 sdt Garam

Cara membuat:

– Haluskan bawang putih, bawang merah, gula, dan garam. – Rebus bumbu bersama air, lalu masukkan salam dan laos. – Tambahkan kecap dan gula merah. Kemudian masukkan tempe. – Setelah air menyusut, angkat dan goreng tempe bacem dengan api kecil.

6. Kering Tempe Teri Kacang

Bahan-bahan:

Tempe Teri Kacang tanah Bawang merah, bawang putih, cabai keriting, dan cabai rawit Lengkuas dan salam Sedikit kecap, gula, penyedap rasa, dan garam

Cara membuat:

– Goreng sampai kering tempe, teri, dan kacang tanah. – Blender bawang merah, bawang putih, dan cabai. – Masukkan minyak. Tumis bumbu halus tambahkan lengkuas dan salam. – Tambahkan sedikit kecap, gula, penyedap rasa, dan garam. – Cicipi jika sudah pas, matikan api lalu masukkan tempe, teri, dan kacang tanah yang udah digoreng. – Masak sampai bumbu tercampur rata. Angkat dan sajikan.

7. Tempe Katsu Saos Asam Pedas

Bahan-bahan:

Bahan Tepung Basah

1 butir telur 2 siung bawang putih 3 sdm santan 4-5 sdm tepung terigu Sesuai selera merica, garam, gula, kaldu atau penyedap

Bahan Saus Asam Pedas

·
2 sdm margarin atau olive oil
·
2 sdm saus barbeque atau tomat
·
1 sdm minyak wijen
·
2 sdm saus tiram
·
2 sdm kecap inggris
·
1 sdm saus sambal
·
1/2 bawang bombai
·
Sesuai selera cabai rawit
·
2 siung bawang putih
·
Sesuai selera gula, garam, cuka
·
Tepung maizena (opsional)
·
Secukupnya air

Bahan Lainnya

·
1 papan tempe
·
150 gr tepung roti
·
Secukupnya minyak goreng

Cara membuat:

·
Potong tempe ukuran sekitar 2 x 2 x 3 cm lalu pipihkan.
·
Buat adonan basah, haluskan bawang putih, bumbui dengan sedikit garam. Masukkan dalam wadah.
·
Masukkan telur, santan, tepung terigu, merica, garam, kaldu atau penyedap, dan gula. Aduk rata.
·
Celupkan tempe ke adonan basah lalu gulingkan ke tepung roti. Pastikan permukaan tempe terlapisi sempurna.
·
Goreng tempe hingga warnanya cokelat keemasan.
·
Buat saus asam pedas. Iris bawang bombai, cabai rawit, dan geprek bawang putih. Masukkan dalam wadah.
·
Masukkan saus barbeque, saus tiram, kecap inggris, saus sambal, dan minyak wijen. Aduk rata. Tambahkan tepung maizena jika perlu.
·
Masukkan olive oil atau margarin ke pan. Tumis bawang bombai dan bawang putih hingga kecokelatan.
·
Masukkan cabai rawit dan campuran saus tadi. Tambahkan air, lalu cicipi. Kemudian tambahkan sedikit cuka, masak hingga saus mengental.
·
Tempe Katsu Saus Asam Pedas siap disajikan.

8. Tempe Vegan BBQ

Bahan-bahan :

·
2 buah tempe berukuran medium
·
1 cup air masak
·
3 sdm minyak zaitun
·
saus BBQ siap pakai

Cara membuat :

·
Potong tempe berbentuk dadu dengan ukuran sama besar, sisihkan.
·
Rebus tempe hingga matang namun awasi jangan sampai terlalu lembut.
·
Siapkan wajan dan goreng tempe hingga matang di semua sisi. Hindari menggoreng dengan minyak penuh untuk menjaga tekstur tempe tetap lembut.
·
Tambahkan saus BBQ pada wajan dan campurkan hingga semua tercmapur merata. Tambahkan penyedap rasa lainnya.
·
Ingin rasa yang lebih khas, panggang tempe dan nikmati selagi hangat.

9. Perkedel Tempe

Bahan-bahan :

·
1 buah tempe
·
1 butir telur
·
1 siung bawang putih
·
daun bawang
·
merica
·
kaldu jamur

Cara membuat :

·
Rebus/kukus tempe hingga matang, untuk memudahkan saat dihancurkan.
·
Masukkan rebusan tempe ke dalam blender atau food processor dan masukkan bumbu lainnya seperti bawang putih, irisan daun bawang, merica, kaldu jamur dan juga telur yang sudah dikocok terlebih dahulu.
·
Aduk sampai tercampur merata dan bentuk menyerupai perkedel/sesuai selera.
·
Goreng perkedel tempe dengan api sedang hingga matang dan selamat menikmati!

10. Dadar Tempe

Bahan-bahan :

·
3 butir telur
·
1 buah tempe ukuran medium
·
3 siung bawang merah
·
2 siung bawang putih
·
daun bawang secukupnya
·
kaldu bubuk
·
garam dan merica secukupnya
·
5 sdm minyak goreng

Cara membuat :

·
Hancurkan tempe dengan garpu, dapat dihancurkan sampai halus atau kasar saja.
·
Kocok telur dengan garam, merica, dan kaldu bubuk. Masukkan daun bawang dan aduk hingga tercampur merata.
·
Tumis bawang merah, bawang putih, bersamaan dengan tempe dan tumis sampai matang.
·
Ratakan tempe di wajan dan masukkan kocokan telur, sebar diatas tempe hingga tercampur.
·
Masak hingga kedua sisi matang.
·
Sajikan selagi hangat!

Jadi, setelah mengetahui 10 resep olahan tempe yang murah, enak, dan praktis dimasak ini, mana yang ingin kamu coba? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli tempe berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox