Supaya Tidak Gatal, Ini 7 Cara Memotong Nanas yang Benar

Mengonsumsi buah secara teratur setiap hari bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Meski begitu, banyak yang enggan melakukannya karena alasan malas dan sulit mengupas kulitnya. Masalah ini biasanya terjadi pada buah-buahan yang memiliki tekstur kulit yang keras dan tebal seperti nanas. Padahal, nanas memiliki banyak vitamin yang baik untuk tubuh, yaitu kaya akan vitamin C yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Rasanya yang asam dan segar, tidak jarang buah ini juga diolah menjadi berbagai makanan dan minuman segar, seperti koktail, rujak, dan asinan buah. Di sisi lain, getah nanas yang bisa membuat lidah gatal juga menjadi alasan lain keengganan banyak orang mengonsumsi buah ini. Padahal, jika kamu tahu caranya, prosesnya tidak sesulit dan serumit yang kamu pikirkan. Supaya tidak gatal, berikut ini adalah tujuh cara memotong nanas yang benar.

Ini cara memotong nanas yang benar

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/pexels-polina-tankilevitch-4110332-595x397.jpg
Cara Memotong Nanas yang Benar. (Foto: Pexels)

1. Potong bagian atas dan bawah terlebih dahulu

Tidak seperti buah pada umumnya, tekstur nanas yang memiliki kulit sedikit tebal dengan daun yang meruncing di atasnya memang memiliki cara yang berbeda ketika ingin mengupasnya. Pertama, siapkan alat-alatnya terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan pisau tajam untuk memotong dan talenan untuk alas memotongnya.
Kemudian, letakkan nanas di atas talenan atau alas lainnya yang memiliki permukaan datar. Lalu, potong dan buang bagian atas atau mahkotanya yang berupa daun-daun runcing. Setelah itu, lanjutkan dengan memotong dan buang bagian bawahnya sehingga permukaan atas dan bawah nanas menjadi datar. Selanjutnya, usap-usapkan potongan bagian atas dan bawah buah nanas tadi pada bagian daging buah untuk menghilangkan getahnya.

2. Buang kulit nanas dengan cara mengirisnya

Setelah memotong bagian atas dan bawah nanas, lanjutkan dengan meletakkan nanas di atas talenan dalam posisi berdiri. Kemudian, buang kulit nanas dengan cara mengiris kulit luarnya. Lakukan dengan memotongnya dari atas ke bawah. Lanjutkan hingga kulit nanas terbuang sepenuhnya.
Sedikit informasi, kamu bisa memotong kulitnya setipis mungkin agar daging nanas tidak terbuang percuma. Karena, bagian yang manis dari buah ini justru terletak pada bagian daging terluarnya. Sedangkan, bagian tengahnya justru memiliki tekstur yang keras dan rasa tawar.

3. Balurkan garam ke nanas yang telah dikupas sebelumnya, lalu cuci bersih

Siapkan garam dapur secukupnya. Setelah itu, baluri seluruh bagian buah nanas dan biarkan kurang lebih selama 5 menit. Lanjutkan dengan mencuci bersih di bawah air mengalir.

4. Buang bintik mata nanas dengan mengikuti polanya

Lanjutkan dengan membuang bintik mata nanas. Bintik mata nanas memiliki pola berjajar secara diagonal. Nah, untuk mempermudah, kamu bisa membuangnya dengan cara memotongnya mengikuti kontur buah tersebut.
Buang mata nanas dengan cara memotongnya seperti bentuk huruf V di sepanjang garis diagonal kontur buah tersebut. Memotong dengan cara tersebut membuat daging nanas tidak banyak terbuang dibandingkan kamu memotong bintik matanya dengan cara mengiris seperti kamu memotong kulit bagian terluarnya. Jika membuangnya dengan cara mencongkel atau memotong bintik matanya satu per satu, justru bisa memakan waktu lebih lama.

5. Buang bagian tengah nanas

Bagian tengah buah nanas memiliki tekstur yang keras dan sulit dimakan. Tidak seperti daging buah bagian luar, bagian dalam buah nanas juga memiliki rasa cenderung hambar dan tidak semanis bagian luarnya. Oleh karena itu, bagian ini sebaiknya dibuang.
Untuk membuang bagian ini, kamu bisa menaruh kembali buah nanas di atas talenan. Letakkan nanas dengan posisi berdiri. Lalu, potong menjadi dua bagian. Dari masing-masing bagian, potong kembali menjadi dua. Setelah itu, buang bagian tengah dengan cara memotongnya seperti huruf V.
Ingin mencoba cara memotong nanas ini di rumah? Kamu bisa membeli nanas segar dan berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/Banner-Blog-595x335-595x335.jpg

6. Potong nanas dengan cara mengirisnya tipis-tipis

Setelah bagian tengahnya terbuang, kamu bisa memotongnya dengan cara mengirisnya tipis-tipis jika ingin mengonsumsinya langsung. Tidak harus dengan potongan tersebut, kamu bisa juga kok memotongnya sesuai selera dan kebutuhan.

7. Rendam kembali potongan nanas di air garam, lalu cuci kembali hingga bersih

Untuk memastikan kembali, kamu bisa merendam kembali nanas dalam larutan air garam kurang lebih selama 3 menit sambil digosok-gosok. Lanjutkan dengan mencucinya kembali hingga bersih menggunakan air matang.
Nah, itulah tujuh cara memotong nanas yang benar agar tidak gatal. Penyebab buah nanas bisa membuat lidah gatal tidak lain karena buah ini mengandung enzim bromelain. Uniknya, hanya nanas lah satu-satunya buah yang memiliki kandungan tersebut. Di sisi lain, enzim tersebut berfungsi untuk membantu mencerna protein dan memecah asam amino.
Tidak hanya air garam, sebenarnya kamu bisa menggunakan yoghurt dan es krim untuk membantu menghambat kinerja enzim bromelain pada nanas. Hanya saja, caranya sedikit berbeda, yaitu mengonsumsi nanas bersamaan dengan kedua bahan tersebut. Niscaya rasa gatal yang biasa timbul saat kamu mengonsumsi nanas akan berkurang.
Setelah mengetahui cara memotong nanas yang benar, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsi nanas? Jika iya, kamu bisa membeli nanas yang segar dan berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/Banner-Blog-595x335-595x335.jpg
(Siti Kamilla)