8 Cara Membuat Mie Organik yang Mudah di Rumah

Kategori
Mie adalah salah satu jenis makanan yang menjadi favorit banyak orang. Namun, terlalu sering mengonsumsi mie instan dapat berdampak kurang baik untuk kesehatan karena mengandung bahan pengawet dan MSG. Tetapi, bagi kamu pecinta mie tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengonsumsi mie sehat dengan membuatnya sendiri di rumah. Mie organik yang terbuat dari sayuran cenderung lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk, simak ini 8 cara membuat mie organik yang mudah di rumah.

Ini cara membuat mie organik yang mudah di rumah

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/food-2877773_1920-595x396.jpg
Cara membuat mie organik yang mudah di rumah. (Foto: Pixabay)

1. Siapkan semua bahan-bahan untuk membuat mie organik

Cara membuat mie organik yang pertama tentu adalah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Beberapa jenis sayur dan buah yang bisa kamu gunakan untuk membuat mie organik dianntaranya adalah bayam, sawi hijau, tomat, ubi ungu, labu, bit, buah naga, dan lainnya. Kamu dapat menggunakan sayur atau buah sesuai selera dan sesuai warna mie seperti apa yang kamu inginkan. Selain sayur dan buah, masih ada beberapa bahan yang kamu butuhkan, di antaranya:
·
100 ml air
·
500 gram tepung terigu protein sedang
·
1 butir telur
·
3 sdm minyak goreng
·
1 sdm tepung maizena
·
1 sdt garam

2. Blender sayur hingga menjadi jus

Jika semua bahan telah siap, selanjurnya adalah mulai mengolah sayur untuk dijadikan mie. Cuci sayuran atau buah yang akan kamu gunakan di bawah air mengalir. Pastikan sayuran dan buah sudah bersih sempurna sebelum diolah.
Setelah itu, blender sayur atau buah tersebut menggunakan 100ml air. Blender sayur atau buah hingga halus dan menjadi jus. Lalu campurkan garam dan telur kedalam jus dan kocok hingga tercampur rata.

3. Campur jus sayur dengan tepung

Selanjutnya, masukkan tepung terigu ke dalam wadah kemudian campur dengan jus sayur secara perlahan. Aduk adonan tersebut hingga tercampur rata dan adonan tidak pecah. Aduk terus adonan hingga tekstur menggumpal dan tidak lengket saat dipegang.

4. Ulenin adonan hingga kalis

Jika adonan sudah menyatu dan tidak lengket ketika dipegang, selanjutnya diamkan adona sekitar 20 menit. Diamkan adonan hingga kalis dan mudah dicetak. Saat didiamkan, tutup wadah adonan menggunakan serbet agar tetap bersih dan teksturnya terjaga.
Ingin mencoba cara membuat mie organik dari sayur dan buah ini? Yuk, beli sayur dan buahnya di Sayurbox, gunakan juga kode voucher di bawah ini untuk mendapatkan potongan harga.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg

5. Giling adonan hingga menjadi mie

Cara membuat mie organik selanjutnya adalah mulai menggiling dan mencetak adonan menjadi mie. Supaya lebih mudah kamu bisa menggunakan marcato atau alat penggiling mie. Pada saat menggiling mie, taburi adonan dengan tepung maizena agar tidak menggumpal satu sama lain.

6. Rebus mie hingga matang

Setelah semua adonan selesai digiling, cara membuat mie organik selanjutnya adalah merebus mie agar dapat diolah. Pertama, panaskan air di dalam panci, lalu masukkan sekitar 3 sdm minyak goreng. Campuran minyak pada air rebusan ini bertujuan agar mie tidak menempel satu sama lain saat direbus.
Kemudian rebus adonan hingga mie terapung. Selanjutnya, tiriskan mie dan percikkan sedikit minyak sayur agar mie tidak lengket satu sama lain. Mie siap digunakan dan diolah menjadi berbagai menu masakan.

7. Olah mie dengan bumbu sesuai keinginan

Jika mie organik buatanmu sudah matang, kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai menu masakan. Untuk mie dari olahan sayur paling enak diolah menjadi mie goreng. Sedangkan mie yang dibuat dari campuran jus buah nikmat dibuat menjadi olahan mie dengan kuah karena rasanya lebih segar.

8. Tambahkan topping agar lebih nikmat

Untuk menambah kenikmatan mie organik buatanmu, kamu juga bisa menambahkan topping atau lauk pelengkap sesuai selera. Mie organik dengan bumbu seperti mie goreng kamu bisa tambahkan telur mata sapi atau ayam goreng. Sedangkan mie organik kuah, campuran bakso atau siomay bisa jadi pilihan. Supaya mie organik buatanmu lebih kaya rasa, kamu juga bisa menambahkan taburan bawang goreng atau daun bawang sebagai pelengkap.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg