Lebih Sehat, Ini 7 Cara Membuat Saos Tomat Sendiri di Rumah

Kategori
Bagi masyarakat lokal, makan tanpa kehadiran sambal memang kurang lengkap. Maka tak heran, hampir semua rumah makan tradisional pasti menyediakan sambal sebagai pendampingnya. Seiring kemajuan zaman, masyarakat Indonesia kini pun mulai terbuka dengan kehadiran budaya asing, termasuk soal kuliner. Jangan heran, jika kini banyak restoran dan makanan khas negara asing yang bermunculan. Nah, kebanyakan dari makanan tersebut biasanya menggunakan saos tomat sebagai saos utama seperti spaghetti dan pizza, ataupun sebagai saos cocolan seperti pada fried chicken, fried fries, dan yang lainnya. Keberadaan saos tomat pun kini tidak kalah pentingnya. Hampir di setiap rumah, pasti menyediakan saos tomat di dapurnya masing-masing. Entah dalam kemasan botol ataupun sachet. Lalu, bagaimana jika kamu ingin membuat saos tomat sendiri, apakah sulit? Ternyata tidak! Apalagi, membuat saos tomat sendiri di rumah tentu lebih sehat. Karena memang, kamu tahu apa saja bahan-bahan yang digunakan dan bagaimana kebersihan proses pembuatannya. Untuk kamu yang penasaran, berikut ini adalah tujuh cara membuat saos tomat sendiri di rumah.

Cara membuat saos tomat sendiri di rumah

Bagaimana cara membuat saos tomat sendiri di rumah? Simak caranya berikut ini, yuk!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/10/tomato-sauce-2729689_1920-595x397.jpg
Cara Membuat Saos Tomat Sendiri di Rumah. (Foto: Pixabay)

1. Pilih tomat dengan kriteria yang pas

Bahan utama pembuatan saos tomat tentu adalah buah tomat segar. Tak hanya segar, buah tomat yang digunakan harus memenuhi beberapa kriteria. Pertama, pilihlah tomat tua dan masak pohon dengan warna merah oranye tua yang merata. Pastikan, teksturnya masih dalam kondisi keras. Untuk jenisnya sendiri, kamu bisa memilih plum tomato yang memiliki bentuk lebih lonjong ataupun jenis beef tomato yang memiliki bentuk bulat gemuk.

2. Persiapkan bahan-bahan pendukung lainnya

Setelah memilih kriteria tomat yang sesuai, kamu dapat menyiapkan tujuh buah tomat yang masih segar sebagai bahan utamanya. Pastikan tidak ada bagian yang busuk. Untuk bahan pendukung, beberapa yang harus dipersiapkan antara lain:
·
5 buah cabai merah berukuran besar yang sudah dibuang bagian dalam dan bijinya.
·
5 siung bawang putih.
·
1 sdt garam.
·
1 sdm gula pasir.
·
1 sdm tepung maizena.
·
Air (secukupnya).

3. Cuci tomat, cabai, dan bawang putih hingga bersih, kemudian rebus

Salah satu keuntungan membuat saos tomat sendiri yaitu, proses kebersihannya yang lebih terjamin. Nah, untuk memastikan kebersihan bahan-bahan yang digunakan, tentu proses pencuciannya harus diperhatikan semaksimal mungkin.
Lantas, bagaimana cara mencuci bahan-bahan tersebut? Pertama, cuci tomat, cabai, dan bawang putih di bawah air mengalir. Kamu bisa menggunakan sabun khusus mencuci buah dan sayur. Hal ini bertujuan untuk memastikan sisa-sisa pestisida yang menempel hilang sepenuhnya.
Jika sudah, siapkan air di dalam panci, lalu masukkan ketiga bahan tersebut. Sebelum memasukkan tomat, beri sedikit sayatan. Lanjutkan dengan merebus ketiganya bersamaan hingga sedikit melunak. Setelah itu, angkat dan tiriskan cabai dan bawang putih di tempat berbeda.

4. Kupas kulit tomat sebelum dihaluskan

Selanjutnya, kupas kulit tomat terlebih dahulu hingga bersih. Sebenarnya, tidak apa-apa jika ingin menggunakan kulitnya. Namun, tekstur saos yang dihasilkan nanti biasanya kurang halus.
Setelah kulit tomat dibersihkan, haluskan tomat bersamaan dengan cabai merah, bawang putih, dan air secukupnya. Agar lebih maksimal, gunakan blender untuk menghaluskannya.
Ingin mencoba cara membuat saos tomat ini sendiri di rumah? Kamu bisa membeli tomat segar untuk membuatnya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

5. Masak campuran tersebut hingga mendidih dan teksturnya mengental

Langkah selanjutnya adalah proses pemasakan. Pertama, siapkan panci dan panaskan kompor menggunakan api sedang. Masukkan campuran tomat, cabai merah, dan bawang putih tadi hingga mendidih.
Kemudian, kecilkan api, lalu masukkan bumbu seperti garam dan gula pasir secukupnya untuk memperkaya rasa. Selama pemasakan, aduk terus adonan agar proses pematang merata dan tidak gosong.

6. Kentalkan saos dengan larutan maizena

Agar tekstur saos mengental, gunakan larutan maizena. Pertama, persiapkan terlebih dahulu wadah baru. Kemudian, larutkan tepung maizena dengan air sebanyak lima sendok makan. Aduk hingga tekstur tepung larut dan tidak menggumpal.
Setelah itu, barulah masukkan larutan maizena kedalam campuran tomat sebelumnya. Masak sebentar hingga muncul letupan. Barulah angkat dan dinginkan hingga hawa panasnya hilang.

7. Simpan saos di dalam wadah tertutup, lalu taruh di dalam kulkas

Jika suhu panasnya sudah normal, simpan saos tomat ke dalam tempat khusus. Bisa wadah berbentuk jar atau botol. Namun, sebelum memasukkannya ke wadah tersebut, pastikan kamu sudah mencuci bersih dan mensterilkannya.
Apabila kamu menggunakan botol berbahan kaca, kamu bisa mencucinya menggunakan air panas terlebih. Setelah wadah kering, masukkan saos tomat dan saos pun siap digunakan. Nah, selanjutnya kamu menyimpannya di dalam kulkas.
Bagaimana, mudah bukan cara membuatnya? Selain soal kebersihan dan kesehatan, membuat saos tomat sendiri di rumah tentu memiliki beberapa keuntungan. Salah satunya yaitu, kamu bisa menyesuaikan rasa sesuai dengan selesa yang kamu inginkan. Yuk, buat saos tomat sendiri di rumah. Temukan bahan-bahan untuk membuatnya di Sayurbox, ya. Cek produknya sekarang!
(Siti Kamilla)