7 Cara Membuat Manisan Pepaya yang Enak dan Sehat untuk Camilan

Kategori
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati buah kaya serat seperti pepaya. Mulai dari mengolahnya menjadi jus, smoothies, hingga puding. Selain olahan tersebut, kamu juga bisa lho mengolahnya menjadi manisan. Bahkan, manisan pepaya termasuk salah satu jenis manisan yang banyak disukai. Kira-kira, apakah membuatnya itu sulit? Ternyata tidak, kok. Nah, untuk kamu yang tertarik, berikut ini adalah tujuh cara membuat manisan pepaya yang enak dan sehat untuk camilan.

Cara Membuat Manisan Pepaya yang Enak

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2021/01/dapur_mamaalba-595x407.jpg
Cara Membuat Manisan Pepaya yang Enak dan Sehat untuk Camilan. (Foto: Instagram / dapur.mamaalba)

1. Cara membuat manisan pepaya sederhana

Untuk permulaan, kamu bisa nih membuat manisan pepaya yang paling mudah dan sederhana. Bahan-bahan yang bisa kamu persiapkan antara lain, 2 mangkuk pepaya mengkal yang sudah direndam dengan air kapur sirih selama satu malam, kemudian cuci dan tiriskan. Setelah itu, siapkan 200 gram gula dan 7 cm kayu manis.
Lalu, bagaimana cara membuatnya? Pertama, panaskan semua bahan di atas wajan tanpa menggunakan air. Kemudian, aduk hingga gula mencair dan pepaya mengeluarkan kandungan airnya. Lanjutkan hingga kadar air pepaya berkurang dan teksturnya sedikit mengering. Matikan kompor, tiriskan, dan manisan pepaya pun siap dinikmati.

2. Cara membuat manisan pepaya basah

Bahan-bahan yang harus kamu siapkan antara lain, 1 buah pepaya mengkal, 4 sdm garam yang dilarutkan dalam 1 liter air, 3 sdt kapur sirih yang sudah dilarutkan dalam 1 liter air, dan 1 kg gula pasir.
Pertama, kupas dan cuci bersih buah pepaya dan potong dengan ukuran sedang. Tambahkan potongan pepaya dengan campuran garam dan kapur sirih yang sudah dilarutkan dengan air, lalu aduk dan tiriskan hingga teksturnya layu. Rendam kembali selama 12 jam, setelah itu kembali tiriskan. Masak pepaya bersama gula pasir dan air, kemudian aduk-aduk hingga merata.
Masak hingga tekstur air gulanya sedikit mengental, namun jangan sampai tekstur pepayanya lunak. Setelah itu, tiriskan hingga dingin. Manisan pepaya pun siap disajikan.

3. Cara membuat manisan pepaya kering

Tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, untuk membuat manisan pepaya kering kamu harus mempersiapkan beberapa bahan seperti 1 buah pepaya mengkal, 2 sdm garam, 750 gram gula pasir, 250 ml air, dan 1 sdm kapur sirih ditambah 2 liter air yang sudah dilarutkan.
Untuk membuatnya, kamu bisa kupas dan potong pepaya terlebih dahulu. Lalu, cuci hingga bersih. Letakkan pepaya dalam wadah dan tambahkan garam sembari diremas hingga teksturnya layu. Cuci dan tiriskan kembali.
Lanjutkan dengan merendam pepaya dalam larutan kapur sirih hingga 2 jam. Cuci dan tiriskan kembali.
Tambahkan 250 gram gula pasir pada pepaya sambil diaduk rata hingga airnya keluar. Biarkan selama 1 jam, lalu lanjutkan dengan merebusnya dengan sisa gula dan air sebanyak 250 ml sampai mendidih.
Setelah itu, rendam kembali pepaya dalam air rendaman gula selama satu malam. Jemur selama 2 hari hingga teksturnya kering. Manisan pepaya pun siap disajikan.

4. Cara membuat manisan pepaya kering tanpa kapur sirih

Resep manisan pepaya kering kali ini tidak menggunakan kapur sirih. Soal rasa, tidak banyak perbedaan, kok. Prosesnya pun tidak jauh berbeda.
Beberapa bahan yang harus dipersiapkan yaitu, 1 buah pepaya mengkal, 2 sdm garam, 800 gram gula pasir, dan 250 ml air.
Pertama, kupas dan potong buah pepaya terlebih dahulu. Kemudian, cuci hingga bersih. Beri garam dan remas-remas hingga layu. Kemudian, cuci dan tiriskan kembali.
Rendam pepaya dalam larutan air beras selama 2 jam. Cuci dan tiriskan kembali. Setelah itu, beri 200 gram gula pasir kemudian aduk rata hingga pepaya mengeluarkan air. Biarkan gula menyerap kurang lebih selama 1 jam.
Rebus kembali sisa gula dengan 300 ml air, masak dan tunggu hingga mendidih. Masukkan pepaya, rendam selama satu malam, dan tiriskan.
Rebus air gula hingga mengental. Matikan api, rendam kembali pepaya selama semalam. Tiriskan, kemudian jemur selama 2 hari di atas sinar matahari. Manisan pepaya pun siap disajikan.
Tertarik untuk mencoba cara membuat manisan pepaya ini? Jika iya, kamu bisa membeli buah pepaya dan bahan-bahan untuk membuat manisan pepaya tersebut di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

5. Cara membuat manisan pepaya warna-warni

Untuk membuat manisan pepaya warna-warni, caranya tidak jauh berbeda. Siapkan beberapa bahan seperti 2 buah pepaya tua, 2 kg gula pasir, 1 sdm kapur sirih, 5 sdm garam, dan air masak secukupnya.
Langkah pertama, kupas satu buah pepaya dan cuci hingga bersih. Potong pepaya dengan ukuran sedang, kemudian rendam di dalam kapur sirih yang sudah dilarutkan dengan 15 liter air. Bairkan dan tunggu hingga teksturnya sedikit mengeras. Kemudian, angkat dan cuci bersih.
Rebus buah pepaya hingga mendidih selama 5 menit. Setelah itu, angkat dan tiriskan. Panaskan 2 liter air bersamaan dengan garam dan gula pasir di atas api sedang. Beri pewarna sesuai selera.
Masukkan pepaya, dalam larutan, kemudian aduk dan tunggu selama 1 jam. Lanjut dengan menjemur manisan di bawah teriknya sinar matahari hingga kering. Manisan pepaya pun siap disajikan.

6. Cara membuat manisan pepaya pedas manis

Untuk membuat manisan pepaya pedas manis, persiapkan beberapa bahan seperti 1 buah pepaya matang, 100 gram cabai merah, 250 gram gula pasir, 1/4 bungkus asam sitrat, 1/2 air panas, dan 2 sdm garam.
Langkah pertama, kupas dan potong buah pepaya tipis-tipis. Cuci hingga bersih dan beri garam dan remas hingga layu, kemudian tiriskan.
Tuang air panas, lalu aduk, peras pepaya hingga kadar airnya berkurang. Masukkan kembali gula, asam sitrat, kemudian aduk hingga merata. Lanjut dengan merebus cabai yang sudah diulek halus. Masukkan cabai ke dalam manisan. Selesai, manisan pepaya pun siap disajikan.

7. Cara membuat manisan pepaya asam manis

Siapkan beberapa bahan, seperti 2 buah pepaya mentah, 600 gram gula putih, 150 gram gula putih (untuk ditaburkan), pewarna makanan, dan 2 sdm sitrun acid.
Langkah pertama, kupas kulit pepaya, cuci, dan bersihkan. Parut pepaya dengan menggunakan parutan kelapa. Saring pepaya yang sudah diparut sebelumnya dan peras hingga kering dan kadar airnya menurun.
Panaskan wajan dengan api sedang, lalu masukkan parutan pepaya bersama dengan 600 gram gula putih dan 2 sdm citrun. Aduk hingga gula menyerap dan teksturnya menjadi sedikit lengket dan beri pewarna. Jika sudah, tiriskan.
Siapkan nampan dan beri kertas sebagai alanya. Siapkan 150 gram gula putih untuk taburan. Bentuk menjadi bulat, lalu balur dengan gula putih. Letakkan di atas kertas tadi hingga semuanya habis. Lanjut dengan menjemur hingga teksturnya sedikit padat.
Itulah tujuh cara membuat manisan pepaya yang enak dan sehat untuk camilan. Tertarik untuk membuat salah satunya? Jika iya, kamu bisa membeli buah pepaya dan bahan-bahan untuk membuat manisan pepaya tersebut di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!
(Siti Kamilla)