7 Cara Membuat Kurma Coklat untuk Camilan Setelah Berbuka Puasa

Kategori

Ramadhan sebentar lagi tiba. Biasanya, di bulan Ramadhan ini, salah satu sajian yang kerap hadir baik di kala sahur ataupun berbuka puasa adalah kurma. Makanan yang dikenal berasal dari Timur Tengah ini memang memiliki rasa manis yang cocok untuk sumber energi saat berpuasa ataupun setelah seharian penuh berpuasa. Dalam agama Islam, kurma juga disunnahkan untuk dikonsumsi saat berbuka sebagai menu pembuka. Bagi kamu yang bosan mengonsumsi kurma begitu saja, kamu bisa mengolahnya menjadi berbagai camilan yang lezat, salah satunya adalah kurma coklat. Coklat mengandung antioksidan yang sangat baik untuk membantumu menjaga daya tahan tubuh dari serangan radikal bebas. Berikut 7 cara membuat kurma coklat yang cocok untuk camilan setelah berbuka puasa. 

Ini cara membuat kurma coklat untuk camilan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/date-4488543_1920-595x312.jpg

Cara Membuat Kurma Coklat untuk Camilan Setelah Berbuka Puasa. (Foto: Pixabay)

1. Kurma Coklat Kacang Mede

Gurihnya kacang mede tentu sangat sulit untuk ditolak. Apalagi bila dipadukan dengan kurma coklat. Untuk membuat kurma coklat kacang mede, kamu hanya perlu menyiapkan 3 bahan. Bahan-bahannya adalah 500 gram kurma, 250 gram coklat masak pekat, serta kacang mede panggang secukupnya untuk bahan isian. Pertama, keluarkan biji kurma, lalu isi dengan kacang mede.

Selanjutnya, potong coklat masak hingga berukuran kecil, kemudian tim di dua panci yang berbeda. Panci pertama diisi dengan air, lalu letakkan panci kedua yang telah diisi coklat diatas panci pertama. Panaskan panci dengan api kecil hingga seluruh coklat meleleh, lalu angkat. Celupkan kurma yang sebelumnya telah diisi kacang ke dalam coklat leleh, kemudian sisihkan dan biarkan sampai mengeras lalu sajikan.

2. Praline Kurma

Sajian praline tidak hanya sesuai untuk momen Valentine. Di saat Ramadhan, kamu juga bisa menyajikan praline ketika berbuka puasa. Kurma dapat menjadi isian praline yang sesuai untuk hal ini. Untuk membuatnya, siapkan milk cooking chocolate leleh, 50ml susu kental manis, 25gram gula halus, 40 gram mentega tawar, satus endok makan gula cair, 50 gram kurma yang telah dibuang bijinya dan dicincang. Buatlah isiannya terlebih dahulu. Caranya, didihkan susu, gula dan mentega dengan menggunakan api kecil. Angkat, kemudian masukkan kurma serta gula cair, lalu aduk rata dan dinginkan.

Sementara itu, siapkan cetakan dan bersihkan dengan menggunakan kapas atau tisu sampai bersih. Gunakan milk chocholate cooking yang telah dilelehkan untuk memoles dinding dan bagian dasar cetakan sampai merata, Tuang sisa cokelat dalam cetakan, lalu balik cetakan hingga cokelat tumpah keluar dan dinginkan. Masukkan isian, kemudian tuang kembali dengan sisa milk cooking chocolate. Biarkan sampai dingin dan mengeras, lalu keluarkan praline dari cetakan. 

3. Kurma Coklat Pistachio

Resep coklat kurma ini sebenarnya relatif sama dengan coklat kurma kacang mede, hanya saja diganti dengan pistachio. Untuk mempercantik tampilannya, kamu bisa menaburkan kacang pistachio yang telah ditumbuk kasar di bagian atas cokelatnya. 

4. Bola-bola Kurma Coklat

Jika bosan dengan bentuk kurma yang begitu-begitu saja, kamu bisa mencoba membuat bola-bola coklat kurma. Siapkan bahan berupa biskuit roma kelapa yang telah dihancurkan sampai lembut, buah kurma yang telah dibuang bijinya dan diiris kecil, susu kental manis atau krimer coklat, margarin yang telah dicairkan dan didinginkan, kemudian kamu juga bisa menambahkan meises secukupnya untuk topping.

Campur irisan kurma dengan biskuit, aduk hingga kedua bahan ini tercampur merata. Tambahkan susu kental manis dan margarin cair, lalu aduk lagi hingga merata. Bulatkan adonan, kemudian gulung bola-bola coklat dalam meises atau bahan lain sebagai topping. Dinginkan dalam kulkas selama kurang lebih 15 menit, lalu keluarkan dan hidangkan. 

Ingin cara membuat kurma coklat ini di rumah? Yuk, beli bahan-bahan yang kamu butuhkan di Sayurbox!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

5. Kurma Coklat Keju

Bila kamu penyuka keju, maka kamu harus mencoba resep coklat kurma keju. Cara membuatnya, dalam sebuah wadah khusus, masukkan mentega, margarin, gula palem, vanili, dan gula tepung, aduk sampai merata. Tambahkan telur dalam adonan dan aduk. Masukkan kurma dan keju parut, aduk sampai rata. Selanjutnya tambahkan terigu, maizena, dan susu, aduk hingga kalis dan bentuk bulat memanjang. Susun diatas loyang, olesi dengan mentega lalu panggang menggunakan oven sampai matang. Dinginkan sebentar, lalu celupkan dalam cokelat leleh dan diamkan hingga coklat mengeras. 

6. Kurma Coklat Greentea

Bila bosan dengan coklat polos, maka kamu bisa mengombinasikan coklat kurma dengan coklat putih yang telah dicampur dengan greentea. Ambil separuh bagian kurma untuk dicelup coklat dan separuh lainnya dengan greentea untuk sensasi rasa yang berbeda. 

7. Kurma Coklat Pelangi

Selain mencampurkan coklat putih dengan greentea, kamu juga bisa mencampurnya dengan pewarna dan perasa lain seperti strawberry yang identik dengan warna pink. Ambil jenis warna yang berbeda sebagai bahan pencelup kurma untuk membuat kurma coklat pelangi yang berwarna-warni dan cantik saat disajikan. 

Itu dia cara membuat kurma coklat yang mudah untuk sajian berbuka puasa. Jika kamu tertarik untuk mencobanya, yuk, beli bahan-bahan yang kamu butuhkan di Sayurbox!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox