7 Cara Membuat Jasuke yang Praktis dan Hemat di Rumah

Kategori
Jasuke adalah singkatan dari jagung susu keju. Camilan ini berbahan dasar jagung manis. Biasanya jasuke di jual di mall atau pusat-pusat keramaian, seperti alun-alun, pasar malam, atau supermarket. Jasuke banyak disukai karena rasanya yang manis bercampur gurih. Awalnya jasuke hanya tersedia dalam satu rasa yaitu susu dan keju. Namun, seiring berjalannya waktu, ada banyak cara membuat jasuke dengan rasa yang semakin beragam.
Bagi kamu yang menyukai rasa manis, kamu bisa mencoba jasuke dengan tambahan meises cokelat, selai strawberry, atau blueberry. Kalau kamu lebih suka rasa gurih dan asin, kamu bisa coba jasuke dengan tambahan margarin dan saus sambal. Namun, terkadang pasti rasanya repot jika harus ke mall hanya untuk membeli jasuke. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena camilan ini mudah sekali untuk dibuat di rumah. Yuk, coba 7 cara membuat jasuke yang praktis dan hemat di rumah.

Ini cara membuat jasuke yang praktis dan hemat

1. Pilih jagung manis yang muda dan masih segar

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/charles-dDva_3ORBr8-unsplash-1-595x397.jpg
Pilih jagung manis yang muda dan masih segar. (Foto: Pixabay)
Sebelum membuat jasuke tentu kamu perlu mempersiapkan bahan utamanya, yaitu jagung manis. Pilihlah jagung manis yang masih muda dan segar. Jagung manis muda biasanya ditandai dengan biji jagungnya yang empuk atau tidak terlalu keras dan berwarna kuning cerah. Selain itu, sebaiknya kamu juga pilih jagung manis dengan ukuran biji yang agak besar supaya lebih renyah ketika disantap. Kamu bisa beli jagung manis segar dan langsung diantar ke rumahmu di Sayurbox.

2. Siapkan bahan-bahan pelengkap yang diperlukan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/well-cabral-rSUyVryVIck-unsplash-1-595x403.jpg
Siapkan bahan-bahan pelengkap jasuke yang diperlukan. (Foto: Pixabay)
Jika sudah membeli jagung di Sayurbox, selanjutnya kamu perlu mempersiapkan bahan-bahan pelengkap lainnya untuk membuat jasuke. Beberapa bahan untuk membuat jasuke antara lain adalah kental manis rasa vanilla, keju cheddar, dan selai cokelat, meises, atau selai strawberry sebagai tambahan.

3. Pipil biji jagung kemudian cuci hingga bersih

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/roman-averin-0Vqf2NpHKY0-unsplash-1-595x397.jpg
Pipil biji jagung kemudian cuci hingga bersih. (Foto: Pixabay)
Setelah semua bahan telah siap, kini saat saatnya memasak jasuke. Pertama, pipil biji jagung dari bonggolnya. Kamu bisa menggunakan pisau untuk memipil biji jagung. Namun, jika ingin lebih praktis kamu bisa menggunakan alat pipil jagung yang kini banyak dijual di pasaran.
Setelah semua biji jagung selesai dipipil, kini saatnya kamu mencuci biji jagung tersebut. Gunakan air mengalir untuk mencuci biji jagung dan pastikan semua bagiannya sudah tercuci bersih, lalu tiriskan.

4. Kukus biji jagung hingga matang

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/corn-544720_1920-595x335.jpg
Kukus biji jagung hingga matang. (Foto: Pixabay)
Kamu mungkin sering bingung bagaimana cara yang benar untuk membuat jasuke, bukan? Banyak yang mengira untuk membuat jasuke biji jagung perlu direbus. Ternyata, cara yang benar untuk membuat jasuke adalah dengan mengukus biji jagung. Pasalnya, jika direbus biji jagung akan lebih berpotensi menjadi terlalu matang sehingga teksturnya lembek dan tidak renyah.
Sedangkan, dengan mengukus biji jagung maka kamu dapat dengan mudah mengontrol tingkat kematangan biji jagung. Sebaiknya kukus biji jagung selama 10 menit hingga tekturnya agak empuk. Saat mengukus biji jagung, pastikan juga tiap butirannya tidak saling menumpuk sehingga tingkat kematangannya bisa lebih merata.
Ingin langsung membuat jasuke di rumah? Yuk, cek produknya sekarang, klik tombol di bawah ini, ya! Lanjut lagi, yuk, lihat cara membuat jasuke di bawah ini.

5. Masukkan jagung dan bahan lainnya ke dalam wadah

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/avocado-878954_1920-595x397.jpg
Masukkan jagung dan bahan lainnya ke dalam wadah. (Foto: Pixabay)
Setelah 10 menit dan biji jagung sudah empuk, matikan kompor dan masukan biji jagung ke dalam wadah. Namun, sebaiknya kamu tidak langsung menuangkan semua biji jagung, melaikan cukup isi biji jangung hingga memenuhi setengah ukuran wadah.
Kemudian, masukkan bahan-bahan pelengkap seperti margarin, kental manis dan keju. Selanjutnya, tumpuk bahan-bahan tadi dengan sisa biji jagung yang adalah. Seluruh bahan ini haru dimasukkan sesuai urutan agar rasanya seimbang dan kental manis tidak cepat meleleh. Urutannya yang benar yaitu, jagung – margarin – kental manis – keju – jagung.

6. Tambahkan parutan jagung keju secukupnya

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/corn-3571248_1920-595x397.jpg
Tambahkan parutan jagung keju secukupnya. (Foto: Pixabay)
Jika semua bahan sudah masuk ke dalam wadah sesuai uturan, selanjutnya adalah menambahkan kembali menambahkan parutan keju cheddar di bagian paling atas. Taburkan keju cheddar secukupnya atau sesuai selera. Untuk kamu yang suka rasa gurih, makan sebaiknya taburkan keju cheddar sedikit lebih banyak, supaya rasanya semakin kuat dan lezat.

7. Agar lebih nikmat, tambahan rasa lain sesuai selera

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/corn-415116_1920-595x394.jpg
Jika ingin lebih jasuke nikmat, berikan tambahan rasa lain sesuai selera. (Foto: Pixabay)
Supaya lebih nikmat, kamu juga bisa menambahkan rasa lainnya pada jasuke buatanmu. Untuk kamu yang suka rasa manis, kamu bisa menambahkan meises cokelat, selai strawberry, atau selai blueberry. Namun, jika kamu suka rasa pedas dan asin, kamu bisa menambahkan saus sambal pada jasuke yang kamu buat. Dijamin rasanya tidak kalah nikmat jika dibandingkan dengan jasuke yang di jual di mall.
Jadi, apakah kamu tertarik untuk mecoba cara membuat jasuke ini? Sebelum langsung membuatnya di rumah, yuk, beli jagung manis di Sayurbox, langsung klik tombol di bawah ini, ya!